Wisata Kebun Tebu Gendu, Destinasi Instagramable Jogjakarta

Advertisement

Jogjakarta sudah lama dikenal sebagai kota dengan potensi wisata budaya dan alam yang luar biasa. Beragam pantai dan daerah perbukitan siap memanjakan wisatawan yang haus akan lanskap elok nan memukau. Salah satu yang pantang dilewakan adalah Kebun Tebu Gendu.

Kebun Tebu Gendu menghadirkan pemandangan yang begitu eksotis, cocok dijadikan alternatif wisata bagi mereka yang sedang berada di Jogja. Penasaran? Berikut sedikit gambaran mengenai keindahannya, sebagaimana dituturkan oleh kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Tempat wisata nge-hits

Keindahan panorama Kebun Tebu Gandu via Instagram franciscats
Keindahan panorama Kebun Tebu Gandu via Instagram franciscats

Jogja selalu jadi salah satu destinasi favorit wisatawan ketika libur tiba. Ada begitu banyak objek wisata yang dapat ditemui di kota ini. Deretan candi, gunung, pantai dan destinasi lainnya siap menyambut para pelancong. Salah satu lokasi yang belakangan sedang nge-hits adalah Kebun Tebu Gendu.

Pemandangan hamparan tanaman tebu yang sedang berbunga membuat tempat ini menjadi spot foto yang keren untuk diabadikan. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati indahnya persawahan Kulonprogo dari atas lereng Gunung Lanang.

Lokasi dan tiket masuk Kebun Tebu Gandu

Hamparan tebu yang memikat
Hamparan tebu yang memikat via Instagram koletakoleti

Kebun Tebu Gendu berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Posisi tepatnya ada di sebelah kanan jalur satu arah menuju Goa Kiskendo, hingga tak terlalu sulit ditemukan.

Untuk menikmati keindahan alam di kebun tebu yang tengah hits ini, pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali. Hal ini karena pada dasarnya Kebun Tebu Gandu bukan tempat wisata. Selain itu belum tersedia fasilitas-fasilitas umum seperti destinasi lainnya.

Rute perjalanan menuju Kebun Tebu Gandu

Pengunjung berfoto di Kebun Tebu
Pengunjung berfoto di Kebun Tebu via Instagram isnansholeh

Bagi yang berangkat dari pusat kota Jogja, butuh waktu sekitar 60 menit dengan menempuh jarak 28 kilometer. Tinggal meluncur ke arah Jalan Godean, lurus ke barat sampai di perempatan Kenteng. Setelah itu belok kanan menuju arah Goa Kiskendo/Goa Maria.

Tak lama usai menelewati hamparan sawah, akan ada jalan menanjak. Cukup ikuti jalur yang ada dan dalam beberapa saat akan terlihat sebuah kebun tebu disebelah kanan jalan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi wisata ini adalah pada saat kebu tebu berbunga. Pemandangannya sungguh luar biasa dan dijamin bakal menjadi objek foto yang instagrammable.

Lokasi tepat menikmati matahari terbenam

View sunset di Kebun Tebu
View sunset di Kebun Tebu via Instagram agtellin_

Karena letaknya yang berada dilokasi perbukitan, tempat ini juga cocok untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam. Atmosfer sunset dipadu keindahan bunga tebu yang sedang mekar menjadikan foto yang instagrammable banget. Perpaduan antara langit biru dan arak-arakan awan, ditambah hamparan bunga tebu berwarna putih, dijamin bakal menghasilkan foto yang membuat iri siapapun.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai keindahan dan daya tarik wisata Kebun Tebu Gandu di Jogjakarta. Jika lain kali berkunjung ke Kota Gudeg, jangan lupa menyempatkan diri mampir ke destinasi yang tengah hits ini.

Advertisement
Tags
Jogjakarta Wisata
Share