Menguak Pesona Kebun Raya Binusan Kalimantan Utara

Kebun Raya sejatinya dibangun untuk konservasi alam karena banyaknya hutan yang hilang karena pertumbuhan manusia. Selain itu, kebun raya juga berfungsi sebagai sarana edukasi dan rekreasi keluarga warga sekitar. Oleh karena itu, Teman Traveler yang mau pergi berkunjung ke Kebun Raya Binusan Kalimantan selama liburan, cek fakta berikut sebelumnya, ya.

Lokasi Kebun Raya Binusan

Suasana Kebun Raya Binusan via instagram/sufihm

Kebun Raya Binusan terletak di provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Tepatnya di Desa Binusan, Nunukan. Desa Binusan sendiri terkenal dengan penghasil rumput laut dan masih banyak penduduk yang menggunakan rumah panggung di sana.

Kebun Raya Binusan menghadirkan destinasi lain bagi penduduk perkampungan nelayan, yaitu pemandangan alam hutan yang alami, lengkap dengan berbagai flora dan faunanya. Kebun Raya ini menjadi destinasi favorit warga Kaltara karena para pengunjung bisa melepas lelah dengan menikmati udara segar dan pemandangan yang asri. Terlebih lagi terdapat sebuah air terjun yang menjadi daya tarik kebun raya tersebut.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Pintu masuk Kebun Raya Binusan via instagram/sufihm

Kebun Raya Binusan buka setiap hari mulai pukul 08.00 WITA dan tutup jam 17.00 WITA. Harga tiket masuk Kebun Raya ini Rp10 ribu per orang. Kebun Raya ini telah mempunyai berbagai fasilitas antara lain gazebo kayu, 2 menara pandang, plaza kuliner, panggung hiburan, souvenir shop, dan mushola.

Di kawasan wisata ini, pengunjung bisa merasakan suasana khas hutan tropis, mendengarkan suara berbagai jenis serangga hutan, dan sesekali terdengar suara burung enggang yang unik.

Ragam Flora Kebun Raya Binusan Kalimantan Utara.

Ragam flora Kebun Raya Binusan via Facebook

Teman Traveler bisa menjumpai berbagai jenis vegetasi khas Kalimantan di Kebun Raya Binusan dengan luas kawasan kurang lebih 74 hektar ini. Tumbuhan itu antara lain TOGA, mangrove, bangkirai, meranti, gaharu, keruing, kayu ules, lempasu, nibung, tumbuhan paku, dan berbagai tumbuhan lainnya. Berbagai tumbuhan tersebut tidak ada di pulau-pulau lain lho. 

Ada Air Terjun Memikat di Kebun Raya Ini

Air terjun Binusan via instagram/bayusetyawan.rb

Terletak di dalam Kebun Raya Binusan dengan panorama hutan lindungnya yang masih asri membuat air terjun Binusan terlihat begitu eksotis. Banyaknya pepohonan yang mengelilingi kawasan air terjun justru menjadi payung alami serta membuat semakin adem area air terjun. Wisatawan juga bisa bermain air di kolam air terjun atau sekedar berendam sembari menghirup udara bersih bebas polusi.

Berbagai keunikan dan ciri khas Kebun Raya Binusan Kalimantan Utara tidak bisa Teman Traveler jumpai di daerah lainnya. Karena itu, manfaatkan liburan kalian di Kebun Raya ini sebaik-baiknya. Selamat Liburan!

Tags
binusan Indonesia Kalimantan Utara kebun raya binusan Nunukan Wisata Indonesia
Share