Kebun Kopi di Jawa Tengah, Ngabuburit Segar Sambil Wisata Edukasi

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On BackPacker
kebun kopi di Jawa Tengah kebun kopi di Jawa Tengah

Negara Indonesia memang selama ini dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Tak salah banyak perkebunan kopi bertebaran di Tanah Air, termasuk juga dengan Jawa Tengah. Ada beberapa kebun kopi di Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan jujukan untuk rekreasi. Mana saja tempatnya? Yuk ikuti ulasannya seperti berikut ini.

Agrowisata Jolong, Pati

Agrowisata Jolong, via Instagram/jiplek_03
Agrowisata Jolong, via Instagram/jiplek_03

Agrowisata Jolong Pati sudah dibuka sejak beberapa tahun yang lalu. Ini merupakan salah satu destinasi wisata keluarga di Pati, Jawa Tengah. Di sini kamu akan melihat langsung kebun kopi yang telah ada sejak zaman Belanda.

Kawasannya berada di Gembong yang merupakan sentra kopi. Kopi ini akan diolah kemudian dipasarkan. Tak hanya kebun kopi, ada tanaman jeruk keprok, tanaman pisang dan lain-lain.

Kampoeng Kopi Banaran, Semarang

Kampoeng Kopi Banaran, via Instagram/nurullita
Kampoeng Kopi Banaran, via Instagram/nurullita

Cukup terkenal juga namanya Kampoeng Kopi Banaran yang mengklaim sebagai One Stop Tourism and Education Service. Alamatnya berada di Jl. Raya Semarang-Bawean Km 1.5, Semarang.

Kebun kopi di Jawa Tengah satu ini memiliki banyak fasilitas. Selain bisa menyaksikkan perkebunan kopi, ada banyak hal yang bisa kamu coba. Misalnya saja coffee spa, taman bermain anak, dan lain-lain. Bisa menyaksikan pengolahan kopi juga ya.

Perkebunan Kopi Temanggung

Kopi Temanggung, via Instagram/kelilingtemanggung
Kopi Temanggung, via Instagram/kelilingtemanggung

Perkebunan kopi di Temanggung, Jawa Tengah memang merupakan salah satu yang terkenal di Indonesia. Pasalnya, banyak perkebunan di sini menghasikan kopi robusta enak dan terkenal.

Tempat pengolahannya adalah Rumah Kopi Mukidi Temanggung yang berada di Desa Kedu, Temanggung. Kamu bisa melihat perkebunan kopi yang luas. Di Rumah Kopi, kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari mengikuti workshop, kosultasi, dan ada komunitasnya juga.

Pekebunan Kopi Rakyat di Ratamba, Banjarnegara

Kopi Banjarnegara, via Instagram/bimalukarcoffee
Kopi Banjarnegara, via Instagram/bimalukarcoffee

Banjarnegara juga memiliki perkebunan kopi unggalan. Bahkan, kopinya pernah menjadi salah satu kopi terbaik bertaraf nasional. Perkebunan kopi di Banjarnegara tersebar di beberapa tempat. Mulai dari Pagedongan, Pejawaran, Karangkobar, dan lain-lain.

Pembudidayaan kopi secara intensif ini mulai dilakukan pada tahun 2009. Sebagai kawasan wisata, pekebunan di Banjarnegara belum terlalu menyediakan fasilitas. Namun kamu setidaknya bisa menyaksikkan pearwatan dari tanaman kopi ini.

Itulah beberapa perkebunan kopi di Jawa Tengah. Buat kamu pecinta kopi, harus masuk dalam bucket list wisata yang dikunjungi ya.