Kebun Binatang Jurug, Destinasi Tepat Buat Liburan Bareng Adik

Akhir tahun akan segera tiba, saatnya untuk mengajak keluarga liburan bersama. Bila Teman Traveler memutuskan untuk berwisata di Solo bersama anak kecil, maka Kebun Binatang Jurug dapat menjadi pilihan. Di sini mereka bisa belajar mengenal hewan lebih dekat. Simak informasi selengkapnya berikut.

Lokasi Kebun Binatang

Kebun Binatang Jurug
Siamang sejenis monyet yang mempunyai teriakan yang sangat keras. (c)Ikaseptiyani/Travelingyuk

Taman Satwa Taru Jurug atau Kebun Binatang Jurug merupakan objek wisata di Solo yang dibangun pada tahun 1878. Tepatnya berada di Jalan Ir. Sutami No 109 Jebres, Kecamatan Jebres. Tempat wisata ini bersebelahan dengan kampus Universitas Sebelas Maret.

Ikon Wisata Solo

20161016_111244_PN6.jpg
Burung Merak menunjukkan ekornya yang indah. (c)Ikaseptiyani/Travelingyuk

Kebun Binatang Jurug ini menjadi ikon tempat wisata di Solo dan menjadi tempat yang nyaman sekaligus tempat edukasi untuk anak-anak selain berlibur bersama keluarga. Pemerintah setempat mengembangkan destinasi ini menjadi tempat wisata untuk berlibur bersama keluarga dengan menyediakan fasilitas lengkap.

Kebun binatang ini memiliki 14 hektar ini terdapat sekitar 67 jenis satwa dan 331 ekor satwa. Selain bisa menikmati aneka satwa maupun flora dan beragam wahana permainan. Ada pula arena bermain, masjid, kantin, dan tempat oleh-oleh. Arena parkir juga sangat luas sehingga pengunjung tidak perlu khawatir, baik datang sekeluarga atau rombongan jumlah besar.

20161016_110324_dJw.jpg
Primata (c)Ikaseptiyani/Travelingyuk

Tiket dan Jam Operasional

20161016_110248_EBD.jpg
Maung, Harimau (c)Ikaseptiyani/Travelingyuk

Tiket masuk Kebun Binatang Jurug sangat murah yakni sekitar Rp6.000 untuk hari biasa Senin-Jum’at dan Rp7.000 untuk hari libur nasional atau akhir pekan. Sedangakan untuk fasilitas yang lain seperti  menikmati kereta mini hanya dikenakan biaya Rp3.000 untuk satu kali putaran, menunggang gajah Rp7.000 sekali putaran sama halnya dengan menunggang kuda.

Untuk jam buka Kebun Binatang Jurug yakni di hari biasa pukul 07.30 – 16.30 WIB. Dan sebaiknya datang di pagi hari, selain karena kualitas udara yang masih segar. Selain itu, suasana belum terlalu ramai sehingga pengunjung bisa lebih leluasa untuk menikmati liburan.

Kebun Binatang Jurug
Buaya dengan ukuran besar (c)Ikaseptiyani/Travelingyuk

Menyaksikan Dancing Fountain

Kebun Binatang Jurug
Naik Unta (c)Ikaseptiyani/Travelingyuk

Menariknya lagi Kebun Binatang Jurug ini juga disulap menjadi Taman Pelangi di malam hari yang menjadi tempat favorit para remaja untuk berfoto. Salah satu contoh wahana permainan ini antaranya Air Mancur Menari (Dancing Fountain) yang dimainkan pada pukul 19.00, 20.00, dan 21.00 WIB. Dancing Fountain ini terletak di pusat taman yang menarik bahwa air mancur ini bisa menari melakukan berbagai atraksi

Dan untuk masuk ke Taman Pelangi Jurug ini pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp 20.000an per orang di hari Senin-Jum’at, sedangkan akhir pekan atau hari libur nasional biayanya Rp 25.000an per orang. Taman Pelangi Jurug dihiasi dengan Lampion sekitar 600 lampion berukuran besar dengan bentuk seperti naga dan hewan-hewan lainnya.

Liburan sembari belajar bisa menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak kecil. Jadi ajaklah adik atau anak ke Kebun Binatang Jurug.

Tags
Indonesia kebun binatang jurug kontributor Solo Travelingyuk Wisata Wisata Solo
Share