Kebun Binatang di Jawa Timur, Ada yang Terluas Se-Asia Lho!

Buat kamu para pecinta hewan dan tidak bisa memeliharanya, kebun binatang merupakan lokasi yang sangat tepat untuk dikunjungi. Bisa melihat langsung banyak binatang sekaligus dalam satu tempat. Bahkan ada beberapa tempat yang memperbolehkan para pengunjungnya memberi makan hewan-hewan di dalamnya. Membahas kebun binatang, Jawa Timur juga memiliki beberapa yang sangat populer. Berikut ini empat kebun binatang di Jawa Timur yang bisa jadi lokasi berlibur. Di mana saja?

Taman Safari Prigen, Pasuruan

Taman Safari Prigen, Via Instagram/mrssitohang
Taman Safari Prigen, Via Instagram/mrssitohang

Taman Safari Prigen merupakan salah satu kebun binatang di Jawa Timur yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Pasuruan, lebih tepatnya berada di Desa Jatiarjo RT.12/RW.06, Prigen. Wisata di Pasuruan ini merupakan safari park terluas di Asia, 350 hektare. Tempatnya berada di lereng kaki Gunung Arjuno yang membuatnya memiliki suhu yang dingin.

Lokasi yang begitu asri, Via Instagram/tamansafariprigen
Lokasi yang begitu asri, Via Instagram/tamansafariprigen

Di dalam Taman Safari Prigen terdapat lebih dari 2000 spesies langka. Banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini selain melihat binatang-binatang dari dekat. Teman Traveler bisa melihat Animal Show dan Recreation Area. Ada pula Amusement Park, Safari Paintball, dan juga Tiger Cave Restauran yang bisa dirasakan.

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya, Via Instagram/arthursigit
Kebun Binatang Surabaya, Via Instagram/arthursigit

Kebun Binatang Surabaya atau yang lebih familiar disebut dengan KBS ini juga cukup populer di Jawa Timur. Di dalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang terdiri lebih dari 2.806 bintang. Termasuk juga hewan-hewan langka. Kebun binatang ini memiliki luas sekitar 15 hektar dan di dalamnya merupakan perpaduan lokasi konservasi ditambah dengan hutan kota yang asri.

Berkeliling dengan gajah, Via Instagram/nata.nabilah
Berkeliling dengan gajah, Via Instagram/nata.nabilah

Kebun Binatang Surabaya ini terletak di Jl. Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Tentu saja tidak hanya bertatap muka dengan hewan lucu, Teman Traveler juga bisa mencoba wahana yang disuguhkan, salah satunya adalah Breakfast with Elephant. Para pengunjung bisa berkeliling menunggangi gajah dan beberapa aktivitas menarik lainnya.

Maharani Zoo, Lamongan

Maharani Zoo, Via Instagram/ayyu_mayya
Maharani Zoo, Via Instagram/ayyu_mayya

Tidak terlalu jauh dari Surabaya, kebun binatang di Jawa Timur lainnya adalah Maharani Zoo yang terdapat di Lamongan. Lokasinya berada di Jl. Raya Paciran, Kabupaten Lamongan. Kebun binatang ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar dengan koleksi binatang bisa cukup lengkap. Dahulu, wisata di Lamongan ini memiliki nama Goa Maharani. Namun karena keberadaan banyak satwa di dalamnya, perlahan-lahan berubah menjadi Maharani Zoo.

Satu komplek dengan Goa Maharani, Via Instagram/nuzullamutt
Satu komplek dengan Goa Maharani, Via Instagram/nuzullamutt

Wisata ini di bawah naungan PT. Bumi Lamongan Sejati dan kerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Buat kamu yang membawa buah hati, di dalam Maharani Zoo ini terdapat fasilitas edukasi yang disebut denagn Galery Satwa atau Museum Satwa. Di dalamnya terdapat beberapa koleksi fosil binatang punah yang asli ataupun replika.

Batu Secret Zoo, Batu

Batu Secret Zoo, Jatim Park 2
Batu Secret Zoo, Jatim Park 2 via Instagram/@lizaellyp

Tidak ketinggalan, ada Batu Secret Zoo yang mengusung konsep kebun binatang modern di Batu. Lokasi tepatnya berada di Jl. Oro Oro Ombo No. 9, Temas, Kecamatan Batu, Kabupaten Batu. Tempat ini memiliki luas sekitar 14 hektar dan merupakan bagian dari Jatim Park 2.

Batu Secret Zoo
Batu Secret Zoo via Instagram/@adityaayu

Koleksi hewan-hewan di sini banyak dan datang dari berbagai habitat berbeda, bahkan ada yang berasal dari Asia dan Afrika. Batu Secret Zoo sudah dibuka sejak Juni 2010 dan sudah pernah menjadi salah satu kebun terbaik di Asia dalam ajang Traveller’s Choice dengan kategori kebun bintang di Asia.

Buat Teman Traveler yang gemar melihat kelucuan berbagai binatang, empat kebun binatang di Jawa Timur tersebut bisa menjadi pilihan, ya. Terutama Taman Safari Prigen yang didapuk menjadi yang terluas di Asia. Bagaimana, sudah menentukan akan berkunjung ke mana dulu?

Tags
Batu Batu Secreet Zoo Indonesia Jawa Timur Kebun binatang Wisata
Share