Kebiasaan Buruk Wisatawan yang Merugikan

Pasti kamu sudah pernah dengar bagaimana kelakuan turis China? Bukan hanya terheran-heran tapi kamu juga bakalan geleng-geleng kepala mengetahui kelakuannya mulai dari suka nyerobot alias tidak antri hingga buang hajat sembarangan. Bukan hanya wisatawan asal China, ternyata kebiasaan buruk ini juga banyak dilakukan para turis bahwa wisatawan lokal ketika berlibur ke Indonesia. Lalu, seperti apa sih kebiasaan buruk para wisatawan ini? Jangan sampai ditiru ya!

1. Namanya juga traveler, pasti jatah makan mereka sangat banyak. Tak heran jika ada makanan gratisan, pasti bakalan segera habis. Sayangnya, banyak loh yang menyisakan makanannya di piring. Duh, kan sayang banget.

Rakus tapi tidak habis
Rakus tapi tidak habis [image source]

2. Sering dengar wisatawan tersesat kan? Atau mereka terluka saat berada di tempat wisata. Ternyata banyak di antara mereka yang tutup telinga dengan aturan yang ada. Akhirnya, bikin onar dan juga merepotkan orang lain. Jangan ditiru ya!

Pesta Turis
Pesta Turis [image source]

3. Buang Sampah tidak pada tempatnya. Belakangan ini, beberapa orang hobi banget nyampah di gunung. Mulai dari kantong kresek, kertas bahkan tisu basah banyak ditemukan di jalur pendakian. Duh, kayak gunung bak sampah aja ya!

Buang Sampah Sembarangan
Buang Sampah Sembarangan [image source]

4. Jangankan buang sampah sembarangan, ternyata banyak juga loh wisatawan yang hobinya membuang ludah di tengah jalan bahkan di rerumputan. Jorok kan?

Buang Air Ludah
Buang Air Ludah [image source]

5. Pasti sering nih menemukan tipe-tipe wisatawan yang suka mengambil barang bukan miliknya. Bukan hanya makanan, beberapa di antaranya juga ada yang membawa peralatan hotel yang seharusnya tidak boleh dibawa.

Ambil Barang di Hotel
Ambil Barang di Hotel [image source]

6. Bukan hanya membawa peralatan hotel, ada juga loh wisatawan yang merusak peralatan sewaan tapi tidak mengakui kesalahan. Pasti tidak mau ganti rugi ya!

Barang Sewaan Rusak
Barang Sewaan Rusak [image source]

7. Melakukan perbuatan tidak senonoh di tempat wisata. Nah loh, hayo siapa nih yang pernah mendapatkan pengalaman satu ini? Tidak enak kan berlibur tapi menemukan pemandangan tidak mengenakkan satu ini?

Perbuatan Tidak Senonoh d
Perbuatan Tidak Senonoh [image source]

8. Demi mendapatkan foto yang bagus, beberapa wisatawan memang kelewatan. Bukan hanya tidak meminta izin ketika memotret, mereka juga sampai meloncat pagar batas, loh!

Berburu Foto Hingga Kelewatan
Berburu Foto Hingga Kelewatan [image source]

9. Bukan hanya sekedar aturan saja yang dilanggar oleh para wisatawan ketika mendatangi sebuah tempat wisata. Mereka juga sering melanggar adat istiadat yang akhirnya membuat warga lokal tidak nyaman dengan kedatangan wisatawan.

Langgar Adat Istiadat
Langgar Adat Istiadat [image source]

10. Yang paling parah adalah hobi para wisatawan yang merusak barang bersejarah. Pasti seringkan melihat ada ukiran serta coretan di tempat wisata yang membuatnya kotor dan tidak terawat?

Coret Tempat Bersejarah
Coret Tempat Bersejarah [image source]
Untuk membuat mereka sadar bahwa kebiasaan mereka buruk bukanlah hal yang mudah. Tapi, coba saja mulai dari diri sendiri dan selalu mengingatkan satu sama lain. Siapa tahu wisata alam kita lebih baik tanpa ada tangan-tangan jail.

Tags
Kebiasaan buruk turis Kebiasaan buruk wisatawan kebiasaan traveling Kebiasan Unik Wisatawan Mancanegara
Share