5 Kebiasaan Mendaki Terkonyol di Dunia, Ada yang Telanjang Demi Alam

Pernahkah Teman Traveler mendengar kebiasaan pendakian terkonyol? Beberapa dari antaranya akan menimbulkan gelak tawa dan kernyitan dahi, saking anehnya. Ini dia 5 kebiasaan di antaranya!

1. Beri Makan Beruang di Eropa

Ilustrasi beruang via Shutterstock

Ada kebiasaan ‘unik’ bagi para pendaki di Eropa ketika bertemu hewan liar, khususnya beruang. Mereka akan menyisakan makanan atau minuman yang mereka bawa lalu diberikan kepada hewan tersebut.

Perbuatan seperti itu sangat berisiko. Kenapa? Tentu saja kita tahu kalau beruang adalah binatang liar yang terbilang ganas. Sudah tak terhitung banyaknya korban jiwa berjatuhan karena diserang beruang. Bisa jadi, bukan makanannya saja yang ia lahap, melainkan kalian juga!

2. Berteriak Ketika Sudah Sampai di Puncak Gunung

Ilustrasi berteriak saat di puncak via Shutterstock

Kebiasaan ini sebenarnya dilakukan oleh sebagian besar hikers di seluruh dunia. Ketika sudah sampai di puncak gunung, mereka akan berteriak ataupun melengking sebagai tanda sudah menakhlukkan destinasi alam tersebut.

Kebiasaan ini bisa jadi berbahaya bagi pendaki tersebut. Kita tidak pernah tahu kalau di gunung ada hewan-hewan yang sensitif dengan suara asing. Bisa saja suara yang dikeluarkan malah memancing mereka keluar untuk menghampiri asal bunyi berasal. Siap-siap saja jadi santapan lezat hewan liar!

3. Bertindah ‘Bodoh’ Saat Hiking di Phoenix

Kondisi alam Phoenix yang semi-gurun membuat pendaki harus ekstra hati-hati via Shutterstock

Menurut catatan pemerintah Phoenix, Amerika Serikat, banyak kasus pendaki yang harus dirawat secara intensif di rumah sakit karena perilaku mereka sendiri. Contohlah saja dehidrasi karena tidak membawa minuman yang cukup, terkena duri-duri kaktus, terluka karena jatuh di batu-batuan, dan sebagainya. Bagi pemerintah, hal-hal ini merupakan bentuk kebodohan para pendaki.

Saking seringnya peristiwa ini terjadi, dibuatlah serangkaian aturan yang mencegah pendaki ‘bodoh dan tidak tahu diri‘ untuk hiking di seluruh pegunungan Phoenix. Nampaknya ini cukup menyelesaikan masalah, mengingat wilayah tersebut terbilang cukup ekstrem ditinjau dari iklim dan cuacanya yang panas berdebu.

4. Berburu Bigfoot di Washington

Ilustrasi area Bigfoot via Shutterstock

Sekitar tahun 1980an, muncul berita viral yang mengabarkan keberadaan makhluk raksasa misterius di pegunungan Amerika. Sontak hal ini membuat para pendaki berburu makhluk yang diberi nama ‘Bigfoot‘ ini, bahkan hingga sekarang. Imbalan uang berjumlah besar dan popularitas menjadi latar belakang perburuan ini.

Meskipun begitu, ilmuan tidak pernah mengonfirmasi kebenaran berita ini. Bagi sebagian orang, isu Bigfoot malah dianggap hoax, sehingga para pendaki dan pemburu makhluk raksasa ini dianggap melakukan tindakan konyol.

5. Bugil Saat Mendaki Gunung di Swiss

Ilustrasi bersantai di gunung via Shutterstock

Beberapa tahun terakhir di Eropa sedang marak tren mendaki gunung tanpa mengenakan busana sehelaipun. Alasannya supaya mereka dapat makin menyatu dengan alam tanpa terhalang benda-benda yang melekat di tubuh, termasuk baju dan celana.

Tentu saja pemerintah setempat bertindak keras dengan memberi sanksi pada para pendaki yang nekad bugil di kawasan alam. Tidak tanggung-tanggung, ada juga yang sampai mendekam di penjara, loh!

Itulah tadi kebiasaan pendakian terkonyol yang dirangkum di seluruh dunia. Kalau di daerah Teman Traveler sendiri bagaimana?

Tags
Amerika Serikat Eropa Hiking Luar negeri tips dan inspirasi
Share