Kawasan Wisata di Belanda dengan Nama Jalan dari Tokoh Indonesia

Belanda merupakan salah satu negara yang punya andil cukup besar dalam sejarah Indonesia. Bukan hanya karena mereka pernah menjajah Indonesia. Namun terdapat beberapa tokoh nasional nusantara yang juga dikenal di sana, sampai mereka diabadikan sebagai nama jalan di kawasan wisata di Belanda. Ada atraksi menarik apa saja?

Haarlem

Museum De Hallen via Instagram @kowal_86
Grote Markt via Instagram @kowal_86

Teman Traveler ingat Mohammad Hatta, bukan? Tokoh nasional Indonesia tersebut diabadikan menjadi nama jalan di Haarlem, ibu kota Noord-Holland. Hal tersebut dilakukan sebab Mohammad Hatta ialah seorang aktivis yang turut andil dalam kemerdekaan Indonesia, yang dulu sempat belajar di Belanda.

Teylers Museum via Instagram @elenalasagni
Teylers Museum via Instagram @elenalasagni

Haarlem pun merupakan salah satu kawasan wisata di Belanda dengan beragam atraksi menarik. Di antaranya alun-alun kota bernama Grote Markt, Teylers Museum, dan Museum De Hallen. Teman Traveler pun bisa menyaksikan bunga tulip sebab tempat ini merupakan pusat pertumbuhan bibit bunga tersebut, sampai dijuluki Bloemenstad alias Kota Bunga.

Tertarik singgah ke Haarlem? Teman Traveler dapat dicapai dengan berkendara dari pusat Amsterdam. Durasi perjalanannya kurang lebih 30 menit.

Amsterdam

Dam Square via Instagram @ash.kmj
Dam Square via Instagram @ash.kmj

RA Kartini memang cukup dikenal di Belanda sebagai pejuang hak-hak perempuan terutama di Indonesia. Negara ini begitu menghormatinya sampai nmanya pun dibuat sebagai salah satu jalan di Amsterdam tepatnya di area Zuuidoost.

De Gooyer Windmill via Instagram @amsterdamphotowalks
De Gooyer Windmill via Instagram @amsterdamphotowalks

Amsterdam merupakan kawasan wisata di Belanda yang cukup populer di kalangan pelancong. Teman Traveler tentunya tidak ingin melewatkan berkunjung ke kanal indahnya, bangunan-bangunan klasik bergaya gotik, Museum Square, Dam Square alias alun-alun kota, De Gooyer Windmill yaitu kincir angin kuno, dan banyak lainnya.

Tempat-tempat wisata tersebut tidak begitu jauh dari pusat Kota Amsterdam. Hampir semuanya dapat ditempuh dengan kereta api maupun berjalan kaki. Durasi perjalanannya paling tidak 30 menit kalau jalan kaki.

Den Haag

Peace Palace via Instagram @dineshsmith
Peace Palace via Instagram @dineshsmith

Den Haag atau The Hague merupakan kota terbesar ketiga di Belanda. Tempat itu pun menjadi pusat pemerintahan dan tempat tinggal bagi keluarga kerajaan. Sehingga tidak heran apabila kawasan wisata di Belanda tersebut pun penuh dengan sejarah.

Nah tokoh bersejarah Indonesia pun namanya ada yang disematkan di sana yaitu Munir Said Thalib. Beliau adalah pejuang Hak Asasi Manusia di Indonesia yang meninggal saat menjalankan misi mulianya.

Ridderzaal via Instagram @pani_emde
Ridderzaal via Instagram @pani_emde

Den Haag pun menawarkan sejumlah atraksi menarik yang patut disinggahi. Di antaranya Peace Palace alias istana simbol perdamaian, The Mauritshuis yaitu museum seni dengan bangunan klasik, dan Ridderzaal ialah hall abad ke-13 bergaya gotik yang sampai kini masih digunakan untuk resepsi negara maupun pembukaan parlemen.

Den Haag berjarak kurang lebih 60 kilometer dari Amsterdam, dapat dijangkau dengan kereta api. Durasi perjalanannya kira-kira 1 jam menuju Den Haag Centraal.

Utrecht

St. Martin Cathedral via Instagram @stevesaerang
St. Martin Cathedral via Instagram @stevesaerang

Ternyata nama RA Kartini tidak hanya ada di Amsterdam, namun ada juga di Utrecht. Beliau diabadikan di ibu kota Provinsi Utrecht yang punya beberapa atraksi menarik.

Kawasan ini punya sebuah Old Town, St. Martin Cathedral ialah salah satu gereja penting Belanda yang berada di Cathedral Square, De Haar Castle yaitu kastil kuno bergaya neo gotik, dan University Museum Utrecht.

De Haar Castle via Instagram @teddybearabroad
De Haar Castle via Instagram @teddybearabroad

Utrecht berjarak tidak terlalu jauh dari Amsterdam, hanya sekitar 40 kilometer. Kawasan wisata di Belanda itu dapat dicapai dengan kereta, dengan durasi perjalanan kurang lebih 30 menit.

Sudah ada yang pernah jalan-jalan ke sana? Bagaimana kesannya? Apakah wisata favorit Teman Traveler?

Tags
Belanda Eropa Luar negeri Wisata
Share