Takjubnya Kawah Putih Karaha Bodas, Wisata Alam Tasikmalaya

Advertisement

Gunung menjadi sajian alam begitu menawan diseluruh titik nusantara. Sehingga tren pendakian mulai banyak digandrungi oleh kalangan muda. Apalagi sebaran gugusan gunung-gunung di Pulau Jawa dengan jumlah terbanyak di Indonesia. Mulai perbukitan hingga gunung berapi menjulang tinggi seperti Gunung Semeru yang terletak di Jawa Timur. Beralih ke Jawa Barat, banyak gunung dengan model terbuka seperti kawah menjadi destinasi wisata populer seperti Kawah Putih Bandung. Sisi lain tersedia kawah dengan keindahan alam yang menakjubkan yaitu Kawah Putih Karaha Bodas.

Kawasan Kawah Putih Karaha Bodas tampak menganga indah
Kawasan Kawah Putih Karaha Bodas tampak menganga indah. Foto via larismanis.com

Selain menikmati sajian puncak gunung Sadakeling yang indah, Kawah Karaha Bodas juga tak kalah indahnya seperti di puncak. Belum lagi sajian air danau yang terlihat putih menambah cantiknya kawasan wisata ini. Meski berstatus aktif, namun kondisi kawah sangat aman dan tidak membahayakan pengunjung. Pantas saja banyak pengunjung mulai memadati kawasan kawah ketika musim liburan atau akhir pekan.

Kawasan kawah Karaha Bodas ini terlihat masih asri karena hadirnya pepohonan besar yang rimbun membuat udara sekitar lebih sejuk dan menyegarkan. Apalagi lokasi kawah memang berada dekat dengan hutan belantara kawasan Karaha Bodas. Cocok sebagai tempat penghilang penat dan healing yang tepat. Wisata sekitar kawah Karaha Bodas ini memiliki pemandian air panas dengan pemandangan perbukitan yang indah.

Menikmati kawah Karaha Bodas dengan bebatuan purba yang indah
Menikmati kawah Karaha Bodas dengan bebatuan purba yang indah. Foto via tripzillaindonesia.com

Selain sebagai permandian, juga sebagai pengobatan untuk tubuh. Rasanya lebih sehat dan menyegarkan meski beberapa menit berendam. Cantiknya permandian ini dilengkapi dengan pancuran sehingga lebih terasa menyenangkan. Indahnya lokasi kawah membuat banyak pengunjung mulai berfoto selfie dengan latar belakang kawah. Tak heran banyak pasangan muda melakukan prewedding dilokasi kawah ini. Selain ,menikmati kawah Karaha Bodas, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berkemah, jogging yang sudah disediakan, dan beberapa lokasi outbound.

Tips Mengunjungi Kawah Karaha Bodas

Nah, ada beberapa tips ketika ingin mengunjungi kawasan Kawah Karaha Bodas. Bayak yang merekomendasikan untuk datang lebih pagi agar tidak terjebak dalam kemacetan dan dapat suasana yang segar dengan cuaca yang tepat. Usahakan memakai sunscreen agar terhindar dari sengatan sinar matahari.

Kawasan Karaha Bodas dengan hutan yang rimbun
Kawasan Karaha Bodas dengan hutan yang rimbun. Foto via nativeindonesia.com

Lokasi yang masih asri dan tidak banyak kunjungan wisatawan hingga belum tersedianya papan petunjuk arah. Maka dipastikan untuk tidak malu bertanya kepada penduduk sekitar agar tidak tersasar. Tetap menjaga diri dari perjalanan yang licin, juga tetap waspada ketika berendam di air panas ini lantaran banyak cacing hidup yang berbahaya bila masuk kedalam tubuh.

Lokasi dan Akses Menuju Kawah Karaha Bodas

Jalur hijau menuju kawah Karaha Bodas yang asri dan sejuk
Jalur hijau menuju kawah Karaha Bodas yang asri dan sejuk. Foto via nativeindonesia.com

Kawah Karaha Bodas bersda dilokasi Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Akses menuju lokasi dapat melalui Malangbong menuju Kadipaten bila kamu datang dari arah Bandung dan Garut. Bila kamu datang dari arah Tasikmalaya, melewati jalan Nasional menuju Ciawi dan mulai memasakui kawasan penduduk Kadipaten tepat di sebelah Polsek Kadipaten. Selanjutnya kamu bisa mengikuti jalan hingga menuju lokasi wisata Kawah Karaha Bodas.

Tarif Tiket Masuk Wisata Kawah dan Jam Operasional

Tarif tiket masuk destinasi Kawah Karaha Bodas ini hanya dipatok seharga Rp. 5.000 per orang dihari efektif. Harga akan berubah menjadi Rp. 8.000 per orang ketika libur akhir pekan dan libur nasional. Namun untuk wisata asing mancanegara dipatok dengan harga Rp. 100.000 per orang dihari Senin sampai Jumat dan Rp. 150.000 untuk hari Sabtu dan Minggu serta libur nasional. Untuk tarif parkir dikenakan biaya Rp. 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat.

Kawah Putih Karaha Bodas terlihat air kawah yang putih sedikit toska
Kawah Putih Karaha Bodas terlihat air kawah yang putih sedikit toska. Foto via idntimes.com

Jam operasional Kawah Karaha Bodas buka setiap hari dan tidak pernah tutup alias buka selama 24 jam. Jadi kamu dapat menikmati kawah dan keindahan alam sekitar kawah selama mungkin. Bila kamu ingin menikmati sepanjang malam, perlu membawa perlengkapan berkemah seperti tenda dan lain sebagainya.

Advertisement
Tags
wisata alam Indonesia wisata alam tasikmalaya Wisata Kawah wisata nusantara
Share