Indahnya Kashmir, Serpihan Surga yang Jadi Rebutan Antara Pakistan dan India

Eropa boleh saja memiliki pemandangan cantik dengan salju menawan. Namun, benua Asia juga tidak mau kalah. Selain di Indonesia, banyak loh tempat cantik yang disebut-sebut sebagai serpihan surga di bumi. Salah satunya adalah Kashmir, sebuah daerah incaran traveler seluruh dunia di kawasan pegunungan Himalaya. Wah, seperti apa sih keindahan yang ditawarkan oleh Kashmir. Berikut uraian selengkapnya!

1. Lembah Indah dengan Latar Pegunungan Himalaya

Lembah di Pegunungan Himalaya
Lembah di Pegunungan Himalaya [image source]
Kashmir merupakan wilayah yang terletak di ujung barat barisan Himalaya. Karena itu pula, pemandangan indah sangat mudah ditemui saat berkunjung ke sana. Tidak hanya perbukitan dengan tumpukan salju di atasnya, daerah makmur ini juga terkenal subur. Berbagai jenis tumbuhan hijau menghiasi permukaannya dan membuat wisatawan betah berlama-lama di sana.

Lembah di Pegunungan. jpg
Lembah di Pegunungan [image source]

2. Tempat Spektakuler dengan Danau yang Tenang

Danau Dal
Danau Dal [image source]
Selain pemandangan serba hijau, Kashmir juga memiliki danau tenang yang sangat terkenal di mata dunia. Ialah Danau Dal di kota Srinagar. Tidak hanya populer dengan air jernihnya, objek wisata ini juga hits lantaran memiliki kanal dan rumah perahu. Tempat yang berada di ketinggian 1600 meter atau 5200 kaki ini pun ramai saat musim panas datang.

Danau Dal Kashmir
Danau Dal Kashmir [image source]

3. Kawasan Berkonflik yang Jadi Idaman

Kashmir Pakistan
Kashmir Pakistan [image source]
Di balik keindahannya, Kashmir masih menjadi rebutan beberapa negara. Bagaimana tidak menjadi rebutan, daerah ini memang berada di perbatasan tiga negara. India mengontrol lebih banyak tempat di bagian tengah dan selatan. Sementara itu, Pakistan hanya mendapat bagian barat laut dan China bagian timur laut. Karena perebutan tersebut, orang Kashmir banyak yang meminta kemerdekaan. Sayang, Pakistan dan India sama-sama menolak hingga konflik berkepanjangan terus terjadi hingga saat ini.

Taman Bunga Kashmir
Taman Bunga Kashmir [image source]

4. Sumber Kehidupan Bagi Pakistan

Kashmir Bagian Pakistan
Kashmir Bagian Pakistan [image source]
Bagi Pakistan, Kashmir adalah sumber kehidupan karena 3 sungainya berhulu di Kashmir, yakni sungai Indus, Jhelem, dan Cemab. Tidak hanya itu, penduduk Kashmir yang mayoritas muslim dianggap lebih menguntungkan bila bergabung dengan Pakistan. Beberapa sumber mengatakan, Pakistan juga tertarik untuk mengambil seluruh wilayah Kashmir lantaran sangat ideal dijadikan benteng pertahanan. Tidak heran, negara tersebut masih berkonflik dengan negara tetangganya.

Kashmir Pakistan Indah
Kashmir Pakistan Indah [image source]

5. Penghasil Devisa Negara Bagi India

Swissnya India
Swissnya India [image source]
Tidak mau kalah, India juga ingin menguasai semua wilayah Kashmir yang indah dan tidak ada duanya. Berbeda dengan Pakistan, India menganggap Kashmir adalah sumber penghasil devisa negara. Seperti yang banyak diketahui, jumlah objek wisata India memang tidak terlalu banyak. Selain itu, wilayahnya yang panas dan gersang membuat beberapa orang enggan untuk berlama-lama. Tentu saja pemerintah negara asal Shahrukh Khan ini tidak ingin wilayah kekuasaannya terbagi dengan tetangga sebelah.

Tentara di Kashmir
Tentara di Kashmir [image source]

6. Aman dan Nyaman Untuk Traveler

Objek Wisata di Kashmir
Objek Wisata di Kashmir [image source]
Lalu amankah Kashmir untuk para traveler? Genjatan senjata, penembakan hingga demo memang sering terjadi. Bahkan, banyak polisi serta tentara yang berkeliaran di daerah ini setiap harinya. Namun tenang saja, karena tetap aman dan nyaman untuk wisatawan. Bahkan berbagai penginapan cantik tersedia di sana.

Le Hameau du Kashmir
Le Hameau du Kashmir [image source]
Keindahan alam di Kashmir memang benar-benar sempurna. Namun, tetap saja menyeramkan. Bagaimana pendapatmu?

Tags
Kashmir mancanegara wisata India
Share