Ini Cara Liburan Murah ke Karimun Jawa

Advertisement

Siapa sih yang tidak ngiler melihat foto-foto keindahan tempat wisata Karimun Jawa? Pulau super eksotis yang ada di Jepara ini sudah tak perlu diragukan lagi kecantikannya. Tak bisa dipungkiri, traveling ke sana sudah menjadi salah satu impian yang menyenangkan. Yang menjadi kendala selain waktu yang terbatas adalah modal untuk liburan. Namun, di mana ada kemauan, di situ akan selalu ada jalan, bukan? Coba terapkan tips berikut ini dan kamu bisa liburan ke Karimun Jawa dengan budget minim.

Bukan Pesawat, Naik Kapal Juga Nikmat

Kapal Siginjai menuju ke Karimun Jawa
Kapal Siginjai menuju ke Karimun Jawa (image source)

Liburan tidak harus naik pesawat, lho. Banyak transportasi lain yang bisa dijadikan pilihan. Apalagi untuk menekan biaya traveling, pilihan naik pesawat jelas harus dihindari. Untuk ke Karimun Jawa, kamu harus ke Semarang terlebih dulu. Dari mana pun, ada kok bis atau kereta yang bisa langsung membawamu ke kota dengan pesona Lawang Sewu ini. Selanjutnya, kamu bisa memilih menggunakan kapal feri. Kapal yang akan mengantarkan kamu dari Jepara ke Karimun Jawa hanya berlayar pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu jam 8 pagi. Tiket Kapal Feri Siginjai belum bisa dibeli secara online, ya. Kamu harus siap di hari keberangkatan dan langsung membeli tiket. Harga tiket Siginjai Ekonomi hanya 59 ribu, dan untuk kelas VIP 96 ribu rupiah. Sangat hemat, kan?

Selfie dari atas Kapan Siginjai
Selfie dari atas Kapan Siginjai (image source)

Jangan Hotel, Pilih Homestay

Homestay Karimun Jawa
Homestay Karimun Jawa (image source)

Banyak hotel cantik dan villa di pulau eksotis yang satu ini. Tapi, kalau untuk berhemat, lebih baik memilih rumah warga sebagai penginapan dengan harga 100 hinggs 250 ribu rupish per malamnya. Fasilitas ini bisa digunakan bersama dengan sahabat. Wah, lumayan kan kalau bisa patungan. Kalau mau sedikit lebih mahal, kamu boleh mencoba Wisma Apung yang berada di tengah lautan dengan harga mulai 150 ribu rupiah per malamnya. Tenang saja, harga sudah termasuk sarapan pagi, kok. Lebih baik hubungi reservasi secara online dulu sebelum datang untuk mengetahui harga dan ketersediaan kamar.

Kerimunjawa [image source]

Snorkeling Puas Seharian

Snorkeling di Karimun Jawa
Snorkeling di Karimun Jawa (image source)

Karimun Jawa merupakan taman laut yang sangat cantik. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa untuk melihat langsung keindahan taman di bawah laut dengan scuba diving atau snorkeling. Rugi banget kan kalau sudah berkunjung ke sana, tapi tidak basah-basahan. Ada paket snorkeling dari pagi hingga sore dengan mengunjungi banyak spot dengan harga sekitar 150 ribu rupiah per harinya. Lumanyan banget kan, dengan harga segitu, kamu sudah bisa mengintip kecantikan bahari yang keindahannya sudah sangat melegenda. Di Wisma Apung pun bisa langsung nyemplung saat keluar dari dapur. Bahkan di pulau Menjangan Besar, kamu bisa berenang bareng hiu. Berani?

Berenang bareng hiu di Karimun Jawa
Berenang bareng hiu di Karimun Jawa (image source)

Kuliner Lokal di Alun-alun Karimun Jawa

Kuliner Karimun Jawa
Kuliner Karimun Jawa (image source)

Salah satu serunya traveling adalah saat mencoba berbagai kuliner daerah yang dikunjungi. Karimun Jawa yang dikenal sebagai wisata laut, jelas punya banyak menu seafood yang bisa dicicipi. Kalau makanan di sekitar homestay dan pantai masih dirasa terlalu mahal, kamu bisa melipir ke alun-alun Karimun Jawa. Di sini, berbagai warung siap memanjakannmu dengan makanan lokal yang segar dan ramah di kantong. Sempatkan juga belanja souvenir atau oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

Alun-alun Karimunjawa [image source]

Sewa Motor Harian untuk Eksplore Sekitar

Mangrove [image source]
Jangan cuma betah di satu tempat. Karimun Jawa memiliki serangkaian pulau dan pantai di sekilingnya. Sewa motor harian atau untuk 6 jam dengan harga mulai 40 ribu rupiah, kamu sudah bisa bebas muter-muter hingga ke sudut pulau. Dengan motor, kamu juga bisa berkunjung ke wisata Legon-leboh seperti Lele dan Waru. Kamu juga bisa menikmati sunset super cantik di Tanjung Gelam. Tak hanya wisata laut, coba juga treking di hutan mangrove yang hanya menarik tarif sekitar Rp5000,00 untuk setiap orang.

Pose di Mangrove Karimun Jawa
Pose di Mangrove Karimun Jawa (image source)

Mampir ke Pulau Gosong

Perjalanan menuju Pulau Gosong [image source]
Sudah semakin yakin kalau ke Karimun tidak butuh uang banyak, bukan? Apalagi yang kamu dapatkan juga bukan sembarangan. Liburan murah tetap rasa mawah, anggapan seperti itu akan terasa semakin benar setelah kamu mengunjungi Pulau Gosong. Penampakannnya bak putri yang putih dan cantik. Di sana berhari-hari sebenarnya juga tidak masalah. Sayangnya, Pulau Gosong hanya muncul saat air laut surut saja.

Pulau Gosong Karimunjawa [image source]
Nama Tempat : Karimunjawa

Lokasi : Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Nah, sudah lihat kan bagaimana cara mengakali agar liburan ke objek wisata Karimun Jawa nggak bikin kantong kamu jebol. Siapa bilang traveling selalu bikin pusing karena budget? Jangan lupa ajak sahabat-sahabat kesayanganmu, ya.

Advertisement
Tags
karimunjawa tips traveling trip murah
Share