Pelabuhan Taddan Beroperasi, Sampang-Probolinggo Hanya 5 Ribuan

Ada kabar menyenangkan bagi Teman Traveler yang ada di Sampang, Madura nih. Pelabuhan Taddan yang sudah dibangun beberapa waktu yang lalu, akhirnya sudah diresmikan.

Kalian yang ingin jelajah wisata Probolinggo dan sekitarnya, bisa langsung meluncur menggunakan kapal laut. Ada banyak keuntungan yang bisa kalian dapat saat naik kapal laut ini. Untuk lebih lengkapnya, bisa simak ulasan di bawah ini.

Diresmikan Pada Tanggal 11 September 2019 

pelabuhan taddan
Pelabuhan Taddan beroperasi via instagram/rizahimawan

Pelabuhan Taddan diresmikan Wakil Bupati dan Dinas Perhubungan setempat pada tanggal 11 September 2019 kemarin. Ini juga bersamaan dengan beroperasinya KM. Dharma Kartika III dari Sampang-Probolinggo atau sebaliknya.

Peresmian pelabuhan ini ternyata ada sebabnya, Teman Traveler. Sebab pelayanan laut yang lemah, serta terbatasnya ketersediaan kapal kecil jenis tongkang di Pelabuhan Tanglok Sampang yang dinilai tidak sesuai Standar Operasional Pelayanan (SOP).

Ada Keuntungan Menarik yang Didapat 

pelabuhan taddan
Ilustrasi Dharma Kartika III via instagram/adityaro

Kalian yang menggunakan kapal teranyar ini akan mendapatkan banyak keuntungan. Pertama, dari Sampang-Probolinggo hanya merogoh kocek sebesar Rp5.500 yang sangat terjangkau. Kemudian, pengguna kapal bisa memangkas waktu perjalanan, yang cuma empat jam saja. Ini berbeda kalau menggunakan jalur darat yang lebih memakan banyak waktu, sekitar 7-8 jam.

Penumpang kapal dari Taddan ke Probolinggo juga bisa menikmati perjalanan sambil mengabadikan momen saat singgah di pelabuhan lainnya. Sesuai dengan trayek yang ada, kapal perintis nantinya akan melewati Pelabuhan Gili Mandangin dan Gili Ketapang. Di situlah menjadi daya tarik, terutama yang suka menikmati perjalanan.

Fasilitas dan Daya Angkut Kapal 

Ilustrasi Dharma Kirana III via instagram/dlu.makassar

KM. Dharma Kirana III dapat mengangkut 500 hingga 750 orang penumpang, 50-100 Mobil, 300-500 sepeda motor, dengan pengawalan Abk dan seluruh kru kapal sebanyak 30 Orang. Selain itu, ada banyak fasilitas di dalam kapal yang bisa para penumpang nikmati. Ada tempat duduk, tempat tidur, dan juga tempat hiburan.

Rekomendasi Wisata Dekat Pelabuhan 

Wisata sekitar pelabuhan via instagram/_slmml

Kalian yang ingin berkelana ke Sampang atau Probolinggo, jangan bingung tentang tempat wisata. Di sekitar pelabuhan, ada wisata yang bisa kalian sambangi nih.

Di Sampang ada Pantai Camplong yang memiliki pasir putih dan juga terdapat banyak spot foto. Bisa ditempuh dalam waktu empat menit dari Pelabuhan Taddan. Teman Traveler juga bisa mampir ke wisata BJBR Probolinggo yang jaraknya hanya 11 menit dari pelabuhan.

Demikian sekelumit informasi tentang Pelabuhan Taddan berikut kapalnya yang sudah beroperasi. Namun, jadwal keberangkatan kapal hanya ada di hari Kamis, ya. Jadi, luangkan waktu untuk bertualang pada hari tersebut. Bagaimana, tertarik?

Tags
Akomodasi Indonesia Jawa Timur pelabuhan taddan Probolinggo Sampang
Share