Seru di Kandang Gaul Sapi, Dijamu Susu Jahe yang Endeus Banget

Jalan-jalan ke desa wisata sambil hirup udara segar bisa jadi salah satu kegiatan asyik untuk liburan. Jika Teman Traveler sedang liburan ke Bandung, boleh coba datang ke Desa Alamendah. Desa wisata ini hadirkan aneka pesona agrowisata menarik. Saya sempat mengunjungi Desa Alamendah yang memiliki Kandang Gaul Sapi bersama sejumlah kawan beberapa saat lalu.

Dengar namanya yang unik langsung bikin penasaran, kan? Daripada menebak-nebak, yuk simak ulasan saya berikut ini.

Menuju Desa Wisata Alamendah

Foto bersama di Kandang Gaul Sapi (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sedikit informasi bagi Teman Traveler yang ingin menggunakan kendaraan umum menuju ke Desa Alamendah. Kalian bisa memulai perjalanan dari Terminal Leuwi Panjang Bandung. Naiklah mobil elf jurusan Ciwidey dan turun di Terminal Ciwidey. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan menumpang angkutan umum rute Cibeureum – Rancabali.

Kondisi jalan dari Soreang (Kabupaten Bandung) ke Ciwidey terbilang sempit dan berkelok-kelok. Saat malam hari, lampu penerangan cukup minim. Teman Traveler sebaiknya hati-hati dan jangan sampai nyasar ya!

Kandang Gaul Sapi

Tembok berhiaskan gambar sapi lucu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kandang Gaul Sapi mulanya merupakan bagian dari program KKN mahasiswa di Desa Alamendah. Terobosan ini dilakukan untuk mempercantik kandang-kandang sapi milik warga. Semua tembok dicat ulang menggunakan corak hitam dan putih. Beberapa dihiasi mural instagenic sapi lucu.

Sebelum kandang di cat (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kandang Gaul Sapi yang semakin cantik diharapkan mampu membuat wisatawan makin tertarik datang dan melakukan aneka aktivitas seru di Desa Alamendah.

Uniknya, proses pengecatan ternyata tidak sembarangan lho Teman Traveler. Cat yang digunakan dicampur garam dengan perbandingan 1:1. Tujuannya untuk menghasilkan antibakteri yang bisa membantu peternak menghilangkan bakteri patogen. Keren ya?

Program ini dirancang sedemikian rupa agar memiliki banyak manfaat bagi peternak sapi, mengurangi bakteri, dan berkontribusi pada perkembangan wisata di kawasan Desa Alamendah.

Belajar Memerah Susu Sapi

Sapi sedang diperah susunya (c) Helga Christina/Travelingyuk

Program ‘Kandang Gaul’ juga sekaligus menyulap tempat sapi yang sebelumnya tidak menarik, menjadi sebuah atraksi wisata. Selain berfoto di sekitar kandang, Teman Traveler juga bisa mencoba serunya memerah susu atau memberi makan sapi lho.

Cicipi Susu Segar Plus Jahe

Belajar memerah susu sapi (c) Helga Christina/Travelingyuk

Berikutnya Teman Traveler bakal disuguhi susu sapi segar dengan campuran jahe. Enak banget, jadi ada sensasi panas-panasnya. Apalagi cuaca di sekitar Desa Alamendah juga agak dingin.

Teman Traveler yang menyukai liburan bernuansa alam wajib berkunjung ke wisata Bandung satu ini. Cobain asyiknya bangun pagi disambut pemandangan indah, sambil minum susu segar yang disajikan hangat-hangat. Nikmat banget. Apalagi biasanya kalian bakal dikasih gratis sama ibu-ibu pemilik kandang. Andai membayar sekalipun, hanya sekitar Rp5.000-Rp8.000 per gelas.

Sangat menarik kan Teman Traveler? Bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik mengunjungi Kandang Gaul Sapi dalam waktu dekat?

Tags
Bandung kontributor Travelingyuk wisata bandung
Share