Yuk ke Kampung Tua Batam, Mancing Seru Berbonus Senja

Menjelajah wisata bahari Batam takkan pernah ada habisnya. Selain menikmati pemandangan, aktivitas memancing di laut kini mulai banyak diminati. Salah satunya di Piayu Laut, Kampung Tua Batam. Selain murah murah, pengalaman mengesankan juga menjadi daya tarik tersendiri tempat ini. Apalagi bagi Teman Traveler yang mengaku sebagai seorang ‘mancing mania.’

Rumah Panggung Tepi Pantai

Rumah warga di perkampungan Piayu Laut saat pasang (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Piayu Laut berlokasi di Kampung Tua, Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk Batam. Jaraknya kira-kira 8 km dari kawasan industri Muka Kuning Batamindo. Untuk mencapai lokasi ini, Teman Traveler bisa menggunakan wajib menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum. Meskipun akses jalannya sudah baik, kawasan ini termasuk daerah kecil di Batam.

Lokasinya berhadapan langsung dengan laut, Teman Traveler bisa menikmati suguhan pemandangan unik berupa deretan rumah panggung warga. Semuanya tersusun rapi dan terlihat bersih.

Perkampungan ini memang dibangun tepat di pinggir pantai dengan kayu sebagai alasnya. Ketika laut pasang, rumah warga tampak seperti mengapung di atas perairan. Selain memancing, Teman Traveler juga bisa merasakan nikmatnya atmosfer syahdu di wisata Batam satu ini.

Memancing di atas Papan Kayu Mengapung

Pompong dan rakit untuk memancing (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Aktivitas memancing di sini dilakukan dengan bantuan rakit atau papan kayu mengapung yang didorong pompong (perahu motor) ke tengah laut. Biaya sewanya sekitar Rp60.000 per orang untuk seharian. Kapasitas penumpang antara 12-15 untuk rakit kecil dan 20 orang untuk rakit besar. Waktu memancing pun cukup panjang yaitu mulai pukul 07.30 hingga 17.00.

Dermaga untuk menaiki rakit (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Penyewaan rakit bisa dilakukan beberapa hari sebelumnya untuk menghindari kuota penuh. Misal ingin memancing di hari Sabtu atau Minggu, sebaiknya sudah mulai memesan rakit pada hari Kamis. Hal ini karena minat pengunjung sangat besar, sehingga dikhawatirkan tidak mendapat tempat strategis untuk menangkap ikan.

Jembatan kayu menuju dermaga (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Jembatan kayu kecil memanjang dibangun sebagai akses menaiki rakit. Dibanding memancing seperti biasanya, menebar kail dari atas rakit memberikan sensasi tersendiri. Lebih seru dan mengasyikkan. Sembari  menunggu hasil tangkapan, Teman Traveler bisa menikmati hembusan semilir angin laut.

Perairan Jernih dan Tenang

Pemandangan indah di tengah laut (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Keindahan panorama laut Batam memang tidak perlu diragukan lagi. Airnya biru jernih berhiaskan pepohonan hijau di sekelilingnya. Benar-benar sebuah keindahan hakiki. Teman Traveler takkan bosan menunggu umpan disambar ikan karena depan mata tersaji pemandangan alam begitu indah.

Kondisi perairan Piayu Laut (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Perairan sekitar sini cukup tenang dan hangat, cocok sekali untuk menangkap ikan. Kondisi ini juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemancing. Menyenangkan bukan, Teman Traveler?

Banyak Jenis Ikan Tangkapan

Ikan hasil tangkapan (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Piayu terkenal dikenal dengan kuliner seafood-nya yang beragam dan enak. Banyak warung seafood tersebar di area ini. Maka tak heran jika Teman Traveler mendapat beragam jenis tangkapan ikan memancing di sana. Mulai dari katarap, kaci, marabini, klincing, poyot, timun, sembilang, gurita, hingga gelam bisa didapatkan di sini.

Memancing Hingga Senja Menyapa

Pemandangan senja di tengah laut (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Kegiatan memancing memang sangat seru. Apalagi jika mendapat banyak hasil tangkapan. Semua lelah juga bakal terbayar lunas dengan keindahan senja di tengah laut Piayu. Hembusan semilir angin menambah kesegaran suasana.

Bagaimana Teman Traveler, tidak tertarik mencoba? Memancing di tengah laut indah dan mencicipi seafood nikmat, sangat cocok untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Tags
batam kontributor Travelingyuk wisata batam
Share