Satu Lagi Destinasi Warna Indonesia, Kampung Pinisi di Balikpapan

Kampung warna warni, di Indonesia sudah terlebih dahulu populer ada di Jawa Timur, yaitu Kampung Warna di Malang. Setelah itu, banyak juga lokasi lainnya yang menyusul, sebut saja Kalisari di Semarang, Kampung Kali Code Jogja, dan lain-lain. Terbaru, ada destinasi wisata kampung penuh warna yang di Balikpapan. Namanya adalah Kampung Pinisi di Balikpapan yang menyuguhkan warna-warni berbeda. Penuh lukisan yang cocok untuk wisata selfie. Sudah siap?

Berawal dari Kawasan Kumuh

Kampung Pinisi, Via Instagram/saanasss_19
Kampung Pinisi, Via Instagram/saanasss_19

Kampung Pinisi yang sekarang ini menjadi destinasi wisata baru Balikpapan ini dahulunya ternyata merupakan kawasan kumuh. Bahkan, sempat di tahun 2008 lalu, Kampung Pinisi sempat ludes terbakar dan tidak ada yang tersisa. Kebakaran tersebut membuat separuh warga pindah ke pemukiman dan sebagian warga pindah ke lokasi lain. Dan kesamaan nasib itulah yang membuat penduduk kompak untuk membuat kampung jadi lebih baik.

Warna warni yang bikin hepi, Via Instagram/saanasss_19
Warna warni yang bikin hepi, Via Instagram/saanasss

Awalnya mereka berupaya tidak membuang sampah semarang, mendaur ulang sampah bekas dan sampai puncaknya pada bulan Agustus lalu sejumlah tokoh berinisiatif untuk mengadakan lomba kebersihan dan keindahan blok. Akhirnya, kampung tersebut membuat kampung warna dengan biaya mandiri. Sampai akhirnya sekarang Kampung Pinisi menjadi salah satu destinasi wisata pilihan masyarakat Balikpapan.

Menawarkan Tema Biota Bawa Laut

Kampung yang sangat asri, Via Instagram/gaisandrew
Kampung yang sangat asri, Via Instagram/gaisandrew

Sedikit berbeda dengan yang telah ada sebelum-sebelumnya, Kampung Pinisi di Balikpapan ini memiliki tema yang unik, yakni biota bawah laut. Sebagian besar lukisan mural yang ada di tempat wisata Balikpapan ini adalah ikan dan laut. Tentu saja karena lokasi wisata ini berada di pinggir Pantai Klandasan.

Spot kece, Via Instagram/kampungpinisi_rt32
Spot kece, Via Instagram/kampungpinisi_rt32

Meskipun begitu, tidak semua mural atau gambar memiliki nuansa ikan dan lautan. Ada juga yang tema angkasa, sayap burung dan lain-lain. Satu hal lagi daya tariknya, mereka juga memanfaatkan barang-barang bekas untuk menjadi hiasan yang menarik. Dan itulah yang juga menambah keasrian Kampung Pinisi.

Lokasi Kampung Pinisi yang Warna Warni

Banyak spot eksotik, Via Instagram/kampungpinisi_rt32
Banyak spot eksotik, Via Instagram/kampungpinisi_rt32

Tertarik berkunjung ke Kampung Pinisi di Balikpapan ini? Alamatnya berada di kawasan Klandasan Ilir, Kecamatan Balikpapan Selatan. Lokasi pemukimannya berada di pinggir Pantai Klandasan, jadi sembari berkeliling melihat warna-warna yang cantik, Teman Traveler juga bisa menikmati suasana pantai yang menenangkan. Serunya lagi, tak ada jam khusus sehingga kamu bisa datang kapan saja. Pastikan untuk datang siang supaya foto-foto yang dibidik tetap cantik.

Jika sedang traveling ke Balikpapan, jangan sampai melewatkan untuk jalan-jalan ke Kampung Pinisi ini ya Teman Traveler. Lokasi baru yang jadi jujukan untuk didatangi. Mau berangkat kapan?

Tags
Balikpapan Indonesia Kalimantan Selatan kampung pinisi Wisata wisata balikpapan
Share