Kampung Buku Jogja 2019, Ajangnya Para Penggemar Literasi

Jogja semakin rajin menggelar beragam festival maupun kegiatan bertema literasi. Wajar saja, mengingat populasi Kota Gudeg banyak yang berasal dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Salah satunya adalah Kampung Buku Jogja 2019 alias KBJ 2019.

Gelaran rutin yang sudah memasuki tahun ke-5 ini sukses digelar pada awal September 2019, dengan beragam aktivitas seperti bazar buku, talk show, orasi literasi, workshop, bursa naskah, lelang buku, pertunjukan musik, dan masih banyak lagi. Yuk, kita intip keseruannya Teman Traveler.

Acara Rutin

img_20190902_204403_ypH.jpg
Gelaran KBJ 2019 (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Sejak diselenggarakan pertama kali pada 2015 silam, KBJ terus konsisten dilaksanakan hingga sekarang. Menurut laman resmi mereka, kegiatan ini diadakan sebagai salah satu upaya untuk merawat dan mengembangkan semangat keilmuan dalam dunia perbukuan Indonesia.

Memasuki tahun kelima, KBJ mengusung tema ‘Menelisik Bilik-bilik Indonesia.’ Di sini pengunjung diajak mengenal Indonesia lewat lembaran buku. Gedung PKKH UGM jadi tempat yang dipilih untuk menggelar ajang tahunan tersebut, antara 2-5 September lalu.

Bazar Buku dengan Diskon Menarik

img_20190902_151813_X6u.jpg
Kegiatan Bazar Buku (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Antusiasme pengunjung adalah salah satu faktor yang membuat KBJ bisa tetap terselenggara dari tahun ke tahun. Para pengunjung bakal temukan buku dari beragam genre, penerbit, maupun era. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau kantong, lantaran sudah diberi diskon khusus. Cukup bermodal Rp100.000, pengunjung bisa menebus paket berisi empat buku. Menarik, kan?

Gandeng Banyak Penerbit

img_20190902_204202_sIE.jpg
Acara ini libatkan banyak penerbit (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Acara literasi ini sukses gandeng banyak penerbit, baik reguler maupun indie. Teman Traveler akan melihat nama-nama independen seperti EA Books maupun Kendi Publisher. Sementara untuk publisher yang sudah punya reputasi, ada Shira Media, Komunitas Bambu, Buku, Mojok, hingga Toga Mas. Tak ketinggalan hadir pula beberapa toko buku langka macam Gerak Budaya, Gubuk Sastra, serta Nurmahera.

Belajar di Kelas KBJ

Satu lagi yang menarik di perhelatan ini adalah seri kelas KBJ. Pengunjung bisa ikuti sejumlah kelas yang dipantik oleh pembicara-pembicara adiluhung di bidangnya. Sebut saja kelas prosa bersama Mahfud Ikhwan, kelas esai bersama Agus Mulyadi, kelas kritik sastra bersama Kris Budiman, hingga kelas menulis buku bersama Irukawa Elisa.

Semuanya sukses menyedot antusiasme pengunjung. Sebab selain hadirkan narasumber kompeten, kelas ini juga tidak dipungut biaya sama sekali lho. Menarik banget, kan?

Talk Show di Tengah Acara

img_20190902_194244_2LM.jpg
Sesi talkshow dipadati pengunjung (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Di tengah lautan buku KBJ 2019, di sisi barat pengunjung bakal temukan sebuah panggung talkshow dengan latar belakang lukisan di atas permukaan kardus. Tempat ini menjadi ajang pembahasan dunia literasi, dengan hadirkan sejumlah pembicara tersohor, mulai dari Ayu Utami, Sabrang ‘Noe’ Letto, dan Iqbal Aji Daryono.

Itulah sekilas pengalaman saya jalan-jalan di Kampung Buku Jogja 2019. Buat Teman Traveler yang belum sempat mampir ke sini, jangan berkecil hati. Masih ada tahun depan kok. Makanya, mulai sekarang rencanakan dengan matang perjalanan menjelajah wisata Jogja dan jangan lupa sempatkan mampir ke sini.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share