Kampung Biru Arema, Malang Rasa Santorini

Wisata Malang terus menggeliat dalam beberapa tahun terakhir. Muncul banyak destinasi anyar dengan konsep unik dan menarik. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Kampung Biru.

Lokasinya cukup mudah dijangkau, berada tak jauh dari Stasiun Kota Baru dan pas di seberang Kampung Warna-warni dan Kampung Tridi Jodipan. Suasana di dalam kampung juga menarik, banyak spot swafoto keren yang bisa Teman Traveler sambangi. Yuk, simak cerita saya selengkapnya saat berada di Kampung Biru.

Bisa Diakses dengan Mudah

dsc01728_01_LOj.jpeg
Destinasi ini bersebelahan dengan Kampung Warna-Warni (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Tak sulit menemukan lokasi Kampung Biru, apalagi jika Teman Traveler pernah mampir ke Kampung Tridi maupun Kampung Warna-Warni, sebab berada tepat di seberangnya. Destinasi ini sendiri beralamat di Jalan Embong Brantas RW.4/RW.5, Kelurahan Kidul Dalem, Klojen.

dsc01732_01_vyL.jpeg
Berfoto dengan latar belakang Kampung Biru (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang datang dari Terminal Hamid Rusdi dan ingin naik kendaraan umum, cukup naik angkot AMG atau AJG. Berikutnya, turun di Jembatan Embong Brantas dan tinggal jalan kaki beberapa menit hingga sampai tujuan.

Hamparan Biru nan Memikat

dsc01758_01_Ieu.jpeg
Kampung dari ketinggian (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Sebelum disulap menjadi Kampung Biru Arema, kawasan ini tak lebih dari perkampungan sederhana yang terkesan kumuh dan kurang tertata. Namun, menyusul kesuksesan Kampung Tridi dan Kampung Warna, daerah yang dulunya bernama Embong Brantas ini diubah wujud penampilannya.

Bekerja sama dengan sebuah perusahaan cat, Pemerintah Kota Malang mengubah pemandangan di sekitar kampung menjadi jauh lebih menarik. Total ada sekitar 500 rumah warga dicat biru tua. Biru tua untuk atap dan biru muda untuk tembok. Upaya ini menghabiskan tak kurang dari 16 ton cat dan melibatkan sekitar 18 pekerja dari kalangan warga.

Berkat upaya keras tersebut, Kampung Biru Arema kini perlahan mulai dikenal dan populer sebagai salah satu wisata populer di Malang. Kesan kumuh yang dulu lekat, berganti dengan lontaran kekaguman dari para wisatawan.

Buat Teman Traveler yang tertarik mampir ke sini, ada banyak aktivitas seru bisa kalian lakukan. Salah satunya adalah berburu foto keren. Kalian bisa berpose dengan latar belakang bangunan biru polos atau aneka mural. Salah satu yang paling menarik berbentuk singa, maskot tim sepakbola kebanggaan Kota Bunga, Arema.

Murah Meriah dan Penuh Fasilitas

dsc01727_01_2bT.jpeg
Jalan masuk menuju kampung (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Tiket masuk ke destinasi wisata ini hanya dibanderol Rp2.500 per orang. Fasilitas yang bakal Teman Traveler dapat antara lain tempat parkir, aneka spot swafoto, toilet umum, dan beberapa warung penjual makanan. Jadi tak perlu bingung bakal kelaparan atau kehausan ketika berada di sini, ya.

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di Kampung Biru. Buat Teman Traveler yang sedang menjelajah wisata Malang, bisa sempatkan mampir sejenak. Kalian bakal dimanja pemandangan kampung unik yang mungkin tak bisa didapatkan di tempat lain. Bagaimana, sudah siap menjelajah wisata ini?

Tags
kampung biru malang kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share