Kampung Arab Al Munawar, Desa Bersejarah di Tepi Sungai Musi Palembang

Selalu ada alasan untuk kembali ke Palembang. Kota cantik di Sumatera Selatan ini tidak hanya menarik karena kelezatan pempeknya. Atau kokohnya Jembatan Ampera yang telah berusia 53 tahun. Destinasi wisata yang masih mengandalkan nilai sejarahnya juga tak luput dari perhatian. Seperti Kampung Arab Al Munawar, desa wisata tepi Sungai Musi yang miliki banyak kejutan.

Asal Usul Kampung Arab dan Penghuninya

Kampung arab di Palembang
Kampung arab di Palembang via instagram/@kikilinzy

Kampung Arab tidak hanya ada di Surabaya. Palembang juga punya desa wisata yang dihuni oleh penduduk dengan wajah Timur Tengah. Apalagi kalau bukan Kampung Arab Al Munawar yang konon namanya diambil dari toko sepuh Habib Hasan Abdurrahman Al-Munawwar. Dari beberapa sumber, kampung ini terdiri dari 30 kepala keluarga yang merupakan keturunan asli Arab. Teman traveler berniat ke sini? Pasti bakalan bertemu dengan orang dewasa dan anak-anak dengan wajah Timur Tengah.

Rumah Instagenic Berusia 250 Tahun

Rumah Kampung Arab yang berusia lebih dari 200 tahun
Rumah Kampung Arab yang berusia lebih dari 200 tahun via instagram/@ayuamandasitanggang

Desa wisata bernama Kampung Arab Al Munawar ini berada di sepanjang Sungai Musi, baik di bagian Ilir maupun Ulu. Tepatnya di kawasan 13 Ulu, Palembang. Keunikan utama yang membuat wisatawan penasaran datang ke sini adalah bangunannya. Setidaknya ada delapan rumah yang menjadi cagar budaya di sini. Ada rumah tinggi, darat, tipe indies, kembar darat, hingga kembar laut yang konon usianya sudah lebih dari 250 tahun. Menarik bukan?

Arsitektur khas Bangunan Eropa

Arsitektur bangunan di Kampung Arab Palembang yang masih terjaga
Arsitektur bangunan di Kampung Arab Palembang yang masih terjaga via instagram/@thomasws_1405

Delapan rumah yang sudah lebih dari dua abad bertahan ini tidak hanya kokoh tak termakan zaman. Bangunan tersebut juga masih mengandalkan arsitekturnya yang khas banget. Setiap rumah memiliki desain dengan setuhan ornamen Timur Tengah atau Eropa. Jendela dan pintunya berukuran besar. Sebagian besar terbuat dari kayu yang masih kuat. Nah, untuk menikmati desa bersejarah ini, banyak tempat duduk yang nyaman untuk pengunjung loh. Ingat, Kampung Arab Al Munawar buka setiap hari kecuali Jumat, dari jam 8.30 hingga pukul 17.00.

Spot Cantik Penghias Feed Instagram

Spot Foto Instagenic di Kampung arab
Spot Foto Instagenic di Kampung arab via instagram/@rifka.rhm

Bangunan klasik yang instagenic di kampung arab ini memang pas jadi spot berfoto demi feed instagram. Ketika sore hari, keindahan langit jingga di sebelah barat juga menawan. Selain berburu foto dan mengenal rumah bersejarah, Teman Traveler juga bisa menjajal kuliner enak di sini. Ada nasi kebuli, kopi sendol mas hingga sambal jahanam. Mau belajar agama? di kampung ini adalah sekolah islam yang siap jadi tempat menimba ilmu.

Nah, itulah ulasan tentang Kampung Arab Al Munawwar yang berada di tepi Sunga Musi, Palembang. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke destinasi wisata ini kan?

Tags
Indonesia Palembang Sumatera Selatan wisata palembang
Share