Kampoeng Ciherang, Wisata Alam Kebanggaan Sumedang

Sudah kenyang makan tahu Sumedang, lanjutkan perjalanan liburan ke Kampoeng Ciherang yuk! Di sana terdapat tempat wisata alam dengan fasilitas yang menyenangkan. Ajak juga keluarga Teman Traveler ya, agar liburan kali ini semakin lebih berkesan. Simak lebih dekat ada apa saja di Kampoeng Ciherang, ya.

1. Aliran Sungai Alami

Sungai Alami di Kampoeng Ciherang
Sungai Alami di Kampoeng Ciherang via Instagram/randychristian_

Kawasan Kampoeng Ciherang punya banyak “senjata” andalan. Salah satunya adalah aliran sungai alami yang ada di dalamnya. Airnya yang jernih mengalir di antara jajaran pohon pinus yang rapi dan dramatis. Di aliran sungai ini, Teman Traveler bisa sepuasnya bermain air, segar dan jauh dari polusi. Menyenangkan!

2. Hamparan Hutan Pinus

Hamparan Pinus di Kampoeng Ciherang
Hamparan Pinus di Kampoeng Ciherang via Instagram/ogihartono

Area wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Sumedang, BKPH Manglayang Timur, RPH Cijambu ini merupakan kawasan hutan pinus dengan luas 12 hektare. Yang artinya, seluas itu juga Teman Traveler bisa melihat pohon-pohon pinus tumbuh dengan baik dan terawat. Bagi siapa pun yang menyukai sejuknya pepohonan, kawasan ini tepat sekali untuk menghabiskan masa liburan!

3. Kolam Bertingkat di Tengah Kawasan

Kolam Bertingkat di Tengah Hutan Pinus
Kolam Bertingkat di Tengah Hutan Pinus via Instagram/kokonhermansyah

Satu lagi yang menarik dari kawasan wisata alam Kampoeng Ciherang, adalah kolam berbentuk bulat yang bertingkat dan berada di tengah-tengah hutan pinus. Bentuknya lucu, instagramble dan yang pasti airnya menyegarkan. Cocok berpadu dengan hutan pinus yang teduh. Tidak heran jika kawasan ini langsung terdepan menjadi kebanggaan keluarga Sumedang.

4. Fasilitas Outbound

Flying Fox di Kampoeng Ciherang
Flying Fox di Kampoeng Ciherang via Instagram/ronnie_vanboim

Kampoeng Ciherang tentu tidak ingin kalah tertinggal dengan kawasan wisata alam lain soal fasilitas. Pihak pengelola pun kemudian menyediakan beragam fasilitas outbound. Teman Traveler bisa menikmati flying fox, jembatan gantung, arung jeram, dan beberapa fasilitas menyenangkan lain.

5. Jalan Menuju Kampoeng Ciherang

Alun-alun Tanjungsari Sumedang
Alun-alun Tanjungsari Sumedang via Instagram/seputartanjungsari

Wisata ini berada di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Jarak dengan Tanjungsari hanya 10 km. Desa Cijambu, terletak di ujung utara Kecamatan Tanjungsari. Dari arah Bandung, Teman Traveler bisa lebih dulu menuju Jatinangor kemudian ke arah alun-alun Tanjungsari. Dari sana, lanjutkan perjalanan menuju Desa Pasigaran untuk kemudian lanjut ke Desa Cijambu.

Selama liburan ke sini, Teman Traveler jangan khawatir kelaparan ya, karena pihak pengelola juga menyediakan area wisata kuliner yang menjual berbagai masakan khas Sunda. Menyenangkan sekaligus mengenyangkan. Siapa yang gak sabar jalan ke Sumedang?!

Tags
Indonesia Jawa Barat kampoeng ciherang Sumedang Wisata Alam wisata sumedang
Share