Serunya Main ke Kalijodo Jakarta, Hiburan Murah dan Istimewa

Advertisement

Siapa sih yang asing dengan Kalijodo? Sejak tahun 2015 lalu, kawasan ini langganan masuk portal berita serta televisi. Bukan karena sungainya yang meluap, namun kehidupan di balik rumah pinggir kali tersebut. Ya, bantaran timur Banjir Kanal ini merupakan tempat prostitusi serta perjudian terbesar di ibukota. Namun, itu dulu. Kini kawasan ini telah berubah jadi wisata Jakarta dan menarik perhatian banyak mata.

1. Lahan Perjudian yang Kini Ramah Anak-Anak

Taman Bermain Untuk Anak-anak
Taman Bermain Untuk Anak-anak [image source]
Kisruh panjang antara warga setempat dengan pemerintahan ibukota akhirnya berakhir pada februari 2016 lalu. Kawasan yang dulunya dijadikan lahan perjudian dan prostitusi telah diratakan dengan tanah. Ajaibnya, satu tahun berikutnya kini telah bersih dan ramah dengan anak-anak. Ya, setiap harinya ada puluhan hingga ratusan anak-anak menggunakan taman bermain yang sudah dibangun oleh pemkot.

Tempat Aman Untuk Anak-anak
Tempat Aman Untuk Anak-anak [image source]

2. Tersedia Wahana Seru Untuk Remaja Pecinta Skateboard

Kalijodo Skatepark
Kalijodo Skatepark [image source]
Bukan hanya untuk anak-anak, tempat yang diberi nama Ruang Publik Terpadu Ramah Anak dan Ruang Terbuka Hijau tersebut juga lahan sebagai tempat hangout anak muda Jakarta. Bagaimana tidak, di sisi utara dibangun arena olahraga ekstrem seperti skate dan BMX Park berdesain standar internasional. Selain didatangi pemain profesional, ada beberapa pemula yang belajar bermain skate board di wahana pinggir sungai satu ini.

Kalijodo Skate Park
Kalijodo Skate Park [image source]

3. Taman Bersih yang Nyaman Untuk Warga Jakarta

Mural di Kalijodo
Mural di Kalijodo [image source]
Kumuh dan bau, menjadi citra dari Kalijodo sebelum diratakan dengan tanah. Namun setelah taman ini  berdiri, tempat ini menjadi taman yang bersih dan nyaman untuk warga Jakarta. Lokasi ini pun juga menyenangkan untuk digunakan liburan bersama keluarga atau sahabat. Bagi anak muda kekinian, Kalijodo Park langsung menjadi buruan lantaran memiliki tembok dengan mural kece karya seniman. Yap, tentu saja untuk OOTD atau hunting foto.

Foto OOTD di Mural Kalijodo Park
Foto OOTD di Mural Kalijodo Park [image source]

4. Lengkap dengan Fasilitas Penunjang Lainnya

Tanaman Hijau di Kalijodo
Tanaman Hijau di Kalijodo [image source]
Selain menyediakan dinding mural untuk foto, taman bermain anak-anak serta arena skate dan BMX Park, Kalijodo Park juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap untuk pengunjungnya. Di sisi baratnya, terdapat aula terbuka lengkap dengan mushola. Di sampingnya juga ada tempat usaha yang sengaja didirikan untuk para pengusaha yang ingin berjualan di sana. Nah, ternyata wahana anyar ini juga terdapat lapangan futsal untuk yang ingin olahraga. Wah, yakin nih tidak ingin berkunjung ke sana?

RPTRA Kalijodo
RPTRA Kalijodo [image source]

5. Ramai Dari Pagi Hingga Malam Hari

Taman Kalijodo
Taman Kalijodo [image source]
Dulunya, tempat ini hanya hidup di malam hari dan mati saat siang hari. Bahkan deretan warung selalu tutup rapat dan baru buka setelah matahari turun. Namun, Kalijodo Park kini tidak hanya ramai di saat malam hari saja. Mulai dari pagi, banyak aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Selain jalan-jalan ada pula yang menggunakan wahana ini untuk olahraga. Tentu saja, semua kegiatan yang dilakukan positif dan menyenangkan.

Kaljodo Keren
Kaljodo Keren [image source]
Selain telah bersih dari konotasi negatif, Kalijodo Park juga termasuk hiburan istimewa loh. Berbagai wahana tersedia di sana. Satu lagi, kamu pun tidak akan mengeluarkan banyak uang saat berkunjung ke sana. Wah, seru kan liburan ke Jakarta. Pasalnya, ibukota Indonesia sudah banyak tempat hiburan murah dan istimewa.

Advertisement
Tags
Indonesia Jakarta Jawa Barat Wahana Wisata
Share