Kaleidoskop Pariwisata Indonesia di Tahun 2018, Mana yang Paling Wow?

Jika dilihat secara menyeluruh, banyak hal menarik yang terjadi tentang pariwisata di Indonesia sepanjang tahun ini. Turis pun berdatangan dari seluruh dunia untuk melihat kecantikan alam, budaya, kuliner, juga sejarah ibu pertiwi. Nah, Travelingyuk sudah membuat kaleidoskop pariwisata Indonesia di tahun 2018. Teman Traveler akan temukan berbagai kejadian fenomenal di bawah ini. Simak yuk!

Geopark yang Diakui UNESCO

Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh via Instagram/jantilim

Senang rasanya pariwisata di Indonesia semakin maju. Hal ini terlihat dari dua Geopark, yakni Ciletuh di Sukabumi dan Gunung Rinjani di Lombok ditetapkan sebagai Global Geopark Network UNESCO 2018. Di dalam kawasan ini Teman Traveler akan menemukan macam-macam keindahan, mulai dari lanskap gunung, air terjun, ladang, dan pantai. Tentunya hal ini menjadi kebanggaan dan pencapaian tersendiri, setelah sebelumnya dua geopark seperti Batur di Bali dan Gunung Sewu di Jawa Tengah sudah terlebih dahulu menyandang status tersebut.

Rampungnya Patung GWK

Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana via Instagram/gwkbali

Kaleidoskop pariwisata Indonesia di tahun 2018 lainnya ada di Pulau Dewata. Siapa yang tak kenal dengan mahakarya yang fenomenal satu ini yakni Garuda Wisnu Kencana di Bali. Memakan waktu 30 tahun dalam pembangunannya yakni sejak 1990. Baru pada tahun 2018, tepatnya tanggal 4 Agustus patung ini rampung dan ditargetkan menjadi salah satu daya tarik wisata di tahun mendatang.

Tak berhenti di situ, fakta menarik lainnya adalah patung ini pun masuk ke dalam jajaran patung tertinggi di dunia. Memiliki tinggi 121 meter, GWK mampu mengalahkan patung Liberty di negeri Paman Sam yang punya ketinggian mencapai 93 meter.

Asian Games yang Menarik Perhatian Dunia

Asian Games 2018
Asian Games 2018 via Instagram/asiangames2018

Kemegahan dan kemeriahan yang terjadi di Asian Games masih terngiang di kepala. Menarik perhatian dunia, tahun 2018 Indonesia memiliki kesempatan menjadi tuan rumah untuk dihelatnya ajang olahraga ini. Diselenggarakan di dua kota besar, yakni Jakarta dan Palembang. Hal ini tentu dapat meningkatkan pariwisata Indonesia.

Hal heboh lainnya terjadi pada pembukaan Asian Games. Banyak orang yang terkagum-kagum akan kemewahan panggung, ribuan penari tradisional yang terlibat, hingga penampilan dari presiden Jokowidodo yang sedang mengendarai motor. Asian Games yang digelar pada tanggal 18 Agustus kemarin menjadi perbincangan di media sosial yang hangat dan masuk sebagai Trending Topic dunia. Kemeriahannya sungguh sulit untuk dilupakan. Pantas kalau kalau acara ini masuk dalam kaleidoskop pariwisata Indonesia di tahun 2018?

Gandrung Sewu

Gandrung Sewu
Gandrung Sewu via Instagram/medha_id

Salah satu daftar kaleidoskop pariwisata Indonesia di tahun 2018 lainnya adalah Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi. Melibatkan 1.173 penari, festival satu ini sukses menarik perhatian wisatawan terutama dari luar kota untuk meyaksikannya secara langsung. Tak hanya dapat menikmati penampilan dari tarian yang dilakukan, pengunjung yang datang pun juga bisa menyaksikan keindahan 1000 patung Gandrung.

Sempat masuk Trending Topic di media sosial, Mentri Pariwisata memasukkan event ini ke kalender 100 Calendar of Event National. Digelar tanggal 20 Oktober 2018, wisatawan dapat menikmati suguhan yang kental akan budaya ini dengan latar belakang Pantai Boom yang merupakan selat Bali.

Pertemuan IMF di Bali

Pertemuan IMF
Pertemuan IMF via Instagram/inaya.putribali

Telah ditetapkan sebagai tuan rumah pertemuan IMF World Bank di tahun pada tahun 2015, acara tersebut berhasil di gelar di tahun 2018 dan berlokasi di Bali. Dalam pertemuannya, IMF dihadiri oleh 189 negara dengan 20.000 partisipan. Hal tersebut sangat memberikan keuntungan bagi pariwisata Indonesia. Semakin banyaknya turis yang datang, wisata Indonesia akan semakin mudah dikenal dunia.

Orang-orang penting mulai dari Presiden bank dunia, kepala pemerintahan dari berbagai negara hadir dalam pertemuan sehingga menarik perhatian tersendir. Dengan digelarnya pertemuan ini, wisata alam, budaya, dan kuliner Indonesia diperkenalkan.

Poco Poco Dapat Rekor Dunia

Poco Poco pecahkan rekor dunia
Poco Poco pecahkan rekor dunia via Instagram/bim.mbi

Bertujuan untuk kenalkan macam-macam tari di Indonesia, pada tanggal 5 Agustus 2018 lalu Poco Poco berhasil medapatkan Guiness World Record dengan menghadirkan 65.000 penari, 1.500 instruktur, dan 5.000 panitia pendukung. Digelar di Jl. Thamrin Jakarta Pusat, acara ini pun dihadiri oleh Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana beserta wakil presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufida Kala. Keseruan memecahkan rekor ini berlangsung di Car Free Day selama dua jam lamanya. Selain menjadi bagian dari perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia, tarian poco poco ini juga menjadi penyambutan untuk pagelaran Asian Games 2018.

Konser Mariah Carey di Borobudur

Konser Mariah Carey
Konser Mariah Carey via Instagram/borobudursymphony

Para penikmat musik pasti merasa senang di tahun ini karena Indonesia kedatangan diva pop internasional yakni Mariah Carey. Acara yang bertajuk Himbara Borobudur Symphony 2018 ini diselenggarakan di Jogja tepatnya di kawasan Candi Brorobudur. Disambut positif oleh masyarakat, event ini mampu menarik perhatian 7.000 orang termasuk lokal dan mancanegara. Dengan semakin banyaknya konser yang beredar di Indonesia, hal ini menjadi keuntungan tersendiri. Pasalnya pariwisata di Indonesia akan semakin diminati wisatawan terutama dari negara asing untuk berkunjung.

Museum Macan Menjadi Deretan Tempat Terbaik di Dunia

Museum Macan
Museum Macan via Instagram/irenenenai

Diresmikan sejak bulan November tahun 2017, Museum Macan memang menarik banyak perhatian orang terutama di Indonesia sendiri. Museum ini pun masuk menjadi salah satu deretan tempat terbaik di dunia versi majalah Time. Ini merupakan museum seni modern dan kontemporer pertama di Indonesia. Pada tanggal 9 September lalu, museum macan resmi mengakhiri pameran tunggal seniman Jepang yakni Yayoi Kusama dan kembali dibuka untuk umum tanggal 17 November 2018 lalu.

Itu tadi kaleidoskop pariwisata Indonesia di tahun 2018. Berbagai hal seru yang terjadi sepanjang tahun ini, membuat Tanah Air kita ini semakin berkembang setiap tahunnya. Yuk, kita bangun pariwisata Indonesia agar semakin maju!

Tags
Indonesia kaleidoskop pariwisata 2018 Wisata Wisata Indonesia
Share