Andai di Indonesia Turun Salju, 5 Tempat Ini Bakalan Keren

Andai Indonesia juga mengalami musim salju, pasti akan keren. Kecantikannya akan bertambah berkali-kali lipat saat tertutup butiran es. Bisa bayangin, tidak? Mari berangan-angan jika di negara kita ini punya salju. Akan seindah apa ya 5 tempat wisata berikut ini?

Niagara Kecil di Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu [image source]
Seperti yang diketahui, Niagara merupakan air terjun paling besar di dunia. Letaknya ada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Ternyata Indonesia juga punya pemandangan serupa meski tak sebesar Niagara yaitu air terjun di Lumajang bernama Tumpak Sewu. Akses yang cukup mudah untuk sampai di sini juga menjadi salah satu daya pikatnya. Jika Indonesia bersalju, air terjun Tumpak Sewu ini pun akan terlihat secantik Niagara yang sedang membeku.

Niagara saat bersalju
Niagara saat bersalju [image source]

Ranu Pane yang Memikat

Ranu Pane di Lumajang
Ranu Pane di Lumajang [image source]
Pendaki gunung yang sudah pernah menginjakkan kaki di Semeru pasti kenal dengan lokasi ini. Namanya Ranu Pane, desa di kawasan Taman Nasional Bromo yang jadi tempat transit para pendaki sebelum melanjutkan pendakian ke Gunung Semeru. Dari sini, pedesaan di bawah terlihat sangat cantik. Bila saja Indonesia bersalju, maka keindahan Ranu Pane akan meningkat dan mirip dengan Shirakawago di Jepang. Setuju, kan?

Shirakawa-go, Jepang
Shirakawa-go, Jepang [image source]

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo [image source]
Untuk mencapai puncak Semeru, para pendaki biasanya akan beristirahat dan berkemah di Ranu Kumbolo. Tak hanya menginstirahatkan badan, jiwa dan batin akan seketika segar dengan pemandangan yang nampak di depan mata. Keindahan yang dimiliki Ranu Kumbolo seperti mengisi ulang energi untuk segera melanjutkan perjalanan ke puncak Semeru. Keindahan Ranu Kumbolo tidak akan kalah dengan danau Bachalpsee yang ada di Switzerland kalau Indonesia dituruni salju. Ranu Kumbolo dengan nuansa putih, wah pasti akan super keren, ya!

Bachalpsee Lake in winter
Bachalpsee Lake in winter [image source]

Brown Canyon di Semarang

Brown Canyon di Semarang
Brown Canyon di Semarang [image source]
Pasti kenal dong dengan tempat di Amerika yang dikenal dengan nama Grand Canyon? Ngarai ini terbentuk karena ukiran alami Sungai Colorado selama jutaan tahun. Saking cantiknya, Grand Canyon sempat masuk dalam 7 Keajaiban Dunia. Jangan salah, Indonesia juga punya ngarai menawan yaitu Brown Canyon di Semarang. Tebing berwarna coklat ini terlihat gagah di bawah langit biru. Bisa bayangin bagaimana kecantikan Brown Canyon saat bernuansa putih karena salju?

Grand Canyon saat musim salju
Grand Canyon saat musim salju [image source]

Hutan Pinus Lembang

Hutan Pinus Lembang
Hutan Pinus Lembang [image source]
Hutan pinus kini sedang banyak digemari.Sebut saja Andien, yang memilih hutan pinus di Lembang daripada gedung mewah untuk acara pernikahannya, sakral dan sangat cantik. Bagaimana bila keindahan hutan pinus Lembang ini berganti suasana dengan putih salju? Kecantikannya akan mirip dengan hutan pinus yang ada di Jepang.

Pine Forest in winter
Pine Forest in winter [image source]
Nah, itu tadi gambaran keindahan tempat wisata Indonesia kalau saja kita juga punya musim salju. Cantik, dan tidak akan kalah dengan luar negeri, kan?

Tags
Bandung bromo Indonesia Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Lumajang semarang
Share