Fotogenik, Kafe-Kafe untuk Ngopi ini Ada di Semarang Lho!

Coffee shop merupakan salah satu yang dapat kita temukan dengan mudahnya di sepanjang kawasan ibukota provinsi Jawa Tengah ini. Kebiasaan nongkrong yang seakan tidak bisa dipisahkan dari anak muda kekinian menjadi salah satu pemicu menjamurnya tempat ngopi di Semarang. Banyak yang menawarkan hidangan terbaik, namun sebagian juga biasa saja. Nah, berikut ini adalah daftar kedai berkualitas untuk  mereka yang mengaku para penggemar kopi.

1. Tekodeko Koffiehuis

Tampak depan bangunan Tekodeko Koffiehuis Semarang yang bergaya klasik [image source]

Tekodeko Koffiehuis terletak di Jalan Letjend Suprapto No. 44, kawasan Kota Lama Semarang. Tak sulit untuk menemukan kedai kopi yang dibuka pada awal Juni 2015 ini, karena hanya berjarak beberapa meter saja dari Stasiun Tawang dan berada tidak jauh dari Angkringan Blendoek yang cukup terkenal di kalangan anak muda. Bertempat di dalam sebuah bangunan dua lantai bergaya kuno dengan desain interior yang simple dan klasik, kafe ini sangat nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong dan ngobrol bersama teman-teman.

Salah satu spot nongkrong favorit pengunjung saat datang ke Tekodeko Koffiehuis [image source]

Suasana klasik yang kental membuat beberapa sudut ruangannya terlihat menarik dan unik, banyak spot instagramable yang bisa kamu temukan di sini. Bahkan buku menunya pun terbuat dari kertas daur ulang. Salah satu tempat duduk favorit pengunjung terletak  pada sebuah pojok menghadap ke arah jendela dimana mereka bisa menikmati kopi sembari memandang suasana Kota Lama. Area merokok tersedia di lantai 2 dengan sebagian area outdoor yang menyajikan pemandangan menawan terutama ketika malam mulai menyapa.

Secangkir kopi yang dihidangkan di Tekodeko Koffiehuis [image source]

Tekodeko Koffiehuis menyajikan berbagai variasi kopi, seperti hazelnut, caffe, vanilla, dan caramel latte, serta cappuccino, espresso, mochaccino, hingga affogato dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Sembari menunggu pesanan datang, pengunjung bisa bersantai sembari menikmati setiap sudut kafe atau menyaksikan pegawai yang sedang asik meracik kopi. Minuman lain seperti jus dan squash juga tersedia di sini.

Homemade Pasta Aglio Olio with chicken di Tekodeko Koffiehuis [image source]

Berbagai menu makanan bercita rasa spesial seperti beef sandwich, chicken sandwich, homemade pasta, aneka cake, hingga beberapa menu lokal sangat sayang jika dilewatkan. Rendang dan Chicken Curry Sandwich menjadi segelintir hidangan yang wajib dicoba jika berkunjung kemari. Kedai kopi ini buka mulai pukul 9 pagi sampai 10 malam pada hari biasa dan buka hingga jam 11 malam saat weekend. WiFi dan stop kontak yang tersedia dijamin akan membuatmu semakin betah duduk berlama-lama disana.

Lokasi : Jalan Letjend Suprapto No. 44, Kota Lama, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah

Telepon: (024) 3544501

2. The Blue Lotus Coffee House

The Blue Lotus Coffee House [image source]

The Blue Lotus Coffee House bisa dibilang bukan sembarang kedai kopi. Saking istimewanya, usaha milik Pak Hardjono Tjandra ini sudah pernah direview oleh media luar. Sejak berdiri pada tahun 2010, hingga kini kafe ini masih digadang-gadang sebagai kedai terbaik di Kota Semarang. Terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 197 Semarang, The Blue Lotus selalu berhasil memikat hati para pengunjung dengan hidangan yang berkualitas. Bangunan maupun interior kafe berdesain modern dengan dominan kayu yang digunakan sebagai furniturenya. Jika suka membaca, kamu akan menemukan sebuah rak berisi buku-buku menarik di bagian ujung koridor ruangan.

Secangkir kopi yang disajikan bersama cookies di The Blue Lotus Coffee House [image source]

Coffee micro-roaster pertama di kota Semarang ini menawarkan beraneka jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Flores, Gayo, Toraja hingga Irish dan Turki semua tersedia disini. Cara pembuatannya pun bermacam-macam, seperti drip, latte, cappucino, espresso, dan sebagainya. Dan apapun pilihan kopinya, semua yang tersaji di kedai ini dijamin sedap. Tak segan membuktikan kenikmatan kopi yang dihidangkan tanpa gula, The Blue Lotus Coffee House benar-benar surganya para pecinta kopi.

Seporsi Barbeque di The Blue Lotus Coffee House [image source]

Selain kopi, The Blue Lotus Coffee House juga menghidangkan berbagai menu makanan mulai dari dessert seperti homemade cheesecake hingga main course salah satunya barbeque. Sama seperti kopi yang dihidangkan sepenuh hati, menu lain disini pun tak kalah spesial karena pemiliknya memang tak mau main-main soal rasa. Meski harus merogoh kocek agak dalam jika ingin menikmati menu di tempat ini, tapi rasanya memang sangat pantas mengingat kualitasnya yang terjamin.

Lokasi :  Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 197, Kota Semarang

Telepon: (024) 8413575

3. Eastman Coffee House

Suasana cozy di Eastman Coffee House [image source]

Eastman Coffee House merupakan sebuah kedai kopi baru di Semarang yang opening sejak tanggal 3 Januari 2017 lalu. Namun, meski tergolong newbie, kafe yang terletak di Jalan Ahmad Yani No. 140 Semarang ini selalu dipadati pengunjung sejak awal kemunculannya. Tidak sulit untuk dapat menemukan kedai ini karena hanya berjarak kurang lebih 500 meter di sebelah timur Simpang Lima. Arsitektur bangunannya pun terlihat begitu unik dan eye-catching, sehingga dengan mudahnya mencuri perhatian siapa saja yang lewat di depannya.

Menu Affogato di Eastman Coffee House [image source]

Desain interiornya modern minimalis dengan furniture serta lantai yang menggunakan kayu sebagai bahan bakunya sehingga mampu menghidupkan kesan cozy dan tenang. Terdapat ruangan khusus merokok demi kenyamanan seluruh pengunjung. Nama kedai ini diambil dari ketua gangster di Amerika pada tahun 1932, yaitu Monk Eastman karena itu hidangan yang tersedia disini pun sebagian besar merupakan makanan khas negara tersebut.

Hidangan pancakes di Eastman Coffee House [image source]

Beraneka jenis kopi dengan berbagai cara pengolahan dan rasa yang nikmat dihidangkan setiap harinya bagi para pengunjung yang merupakan coffe addict di Semarang. Selain kopi, ada juga berbagai minuman dan makanan lain seperti Korean Beef Bowl, Patty Melt, Acai Berry Bowl, dan sebagainya. Total terdapat 28 jenis makanan dan 44 minuman yang ditawarkan di Eastman Coffee House.

Lokasi : Jl. Ahmad Yani, No. 140, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

Telepon: (024) 8316343

4. Coffee Groove

Salah satu sudut di dalam kedai Coffee Groove [image source]

Coffee Groove, merupakan sebuah kedai kopi yang terletak di Jalan Ngesrep, Tembalang dengan konsep minimalis. Berdiri sejak tahun 2011, kafe yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para penggemar kopi terutama di Semarang dan sekitarnya. Meski tidak begitu luas, namun sangat nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong maupun mengerjakan tugas bersama teman-teman karena itulah Coffee Grove tak pernah sepi pengunjung.

Salah satu hidangan kopi di Coffee Groove [image source]

Kedai kopi ini menjadi tempat favorit ngopi bagi para anak muda karena menyediakan kopi murni berkualitas dengan harga bersahabat. Berada di Jalan Ngesrep Timur 5/69 A, Tembalang, tepatnya di atas sebuah minimarket yang masih satu pemilik. Mengusung konsep minimalis dengan furniture meja dan kursi simple yang seluruhnya terbuat dari kayu menghadirkan suasana nyaman di dalam kafe.

Molten cake with ice cream merupakan salah satu hidangan snack yang tersedia di kafe ini [image source]

Selain aneka hidangan kopi, menu seperti pancake, blueberry cheese, serta berbagai makanan yang terbuat dari cokelat juga tersedia di sini. Pengunjung tak perlu menunggu pelayan untuk mengantarkan daftar menu, karena sudah tertera pada dinding sekeliling kasir dan dapur. Kedai ini buka setiap hari pada pukul 12.00 hingga 24.00 dan ditambah 30 menit saat weekend.

Lokasi : Jl. Ngesrep Tim. V, Sumurboto, Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah

Telepon: (024) 7479385

5. Able’s Coffee Shop

Kedai Able Coffee’s di Semarang [image source]

Able Coffee’s terletak di kawasan Pleburan, Jalan Singosari Raya 1 Semarang Selatan atau tepatnya di seberang Politeknik Ilmu Pelayaran. Kedai kopi yang berdiri pada tahun 2015 ini sebenarnya merupakan sebuah distro yang menjual baju, topi, sepatu dan segala macam aksesoris. Namun kemudian sang pemilik mengubahnya menjadi sebuah coffee shop karena pada saat itu di Semarang belum bermunculan kedai seperti ini.

Secangkir kopi nikmat di Able Coffee’s [image source]
Bangunan kafe tampak unik jika dilihat dari luar, menyerupai sebuah gedung tua bernuansa klasik. Saat masuk ke dalam kamu akan disambut dengan interior menarik yang sebagian besar ornamen serta furniturenya terbuat dari kayu. Suasanannya sangat nyaman, sejuk dan cukup tenang. Banyak spot lucu yang menggoda untuk diabadikan.
Menu Chicken Cordon Blue di Able Coffee’s [image source]
Berbagai hidangan kopi di kafe ini disajikan istimewa dengan menggunakan bahan berkualitas. Soal rasa, tentu dijamin enak tak seperti kedai-kedai biasa. Harga yang ditawarkan pun sangat bersahabat di kantong yaitu mulai Rp15.000,- an saja. Tak heran jika banyak anak muda khususnya dari kalangan mahasiswa sering memadati Able Coffee’s setiap harinya. Hidangan lain seperti  cokelat, greentea latte, virgin mojito juga tersedia di sini. Jika lapar, menu berat seperti Chicken Cordon Blue yang lezat, siap mengenyangkan perutmu yang keroncongan.

Lokasi : Jalan Singosari Raya 1, Kota Semarang

Telepon : 085642743834

6. Kofinary Espresso Bar

Suasana di dalam Kofinary Espresso Bar [image source]

Selanjutnya ada Kofinary Espresso Bar yang terletak di Jalan Dr. Cipto 183-A, Karangturi, Semarang. Kafe ini menjadi salah satu kedai yang juga tak main-main dalam menyajikan kopi. Berbagai hidangan mulai dari iced cappuccino hingga iced flavoured coffe frappe hazelnut tersedia di sini. Tak jarang sang barista menghias hidangannya sampai sedemikian rupa agar terlihat semakin cantik.

Aneka pilihan menu kopi di Kofinary Espresso Bar [image source]

Sama seperti kafe kekinian lainnya, Kofinary Espresso Bar juga menyajikan tempat nongkrong dengan interior yang unik dan berbeda. Berbagai hiasan dan gantungan lucu dan klasik dipasang di beberapa sudut kedai. Furniture serba kayu turut membuat suasana menjadi lebih nyaman. Tak jarang jika kafe ini kemudian dijadikan tempat mengerjakan tugas para mahasiswa, mengobrol, hingga sekedar nongkrong cantik.

Bersantai ataupun bekerja ditemani secangkir kopi dan snack di Kofinary Espresso Bar [image source]

Selain kopi sebagai hidangan andalannya, kafe ini juga menyajikan berbagai makanan berat hingga snack seperti roti yang cocok dijadikan pendamping. Beberapa sudut kafe tampak sangat menarik dan instagramable, menggoda siapa saja khususnya kaum wanita untuk berfoto di sana. Harga yang ditawarkan di kafe ini cukup terjangkau yaitu berkisar Rp.15.000,- sampai Rp. 35.000,- saja.

Lokasi : Jl. Dr. Cipto No.183-A, Karangturi, Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah

Telepon: 0856-0026-2220

7. Nestcology

Suasana di kafe Nestcology Semarang [image source]

Jika beberapa kafe sebelumnya menawarkan sajian kopi berkualitas namun ramah di kantong mahasiswa, kali ini kita beralih pada sebuah coffee shop yang membidik pasar kelas menengah ke atas. Nestcology namanya, terletak di Jalan Tambora Candi Baru Semarang. Jika ingin menikmati aneka hidangan yang unik dan berbeda, bisa langsung datang ke bagian Kelas Kopi yang ada di lantai bawah. Pemiliknya adalah Ernest Christoga yang tak lain adalah putera dari Anne Avantie, desainer kebaya tersohor di Indonesia.

Secangkir hidangan kopi di kafe Nestcology [image source]

Di kafe yang mengusung tagline Nestcology Land Of Gastronomy ini kamu bisa menikmati Cold Brew Coffee Bengkulu yang diseduh selama 8 jam dengan air es. Menggunakan konsep open kitchen, sehingga kita bisa menunggu hidangan sambil memperhatikan para barista maupun koki yang sedang sibuk membuat kopi dan makanan. Semuanya disajikan dengan cantik dan menarik layaknya kafe dan resto berkelas.

Aneka dessert yang tersedia di Nestcoloy [image source]

Bangunannya sendiri sudah tampak modern dan eksklusif jika dilihat dari kejauhan. Saat masuk ke dalam, pengunjung akan dibuat kagum dengan interiornya yang mewah nan berkelas. Pencahayaan di dalam ruangan dibuat agak temaram menimbulkan kesan elegan. Desainnya yang menawan membuat setiap sudut kafe tampak menarik untuk diabadikan, dan salah satu spot favorit pengunjung tak lain dan tak bukan adalah di lantai atas di mana para tamu bisa duduk sambil menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian.

Lokasi : Jl. Tambora No.5A, Tegalsari, Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah

Telepon: (024) 76440058

8. Strada Coffee

Strada Coffee [image source]

Satu lagi surga bagi para pecinta kopi yang ada di Kota Semarang, yaitu Strada Coffee. Terletak di Jalan S. Parman 47A dan dibuka sejak April 2012 lalu. Menyajikan kopi berkualitas ekspor asli dari beberapa daerah di Indonesia seperti Gayo asal Aceh, Mandheling ,Wamena di Papua, Floresa, Toraja, Java Mocha, dan beberapa dari luar negeri. Di sini pengunjung tidak akan menemukan sajian yang terbuat dari bahan instan.

Aneka menu selain kopi di Strada Coffee [image source]

Menu-menu yang disajikan adalah home made bercita rasa tinggi. Selain kopi, aneka pasta juga ditawarkan di kafe ini. Hanya hidangan berkualitas saja yang mereka sajikan demi kepuasan pengunjung. Buka pukul 10.00 hingga 22.00, Strada Coffee menjadi salah satu kedai kopi terpercaya di Semarang dan tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi : Jl. S. Parman No. 47A, Gajahmungkur, Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah

Telepon: (024) 8507711

Inilah 8 kedai yang tak hanya menyajikan kuliner Semarang khususnya hidangan kopi berkualitas, tapi juga menawarkan tempat dengan suasana istimewa.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner semarang
Share