Jaga Kondisi Saat Liburan, Ini 7 Kafe Sehat yang Bisa Dikunjungi di Bali

Bali sering mendapatkan julukan sebagai surga dunia. Tidak salah memang, karena indahnya pemandangan alam di sini membuat kamu seolah lepas dari ‘racun’ penatnya kehidupan perkotaan. Selain itu, Pulau Dewata juga menawarkan beragam tempat yoga menarik bagi yang ingin berlibur sembari mencari ketenangan pikiran.

Ditambah lagi, ada beragam kafe dan restoran sehat untuk para wisatawan vegetarian atau mereka yang ingin menjaga kondisinya selama berada di Bali. Karena tubuh dan kesehatan kamu juga layak untuk mendapat ‘liburan’, inilah daftar beberapa kafe dan restoran sehat yang bisa dikunjungi di Bali.

1. Watercress

Lemon Roasted Chicken di Watercress Bali via Instagram WorldyLittleBites

Sebagai salah satu pionir kafe dengan menu sehat di Bali, Watercress menawarkan beragam pilihan kuliner bertaraf Internasional. Salah satu pilihan paling populer di Watercress adalah sandwich isi kecambah yang menyegarkan. Kabarnya pengelola tempat ini menggunakan kecambah yang mereka tanam sendiri, plus tomat dan buah alpukat dari pasar tradisional yang terus dijaga mutu dan kesegarannya. Selain menu yang lezat dan menyegarkan, Watercress juga menawarkan tempat dengan desain interior tradisional yang begitu nyaman dan sederhana. Pas sekali bagi kamu yang ingin menikmati hidangan sembari berkumpul dengan sosok-sosok terdekat.

2. Fivelements Sakti Dining Room

Menu sarapan di Sakti Dining Room Fivelements Bali, via Instagram SugarliciousHK

Sakti Dining Room adalah tempat pas bagi kamu yang menggemari hidangan sayuran atau bahan mentah lainnya. Tidak perlu kaget jika menemui pengunjung yang memesan pizza, lasagna, atau pasta dalam bentuk raw di sini. Menu-menu yang ditawarkan di Sakti Dining Room dirancang khusus untuk memberikan nutrisi maksimal pada para pelanggan. Namun tentunya dengan tidak mengesampingkan hasrat dan kebutuhan energi para petualangan rasa. Selain itu desain interiornya menganut gaya eco-luxurious yang begitu memanjakan mata.

3. Earth Cafe

Salad Apukat di Earth Cafe Bali, via Instagram Earth Cafe Bali

Earth Cafe adalah restoran yang menyediakan menu vegetarian organik. Artinya di sini tidak akan ditemukan masakan mengandung tepung, gula, dan bahkan beberapa mungkin disajikan mentah. Tidak perlu khawatir soal kebersihan, karena pengelola di sini menerapkan standar penyajian ketat ala restoran Barat. Mulai dari pemilihan bahan, pengolahan, hingga penyimpanan, semuanya dilakukan dengan kehati-hatian tinggi. Semua makanan yang disajikan di sini bernutrisi tinggi dan bebas garam maupun gula, tambahan bahan kimia, pengawet, maupun minyak terhidrogenasi.

4. Nalu Bowls

Sajian granola dengan beragam topping di Nalu Bowls via Instagram Get the Glow 2018

Tempat bergaya ala Hawaii ini sudah cukup lama beroperasi di Bali. Di sini kamu bisa merasakan nikmatnya hidangan granola, semangkuk penuh oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering, dilengkapi dengan topping menggiurkan seperti kelapa, mangga, pisang, dan pepaya. Salah satu menu favorit di sini adalah Uluwatu Bowls, yang terdiri dari buah naga, pisang, strawberi, dan sedikit perasan buah apel. Banyak wisatawan sepakat jika Nalu Bowls merupakan tempat bagi mereka yang ingin merasakan semangkuk ‘surga’.

5. Alchemy

Alchemy Bali menyajikan salad dengan pengemasan menarik via Instagram Anna Coventry Yoga

Alchemy merupakan kafe pertama di Bali yang menawarkan tidak hanya menu sehat, namun toko bahan makanan organik, dan klinik khusus bagi untuk yang ingin berkonsultasi soal diet dan nutrisi. Alchemy hanya menawarkan makanan organik maupun berbahan mentah dari sayur-sayuran lokal di Bali. Semua bahan dijamin kesegarannya dan dipersiapkan langsung di dapur mereka. Menu yang ada di sini dipastikan bebas dari gula, tepung, susu, dan bahan kimia yang merugikan.

6. Cafe Organic

Burger menggiurkan untuk para vegan di Cafe Organic via Instagram Healthyui

Cafe Organic sudah cukup melegenda di antara para vegetarian di Bali. Salah satu menu favorit di sini adalah smoothie, dessert pas untuk melengkapi santapan usai menikmati varian menu sedap seperti Egg Benedict maupun salad Sushi Bowls. Semua hidangan yang ditawarkan di sini 100 persen ramah untuk para vegetarian. Dipastikan takkan ada menu yang mengandung gula atau zat kimiawi buatan.

7. Clear Cafe

Menu makanan di Clear Cafe Ubud via Instagram Last Day of Spring Blog

Menu yang ditawarkan di Clear Cafe mungkin merupakan salah satu yang terlengkap di Ubud. Beragam pilihan smoothies, jus, dan hidangan raw bisa didapatkan di sini. Berbagai pilihan hidangan bisa dipilih sesuai dengan keinginan, mulai dari sarapan, santap makan siang, hingga menu makan malam. Bagi mereka yang bukan vegetarian, tempat ini juga menyediakan menu konvensional yang tidak kalah lezatnya.

Clear Cafe juga dilengkapi dengan desain interior nyaman bergaya tradisional. Selain itu pihak pengelola juga menyediakan pertunjukan live music yang bakal membikin kamu merasa kian betah menghabiskan waktu di sini.

Itulah tadi daftar beberapa kafe yang menawarkan menu makanan sehat di Bali, cocok bagi yang vegetarian maupun ingin menjajal gaya hidup baru. Liburan memang penting, namun jangan lupa jaga kondisi selama di perjalanan.

Tags
Bali Indonesia kafe vegetarian kuliner sehat kuliner vegetarian restoran sehat restoran vegetarian
Share