Kacang Kuah Cak Yudi, Jajanan Lezat Malam Hari di Surabaya

Advertisement

Apa yang paling membuatmu ingin kembali datang ke Surabaya? Salah satunya pasti kuliner sedapnya bukan? Yap, kota pahlawan memiliki banyak makanan khas yang bikin ketagihan. Ada rujak cingur, tahu campur, hingga kupang yang nendang di lidah. Sementara kudapannya juga tidak kalah menggiurkan. Kacang kuah contohnya. Nah, kamu yang tertarik dengan jenis jajanan ini, mampirlah ke Kacang Kuah Cak Yudi. Apa keunikannya? Berikut ulasannya.

Wedang Lezat dari Olahan Kacang

Seporsi kacang kuah cak yudi
Seporsi kacang kuah cak yudi via instagram/@amazingindonesiafood

Jika Magelang punya wedang kacang, Surabaya terkenal dengan kacang kuah. Dua menu ini sebenarnya tidak jauh beda. Menu hangat yang terbuat dari olahan kacang. Namun, cara penyajiannya berbeda, begitu pula dengan rasanya. Salah satu kedai yang terkenal dengan jajanan ini adalah Kacang Kuah Cak Yudi. Letaknya di Jalan Raya Satelit Selatan Surabaya, di sekitar Graha Residence yang jadi pusatnya penjual kacang kuah dan tahwa.

kacang kuah di Surabaya yang menggiurkan
kacang kuah di Surabaya yang menggiurkan via instagram/@sasmitaedo

Jajanan Istimewa dengan Topping Cakwe

Potongan cakwe di atas kacang kuah
Potongan cakwe di atas kacang kuah via instagram/@sasmitaedo

Meski hanya berjualan dengan rombong, tapi kelezatan dari jualannya Cak Yudi tak perlu diragukan lagi. Untuk seporsi, hidangan ini disajikan dalam keadaan hangat. Isinya berupa kacang dengan kuah jahe bersantan. Tak hanya itu, ada topping istimewa yang membuatnya makin nendang. Apalagi kalau bukan dua cakwe yang dipotong-potong. Nah, menu ini sangat pas disantap saat pagi hari. Bisa juga dijadikan menu sarapan. Setuju kan?

Potongan cakwe di kacang kuah
Potongan cakwe di kacang kuah via instagram/@amazingindonesiafood

Porsi Lengkap dengan Campuran Tahwa

Porsi lengkap kuah kacang
Porsi lengkap kuah kacang via instagram/@surabayafoodies

Selain menjual kacang kuah atau juga dikenal dengan kacang kowa, Cak Yudi juga menawarkan tahwa. Nah, jika ingin menikmati menu spesial, kamu bisa mencoba mengkombinasikan keduanya. Pesan saja kacang kowa lengkap yang berisi kacang, kacang ijo, tahwa, cakwe, dan santan kental yang mirip dengan bubur. Rasanya, nendang banget. Apalagi jika kuah jahenya dalam keadaan hangat.

Tambahan santan kental di Kuah kacang
Tambahan santan kental di Kuah kacang via instagram/@amazingindonesiafood

Sarapan Murah du Kawasan Darmo Harapan

Menu kacang kuah yang menggiurkan
Menu kacang kuah yang menggiurkan via instagram/@reinaldolauw

Letaknya yang tak jauh dari kolam renang Darmo Harapan, membuat pusat kacang kuah ini difavoritkan banyak orang. Beberapa orang juga menjadi jajanan ini sebagai pengganjal lapar. Tidak hanya soal rasanya, harga seporsi kacang kuah sangatlah terjangkau. Hingga artikel ini ditulis, harganya hanya Rp6.000. Harga tersebut belum termasuk tambahan isi lainnya. Pun demikian, sangat terjangkau bukan?

Menu sarapan di Surabaya yang murah meriah
Menu sarapan di Surabaya yang murah meriah via instagram/@surabayafoodies

Itulah ulasan tentang Kacang Kuah Cak Yudi yang buka dari jam 7 pagi hingga jam 1 siang. Bagaimana, jadi kangen untuk berburu kuliner di Surabaya kan? Yuk, liburan ke Kota Pahlawan.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Kuliner Malam Surabaya kuliner surabaya Surabaya
Share