Jalan-jalan ke Kabupaten Karo, Melihat Adat dan Alam yang Serasi

Advertisement

Jika berbicara soal Sumatera Utara mungkin ingatan kita akan tertuju pada Medan sebagai ibu kotanya atau Danau Toba yang terdalam di dunia. Padahal, wilayahnya sangat luas, tentu ada banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Kota atau kabupaten lain memiliki keunikan sendiri-sendiri. Ada yang terkenal karena kebudayaannya, kemudian ada yang memiliki banyak wisata alam dan lain sebagainya. Kamu harus membuka mata  lebih lebar lagi untuk menemukan permata yang tersembunyi di bumi Sumatera Utara. Coba mulai petualanganmu dari Kabupaten Karo. Lokasinya tidak begitu jauh dari Medan. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 77 km saja. Kamu bisa membayangkan Karo seperti daerah Bogor dan Malang di Jawa.

Ini karena wilayahnya berada di atas ketinggian sehingga memungkinkan kamu untuk menikmati iklim sejuk dan udara segar. Berbagai sayuran dan buah akan sangat mudah kamu dapatkan di Karo, selain itu, alamnya yang indah membuat siapapun betah berlama-lama bahkan tinggal dan menetap di sana demi bisa mendapatkan sebuah kedamaian. Di manapun tempatnya, jika di sana ada kedamaianan, pasti ada juga kenyamanan. Lakukan saja berbagai hal seru selama berada di Karo. Misalnya saja mengunjungi beberapa tempat berikut ini.

1. Berastagi

Berastagi saat ini dikenal sebagai kawasan wisata yang ramah untuk para turis baik lokal maupun mancanegara. Salah satu destinasi yang terkenal adalah pagoda Lumbini. Tempat ibadah untuk umat Budha itu memiliki ciri khas yang unik dengan didominasi oleh warna emas. Gaya bangunan ala Myanmar akan langsung kamu lihat begitu memandang bangunan pagoda dari jauh. Meski berfungsi sebagai tempat ibadah, Pagoda Lumbini dibuka untuk wisatawan umum. Selain menelusuri bangunan unik, kamu juga bisa mengintip adat masyarakat setempat sembari membeli oleh-oleh.

Pagoda taman lumbini yg bernuansa tiongkok mrupakan tempat ibadah umat budha,skaligus sebagai icon wisata yg brada di desa tongkoh berastagi sumatra utara,pagoda ini terlihat sangat besar dan merupakan pagoda tertinggi yg ada di indonesia,apalgi spintas kalau diliyat seperti diluar negri bukan @sartikaindahfiantisiregar _____________________________________ Loc:?pagoda taman lumbini ,berastagi,SUMUT,INDONESIA ______________________________________ #travelmatesiantar #pagodatamanlumbini #pariwisatasumut #visit_sumut #exploreindonesia #pesonaindonesia #medanwisata #hellonusantara #indonesiapics #petualangsantai #indonesiantraveler_ #wonderfulindonesia #indonesiajuara #iniindonesiaku #kosadventure #ayodolan #mtma #mtmasumut #mjj_medan #explorealamindonesia_ #indotravellers

A post shared by @travelmatesiantar on

Ada yang berupa makanan atau kerajinan. Puas di pusat Berastagi, kamu bisa melipir untuk mendaki Gunung Sibayak, hingga mengintip Air Tejun Sikulikap. Jika kamu berangkat dari Pusat Kota Medan, maka kamu harus menempuh perjalanan selama beberapa jam dan menempuh jarak sejauh 63 km. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kamu bisa belanja buah dan suyuran di pasar Berastagi. Tentu harga bisa diadu dengan kualitasnya.

2. Danau Lau Kawar

Sumatera Utara nggak hanya mempesona karena Toba dan Samosir saja, tapi ada danau lain yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan. Coba datang ke Desa Kutagugung, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Di sana, kamu akan menemukan Danau Lau Kawar. Pemandangan di sana begitu keren dengan latar belakang Gunung Sinabung. Kamu bisa naik perahu atau sekadar bersantai di pinggir danau sambil menikmati udara segar khas pegunungan. Kamu bisa berangkat dari Kota Medan dan melakukan perjalanan selama 3 jam dengan jarak tempuh sekitar 7o km.

Danau Lau Kawar [image source]
Danau Lau Kawar [image source]
Dari danau kamu bisa langsung memandang Gunung Sinabung, karena lokasinya memang dekat. Kurang lebih hanya 3 km saja. Ada gazebo-gazebo yang khusus disediakan untuk pengunjung agar bisa bersantai. Saat ini pengembangan dan perbaikan terus dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung, apalagi setelah erupsi beberapa waktu yang lalu.

3. Desa Tongging

Jika kamu masih bingung antara memilih Danau Toba atau Danau Lau Kawar, bisa mengambil jalan tengah. Artinya kamu bisa menikmati dua danau di satu tempat, apalagi kalau bukan Kabupaten Karo. Selama menjelajahi Karo, sempatkan mampir ke desa wisata Tongging. Masyarakat di sana, masih mempertahankan adat dan tradisi. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi seputar ritual adat, tarian, hingga makanan dengan rasa yang mantap. Tapi yang paling menarik adalah melihat Danau Toba dari ketinggian.

Danau Toba dilihat dri Desa Tongging [Image source]
Danau Toba dilihat dri Desa Tongging [Image source]
https://www.instagram.com/p/BKBtv42jt25/?tagged=desatongging

Kamu bsia melakukan itu di Desa Tongging. Untuk sampai di sini, kamu harus menempuh perjalanan selama 2 hingga 3 jam dari Kota Medan. Sepanjang perjalanan menuju ke sini kamu akan menemukan pepohonan yang rimbun dan sejuk. Setelah puas, baru deh kamu lanjut untuk santai di Air Terjun Sipiso-piso yang tingginya sampai 120 meter.

4. Kabanjahe

Kabanjahe sudah seperti ibu kota bagi Kabupaten Karo. Pusat pemerintahan hingga ekonomi didirikan di sini. Di banding tempat lain, Kabanjahe tergolong ramai dengan berbagai aktivitas seperti perdagangan. Meski begitu, Kabanjahe juga dikenal sebagai desa wisata. Itu artinya, ada suguhan-suguhan menarik untuk memanjakan para wisatawan. Entah dengan fasilitas, maupun keramahan dalam mengenalkan adat dan kebudayaan asli Karo.  Tempat yang tepat jika kamu ingin kenal lebih dekat dengan Karo adalah Museum Jamin Ginting. Lokasinya tepat berada di Desa Suka, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo.

Rumah adat di Kabanjahe [image source]
Rumah adat di Kabanjahe [image source]
Nama Jamin Gintings sendiri adalah julukan untuk pahlawan Karo yang berusaha berjuang melawan penjajah di masa silam. Jangan lupa untuk berburu kuliner khas Sumatera Utara. kamu bisa mengunjungi pusat oleh-oleh atau langsung membelinya dari penjual di pinggir jalan.

Itulah beberapa tempat wisata di Karo yang keren-keren. Dari desa dengan budaya hingga perbukitan untuk memandang danau dari ketinggian. Semoga dengan sepenggal ulasan ini, liburanmu di Karo bisa makin menyenangkan ya guys!

Advertisement
Tags
Karo Medan sematera utara wisata karo
Share