Tempat Keren di Rinjani yang Jadi Alasan Kenapa Harus Mendaki ke Sana

Jika kamu mengaku sebagai pendaki sejati, pasti tahu tentang gunung-gunung di Indonesia. Tidak hanya satu, tapi hampir semuanya memiliki keindahan yang membuat siapapun ternganga saat melihatnya dari kejauhan. Bukan lagi kebesaran gunung yang akan kamu lihat, tapi betapa luasnya dunia ini. Ribuan meter tidak menjadi masalah, rasa lelah dan dahaga akan membuat perjalanan jadi tantangan. Begitulah para pendaki, naik ke puncak gunung bukan untuk membuktikan siapa paling hebat atau bahkan menyombongkan diri, tapi untuk bersyukur dan menikmati keindahan. Jujur saja, pasti Rinjani masuk dalam daftar teratas gunung yang paling ingin kamu taklukkan.

Letaknya ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jika menggunakan GPS kamu akan menemukan lokasinya pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT dan  tingginya mencapai 3726 mdpl. Di sepanjang jalur pendakian kamu akan disuguhi keindahan. Hutan belantara, padang rumput, hingga lembah dengan edelweiss adalah pesona dan magnet yang membuat para pendaki makin jatuh hati dengan Rinjani. Di sekitar Rinjani terdapat kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasnya mencapai  41.330 hektare. Berikut ini adalah beberapa spot-spot keren di sepanjang jalur pendakian Gunung Rinjani, selamat menikmati.

1. Segara Anak

Segara Anak
Segara Anak

Rinjani memiliki sebuah danau kawah yang cukup luas dan kelihatan cantik jika kamu menyaksikannya dari atas ketinggian. Masyarakat setempat menyebut lokasi itu dengan nama Segara Anak. Artinya adalah anak laut, mengacu pada warna air danau yang kebiruan mirip dengan lautan. Posisinya ada pada ketinggian 2000 mdpl. Segara Anak masuk dalam jalur pendakian menuju puncak Rinjani, biasanya digunakan untuk bermalam. Para pendaki bisa mendirikan tenda di dekat danau Segara Anak. Pemandangan keren akan kamu dapatkan saat pagi ketika matahari terbit, cahaya merah membias di permukaan danau yang luasnya mencapai 1.100 hektare tersebut. Sedangkan Kedalamannya sendiri mencapai 230 meter. Di danau itu juga terdapat Gunung Anak Rinjani yang mengeluarkan sumber air panas. Tak jauh dari perkemahan ada pohon besar yang dianggap keramat oleh penduduk setempat. Konon jika berdoa di dekat pohon tersebut, keinginannya akan terkabul.

2. Plawangan Sembalun

Sembalun
Sembalun

Plawangan Sembalun adalah sebuah padang dengan pesona yang keren. Ini adalah salah satu alasan kenapa para pendaki banyak yang datang ke Rinjani. Sebuah padang di atas ketinggian bisa kamu nikmati. Sabana yang luas, dengan melewati Sembalun, kamu juga akan melihat Segara Anak. Jalur pendakiannya lebih panjang daripada rute lain seperti Senaru. Namun, medannya tidak terlalu menanjak. Biasanya para pendaki akan melewati Sembalun ketika berangkat, kemudian turun lewat jalur Senaru. Di Sembalun kamu juga bisa melihat edelweiss, bunga yang menyimbolkan keabadian.

3. Batu Ceper

Batu Ceper
Batu Ceper

Batu Ceper adalah tempat yang akan kamu temukan saat melewati jalur pendakian Gunung Rinjani menuju Plawangan Senaru. Jika kamu berangkat pada pukul 06.00, kemungkinan akan sampai di Batu Ceper pada pukul 9 Pagi. Dari sini menuju Plawangan Senaru bisa ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan. Dari Batu Ceper inilah kamu bisa menikmati pemandangan Segara Anak dengan sudut yang lebih keren. Tempat yang pas untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto atau video.

4. Puncak Rinjani

Puncak Rinjani
Puncak Rinjani

Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, untuk sampai di  puncaknya kamu harus menaklukan ketinggian 3726 mdpl. Perkemahan terakhir bisa didirikan di Sembalun, sebelum berangkat menuju puncak. Untuk mengejar momen matahari terbit, kamu bisa melanjutkan pendakian pada pukul 03.00 pagi. Bersiaplah karena kamu akan menghadapi medan batu dan pasir yang menantang. Namun setelah sampai di puncak, kamu boleh berbangga diri karena keberhasilan menahan lelah agar bisa menginjakkan kaki di gunung tercantik Indonesia tersebut.

5. Bukit Penyesalan

Bukit Penyesalan
Bukit Penyesalan

Bukit Penyesalan adalah ujian untuk para pendaki, begitulah orang-orang menyebutnya. Kamu harus menghadapi bukit-bukit dengan medan yang tidak mudah dilalui antara Pintu Sembalun dan Plawangan Sembalun. Selain jalan yang curam, kamu juga akan keluar masuk hutan. Bahkan juga bisa merasakan kengerian karena pepohonan yang lebat memberikan kesan angker. Karena rutenya yang berat, maka para pendaki harus mempersiapkan fisik dengan matang. Jika memang tidak kuat, jangan memaksakan diri karena keselamatan adalah hal yang paling penting daripada berburu keindahan dan kenangan.

6. Padang Savana

Padang Savana
Padang Savana

Bukan hanya hutan yang akan kamu lewati, tapi ada suatu tempat yang mirip dengan negeri-negeri dongeng. Suasananya begitu damai dan keren menampilkan pemandangan menakjubkan. Rerumputan tumbuh liar, ada yang masih segar dan sebagian lagi sudah mulai menguning. Itulah padang savana atau padang rumput. Beberapa gunung lain juga memiliki padang savana, namun Rinjani memiliki satu yang tercantik. Kamu bisa menikmatinya di beberapa titik sepanjang jalur pendakian Rinjani baik lewat Sembalun maupun Senaru.

7. Sendang Gile

Sendang Gile
Sendang Gile

Setelah naik ke puncak dan menikmati Lombok dari ketinggian, kamu bisa melipir ke destinasi wisata yang ada di kaki Gunung Rinjani. Salah satunya adalah  Air Terjun Sendang Gile. letaknya ada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Air yang mengalir di sini juga berasal dari Gunung Rinjani. Karena lokasinya yang ada di kawasan taman nasional, maka kamu harus menempuh jalur yang panjang. ratusan anak tangga akan menghadangmu termasuk juga lembah dan jembatan berlubang. Namun setelah sampai, kamu akan disuguhi dengan keindahan yang mempesona.

 

 

Itulah beberapa spot keren di sepanjang jalur pendakian Gunung Rinjani. Jadi kapan kamu akan ke sana dan membuktikan sendiri keindahannya? Tapi ingat untuk selalu menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Tags
Gunung gunung indonesia Gunung Rinjani Lombok Pendakian rinjani
Share