JPO Gladhag, Spot Nongkrong Ecofriendly Baru di Solo

Apa yang ada di benak Teman Traveler ketika menginjakkan kaki ke Solo? Mungkin beberapa tempat yang dituju seperti Keraton, Taman Sriwedari, Pasar Triwindu, dan masih banyak lagi. Namun bagaimana dengan jembatan penyebrangan? Cukup aneh, namun JPO Gladhag menjadi spot nongkrong baru di Surakarta. Kira-kira apa yang membuatnya menarik ya? Intip yuk!

Baru Diresmikan

Eco JPO Gladhag
Eco JPO Gladhag via Instagram/adrsyhh___

Berbeda dari yang lain, JPO Gladhag Panti Husada menjadi jembatan penyebrangan ramah lingkungan yang ada di Solo. Dalam bahasa Jawa nama Gladhag berarti jembatan sedangkan Panti Husada berarti tempat keselamatan.

Menjadi salah satu spot baru bagi warga Surakarta, Eco JPO belum lama diresmikan tepatnya hari Jumat tanggal 10 Mei 2019 lalu. JPO ini menjadi inovasi pertama sekaligus proyek percontohan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ramah Lingkungan

Jembatan penyebrangan ramah lingkungan
Jembatan penyebrangan ramah lingkungan via Instagram/bagoesir20

Jika biasanya jembatan penyebrangan diberi penerangan listrik, Eco JPO Gladhag menggunakan panel surya dengan energi sinar matahari sebagai penerangan dan air hujan untuk menyiram tanaman. Selain itu, ada berbagai fasilitas yang disediakan seperti Port Charger, CCTV untuk keamanan, taman, hingga lift.

Semua masyarakat pun dapat menggunakannya termasuk bagi penyandang disabilitas. Pembangunan Eco JPO ditujukan sebagai jembatan penyebrangan multifungsi yakni sebagai tempat rekreasi dan objek wisata untuk berfoto.

Tampilan Instagenic

Tampilan instagenic
Tampilan instagenic via Instagram/setyobudisan

Jembatan ini pun dihias dengan begitu apik dan nyentrik. Teman Traveler dapat menemukan ornamen wayang, ukiran batik serta arsitektural bangunan yang mengusung budaya lokal. Selain berfungsi sebagai tempat penyebrangan jembatan juga menjadi salah satu spot foto kota Solo.

Strategis

Stasiun Solojebres
Stasiun Solojebres via Instagram/brantasfamilia

Eco JPO sepanjang 29 meter tersebut terletak di depan RSUD dr. Moewardi yang alamatnya berada di Jl. Kolonel Sutarto No.132, Jebres. Lokasinya sangat strategis karena berada di pusat kota dan berdekatan dengan Stasiun Solojebres, Pasar Rejosari, bangunan bersejarah seperti Tugu Cembengan, dan lain-lain. Hal tersebut juga akan memudahkan Teman Traveler bagi yang ingin berwisata.

Nah, itulah yang membuat JPO Gladhag menarik dan menjadi salah satu spot nongkrong baru bagi warga Solo. Bagaimana, tertarik untuk mampir ke sini?

Tags
Indonesia Wisata
Share