Tampilan JPO Baru di Jakarta yang Instagenic, Serasa Sedang di Singapura

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Tampilan sederet JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) anyar di Jakarta kian menambah cantik beberapa titik ibu kota. Bentuknya artistik, dilengkapi dengan lampu-lampu cantik, dengan deretan gedung-gedung tinggi sebagai latar belakang.

Melakukan aktivitas di sekitar kawasan JPO anyar jadi terasa berbeda. Seolah sedang berjalan-jalan di negeri tetangga Singapura. Seperti apa cantiknya JPO baru di Jakarta ini? Berikut ulasannya!

1. JPO Senayan

JPO Senayan yang Instagenic via Instagram/ prisfebrian

JPO Bundaran Senayan berada di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Salah satu JPO baru di Jakarta ini lantainya terbuat dari kayu komposit, memudahkan para penyandang disabilitas untuk menggunakannya. Membentang sepanjang 68 meter, jembatan ini hadir dengan desain sangat artistik.

JPO Senayang Siang Hari via Instagram/prisfebrian

Lorong jembatan dilengkapi lampu-lampu temaram untuk memudahkan pejalan melintas di malam hari. Fasilitas umum nan cantik ini juga memiliki lift yang sepenuhnya terintegrasi dengan halte bus Transjakarta dan MRT.

2. JPO Dukuh Atas

JPO Dukuh Atas yang Cantik via Instagram/ ianaryani

JPO Dukuh Atas selesai direvitalisasi pada 4 Januari 2019 lalu. Salah satu pedestrian bridge baru di Jakarta ini menggantikan JPO lama yang membentang di tengah Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Jembatan ini berfungsi menghubungkan JPO Dukuh Atas bagian timur dan Halte Transjakarta Dukuh Atas 2.

JPO Dukuh Atas Berdesain Artistik via Instagram/ yurin2pix

JPO Dukuh Atas juga mengusung desain artistik. Hiasan lempengan segi enam berwarna monokrom: abu-abu, hitam, serta putih, menghiasi sepanjang dinding JPO. Fasilitas penyebrangan ini juga dilengkapi atap dan pijakan untuk membuat pejalan kaki merasa nyaman.

3. JPO Sumarno

JPO Sumarno juga tak kalah cantik via Instagram/ herutheruru

JPO Sumarno di Penggilingan, Jakarta Timur, sudah mulai dibuka untuk umum pada 20 Desember 2018. JPO ini didesain dengan menggabungkan gaya modern serta lokal. Bagian atapnya sengaja dibentuk bergelombang dan nampak futuristik. Pada malam hari lampu-lampu dengan warna tenang akan dinyalakan dan membuat tampilannya jadi lebih cantik.

Lampu di JPO Sumarno yang Cantik via Instagram/ wisnu_hidayat

Selain mengusung desain artistik, JPO Sumarno juga dilengkapi lift. Fasilitas ini berguna untuk memudahkan lansia, ibu hamil serta penyandang disabilitas saat akan menyebrang jalan.

4. JPO Gelora Bung Karno

JPO GBK dengan Bentuk yang Artistik via Instagram/ js_portraiture

JPO baru di Jakarta selanjutnya masih ada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, yaitu JPO Gelora Bung Karno. Jembatan ini dibangun dengan desain tak kalah artistik. Menggunakan ornamen berbentuk kotak putih yang dipasang secara spiral, dari jauh fasilitas umum ini tampak cantik.

Tampilan JPO GBK yang Mirip Singapura via Instagram/ trip.addicts

Deretan JPO baru di Jakarta ini sengaja direvitalisasi dengan desain artistik dan modern. Selain fungsional, juga berguna untuk menambah kecantikan tata letak kota. Apalagi di malam hari deretan jembatan tersebut tampak serasi dengan lampu dari gedung-gedung tinggi di sekitarnya. Suasana jadi tak jauh beda dengan di Singapura.

Selain menjadi jembatan penyebrangan, JPO tersebut juga bisa jadi spot foto instagenic. Siapa yang penasaran ingin coba foto di sini? Boleh saja, namun pastikan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Mampir ke sini saat liburan ke Jakarta ya.