Tempat Wisata Gratis di Jakarta, Sukses Berlibur Tanpa Bikin Kantong Jebol!

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Tempat wisata gratis di Jakarta Tempat wisata gratis di Jakarta

Kota Jakarta memang terkenal akan gaya hidupnya yang tinggi dan mahal. Sekarang ini sangat sulit untuk menemukan sesuatu yang gratis, bahkan untuk ke kamar mandi saja harus membayar. Tetapi, Teman Traveler tidak perlu khawatir jika hanya memiliki budget pas-pasan namun ingin pergi berlibur. Travelingyuk akan memberikan deretan tempat wisata gratis di Jakarta yang bisa dikunjungi siapa saja. Langsung simak yuk!

Museum di Tengah Kebun

Museum di Tengah Kebun
Museum di Tengah Kebun via Instagram/rsuyudono

Teman Traveler bisa berkunjung ke Museum di Tengah Kebun yang berlokasi di Jl. Kemang Timur Raya No. 66, Jakarta Selatan. Tidak perlu bayar, Teman Traveler sudah bisa melihat sekaligus mempelajari berbagai koleksi topeng, patung, hingga fossil yang berasal dari Masa Triassic di Pulau Jawa. Museum ini memiliki sebanyak 2.841 koleksi dan tersebar di 17 ruangan yang terletak di bangunan utama yang berukuran 700 meter persegi. Tak hanya itu, yang menjadi keunikan adalah barang-barang tersebut juga disebar di halaman pada taman seluas 3.500 meter persegi. Semua koleksi yang ada di wisata gratis di Jakarta ini berasal dari 63 negara dan 21 provinsi di Indonesia. Keren, kan?

Museum Art Mon Decor

Museum Art Mon Decor
Museum Art Mon Decor via Instagram/cikaanzalna

Salah satu rekomendasi dari Travelingyuk adalah Art Mon Decor yang terletak di Jalan Rajawali Selatan Raya No. 3-5, Jakarta Pusat. Untuk menikmati hasil karya berupa lukisan dan karya seni rupa lainnya, para pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya masuk. Hal uniknya adalah koleksi yang ada di museum ini selalu berganti setiap 6 bulan sekali. Jadi, pengunjung yang datang bisa menikmati karya seni yang berbeda-beda.

Di lantai pertama, pengunjung akan disajikan dengan lukisan kontemporer hasil karya seniman Indonesia. Lantai kedua, Art Mon Decor menyajikan hasil karya dari para pelukis master. Terkahir di lantai ketiga, karya dari pelukis ternama juga ada baik dalam dan luar negeri, salah satunya karya milik Srihadi Soedarsono.

Taman Situlembang

Taman Situlembang Jakarta
Taman Situlembang Jakarta via Instagram/rossyrostiawati

Adanya ruang terbuka hijau di tengah hiruk pikuknya perkotaan menjadi suatu kebutuhan bagi warga Jakarta. Jika Teman Traveler ingin menikmati suasana yang asri, bisa langsung datang ke Taman Situlembang yang ada di Jalan Lembang Terusan D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Dikelola oleh Dinas Pertamanan Pemprov DKI, taman ini dihadirkan tidak hanya ramah lingkungan, melainkan juga ramah untuk anak-anak.

Tampak beberapa mainan anak disediakan di wisata gratis di Jakarta satu ini, seperti ayunan, seluncuran, jungkat-jungkit, dan lain-lain. Para pengunjung yang datang juga dapat berwisata kuliner karena terdapat beberapa pedagang yang menjajakan makanan, mulai dari gado-gado, nasi goreng, sate, ketoprak, dan lain-lain. Menariknya lagi, tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Taman Ayodya

Taman ayodya di Jakarta
Taman ayodya di Jakarta via Instagram/gusnawantjan

Tidak hanya beristirahat dan menikmati suasana taman, pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas berupa tempat nongkrong, danau buatan, sarana olahraga, jalur sepeda, dan lain-lain. Berlokasi di Jl. Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Taman Ayodya memberikan fasilitas bagi penyandang cacat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya jalur untuk kursi roda atau tongkat, begitupun dengan toiletnya. Dengan begitu, para penyandang cacat tidak perlu khawatir untuk datang ke taman ini. Pengunjung yang datang juga tidak dikenakan biaya masuk.

Itulah sekian tempat wisata gratis di Jakarta. Siapa bilang liburan di Ibukota harus bayar mahal? Bagaimana, kapan nih mau jelajah Jakarta? Jangan lupa juga untuk singgah dan menikmati eskotisnya Kota Tua. Setuju, kan?