JogjaBike, Cara Seru Keliling Malioboro

Jogja punya banyak hal yang selalu bikin orang rindu untuk mampir kembali. Mulai dari kuliner murah nan enak, suasana romantis, hingga destinasi wisata Instagenic. Nah, kabar bagus buat Teman Traveler yang berencana mampir lagi ke Jogja, khususnya ke kawasan Malioboro. Kini ada inovasi anyar bernama JogjaBike.

JogjaBike merupakan fasilitas peminjaman sepeda daring dengan skema bike sharing. Teman Traveler kini bisa rasakan sensasi anyar berkeliling Kota Gudeg dengan mengayuh sepeda. Asyik banget, bukan?

Kerjasama Pemerintah dengan Startup Lokal

dscf5112_ZUK.jpg
Bersepeda di sekitar kawasan Bank Indonesia (c) Nurlaili/Travelingyuk

JogjaBike adalah merupakan sebuah trobosan baru dari Pemerintah Kota Yogyakarta, bekerja sama dengan salah satu startup lokal, PT Trijaya Komunika. Layanan ini sudah diluncurkan sejak November 2018 dan diklaim menggunakan sumber daya lokal. Mulai dari unit sepeda, perangkat smartlock, serta aplikasinya, semua asli berasal dari Indonesia.

Dengan kehadiran layanan ini, wisatawan bisa menikmati suasana Jogja dengan cara unik. Bersepeda bisa jadi opsi lebih praktis dibandingkan berjalan kaki. Selain itu servis ini diharapkan bisa makin mengukuhkan citra Kota Gudeg sebagai kota ramah sepeda. 

Cara Menggunakan

dscf5131_PXB.jpg
Papan petunjuk peminjaman (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Jika Teman Traveler tertarik menggunakan layanan ini, caranya
cukup mudah kok. Langsung saja pasang aplikasinya di smartphone kalian. Begitu rampung, datanglah ke salah satu shelter pit dan pindai barcode yang tersedia. Kalian bakal langsung mendapatkan pinjaman satu unit sepeda di Malioboro.

Tarifnya hanya Rp5.000 per jam. Bisa dibayarkan menggunakan saldo di aplikasi. Jika saldo Teman Traveler masih kosong, tidak perlu khawatir. Di tiap shelter ada petugas jaga dan kalian bisa langsung top up di sana. 

Lokasi Shelter Pit

dscf4987_3kV.jpg
Sepeda di Shelter Pit (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sampai saat ini sudah ada lima shelter pit di kawasan Malioboro. Masing-masing bisa Teman Traveler temukan di dekat di Loko Café Stasiun Tugu, Malioboro Mall, Kepatihan atau Kantor Gubernur DIY, Museum Vredeburg dan Taman Pintar. Di masa mendatang, Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan pertambahan sepeda menjadi 1.000 unit dengan 15 shelter pit.

Durasi Peminjaman

dscf5093_recovered_Kr8.jpg
Bersepeda di sekitar Kampung Ketandan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Layanan ini bisa Teman Traveler akses mulai pukul 06.00 hingga 21.00, dengan durasi peminjaman lima jam. Wilayah yang bisa diakses untuk sementara ini hanya sekitaran Malioboro, mengingat sepeda yang disewakan adalah sepeda onthel.

Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Pemerintah Yogyakarta mulai mengusahakan hadirnya sepeda gunung alias MTB (mountain bike). Fasilitas ini diharapkan akan semakin menarik minat wisatawan bersepeda, sebab jarak yang ditempuh bisa lebih jauh dibanding menggunakan onthel.

Itulah sedikit informasi mengenai layanan JogjaBike, cara asyik keliling sekitar Malioboro. Buat Teman Traveler yang berencana keliling wisata Jogja dan bosan hanya berjalan kaki di sekitar sana, boleh segera coba program terbaru ini ya.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share