Uji Coba Pedestrian Malioboro Supaya Sepi Kendaraan Bermotor ala Car Free Day

Dua hari yang lalu adalah hari dimulainya pemberlakuan uji coba semi pedestrian Malioboro, Yogyakarta. Kalian yang ingin merasakan nikmatnya jalan kaki dari Grand Inna Malioboro hingga Titik Nol Yogyakarta tanpa diganggu oleh kendaraan bermotor bisa ke sana sekarang juga. Uji coba ini diharapkan dapat menaikkan citra Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata favorit.

Jam Berlaku dan Kantong Parkir Pedestrian Malioboro

Tidak ada kendaraan bermotor yang lewat di siang hari via instagram/tiazuli

Hari tanpa kendaraan bermotor di pedestrian Malioboro dimulai dari Selasa, 18 Juni, hingga Kamis, 20 Juni, pukul 6 pagi hingga pukul 9 malam. Pelaksanaannya belum total sih karena rute kendaraan bermotor masih ada yang melintasi sepenggal jalan Malioboro yaitu kawasan depan gedung DPRD, Malioboro Mall hingga Dagen (Depan Hotel Mutiara). Kalian masih bisa melewati kawasan ini menggunakan mobil dan motor sesuai petunjuk arah yang berlaku.

Kantong parkir juga telah disediakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di antaranya  di Jalan Abubakar Ali, daerah Beskalan, Jalan Senopati, daerah Bong Suwung hingga Kridosono.

Rute yang Dialihkan

Rute Lalu Lintas dialihkan via instagram/malioboro_insta

Kebijakan pedestrian Malioboro ini harapannya bisa dilakukan dalam jangka panjang, oleh karena itu sejumlah rambu telah dipasang untuk mendukung kebijakan tersebut. Teman traveler yang saat ini berada di Yogyakarta dan bepergian menggunakan kendaraan bermotor dari arah barat Malioboro, silakan mengambil rute via Sosrowijayan, kemudian belok  kanan melewati depan gedung DPRD, dilanjutkan belok kiri menuju jalan Perwakilan. Pengendara yang datang dari arah Timur bisa melewati Jalan Suryatmajan terus sampai Pajeksan.

Ambulans dan Transyogya Masih Bisa Lewat

Sepeda kayuh masih bisa lewat via instagram/malioboro_insta

Kendaraan bermotor umum seperti Trans Yogya, Ambulans dan Pemadam Kebakaran masih bisa lewat. Kendaraan lain yang diperbolehkan lewat area Malioboro adalah andong, sepeda kayuh, dan becak kayuh. Momen langka ini banyak dipergunakan oleh orang-orang untuk mengayuh sepeda sepanjang Jalan Malioboro lho.

Pengecualian diberikan kepada pengunjung yang mau lewat  untuk masuk hotel di seputar Malioboro. Untuk menuju hotel atau mall, kalian bisa keluar lewat jalan Pajeksan ke arah barat.

Tukang Becak Ramai Pelanggan

Tukang becak ramai pelanggan via instagram/malioboro_insta

Suuasana Jalan Malioboro mirip Car Free Day di berbagai kota Indonesia. Pengunjung  banyak yang berfoto dan berjalan di tengah jalan. Kalian yang ingin berbelanja oleh-oleh atau sekedar berjalan-jalan di Malioboro juga bisa menyewa sepeda gratis hingga naik becak.

Tukang becak kayuh di Malioboro dua hari ini kebanjiran rezeki karena jumlah penumpang meningkat seiring ditutupnya jalanan di Malioboro untuk kendaraan bermotor. Banyak pejalan kaki yang ingin ke pertokoan dekat nol kilometer memilih naik becak sambil menikmati suasana.

Yuk, jangan sampai ketinggalan menikmati suasana pedestrian Malioboro yang sepi kendaraan bermotor. Segera meluncur ke sana dan buat foto-foto serumu, Teman Traveler!

Tags
Indonesia info terbaru Malioboro Yogyakarta
Share