Jiwajawi Jogja, Asyiknya Sensasi Makan di Tengah Hutan

Hai Teman Traveler, bagaimana kabarnya? Sudah ada rencana menghabiskan akhir pekan? Bagi kalian yang punya rencana ke Jogja dan bosan dengan kawasan Malioboro, bisa coba menepi sejenak ke Bantul. Kalian bisa menemukan rumah makan asyik bernama Jiwajawi Jogja.

Salah satu sudut Jiwajawi (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Teman Traveler bisa makan sembari menikmati keheningan, jauh dari penatnya rutinitas. Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya main-main di Jiwajawi.

Sensasi Makan di Tengah Hutan

Menu camilan ringan (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Beroperasi mulai akhir Januari 2019, Jiwajawi terletak di Jalan Bangunjiwo Podo Asih, Salakan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Jogja. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Bisa ditempuh dengan perjalanan antara 45-60 menit.

Suasana hijau di sekitar resto (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Memang sedikit jauh, namun semua bakal terbayar usai Teman Traveler sampai di lokasi. Kalian akan dimanjakan suasana hening, jauh dari hiruk pikuk kota. Cocok dijadikan tempat menenangkan diri sembari menghirup udara segar sebanyak-banyaknya. Apalagi rumah makan ini berdiri di tengah hutan kecil, bisa dibayangkan betapa segar dan ademnya bukan?

Beragam Sudut Instagenic

Salah satu sudut Instagenic (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Tepat di area masuk resto, Teman Traveler akan melihat sebuah gerbang masuk dengan desain ikonik. Tempat ini jadi salah satu favorit pengunjung untuk berfoto ria. Apalagi antara gerbang dan area resto dihubungkan dengan jembatan yang melintas di atas kolam. Sungguh indah dan Instagenic.

Sampai di area utama, Teman Traveler bakal disuguhi pemandangan taman luas nan asri. Ada juga joglo mungil untuk sembahyang di sisi kiri gerbang masuk. Tak jauh dari sini, kalian bisa menemukan joglo utama dengan deretan tempat duduk dan dekorasi khas Jawa.

Begitu melewati joglo utama, jangan lupa sapukan pandangan ke arah kiri. Teman Traveler bisa melihat sebuah bangunan unik dengan arsitektur ala Eropa. Di sini terdapat dapur, pantry, dan tempat makan indoor dengan sentuhan lebih modern.

Gerbang dengan bentuk unik (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa coba makan di area outdoor, lokasinya hanya terpisah satu lantai dari joglo bagian luar. Kalian akan menemukan beberapa meja dan kursi kayu besar. Jika cuaca sedang tak terlalu terik, bersantap di sini bakal berikan sensasi beda dan mengasyikkan.

Tak jauh dari sini, ada sebuah hutan kecil. Teman Traveler tinggal ikuti sebuah tangga kecil ke arah bawah. Di sana kalian bakal mendapati beberapa meja dan kursi batu. Rasakan asyiknya sensasi bersantap di tengah hutan.

Bagi yang ingin makan ala-ala tamasya, bisa meminta karpet untuk makan lesehan di taman belakang. Pastinya seru deh, apalagi jika Teman Traveler datang bersama rombongan keluarga, teman, maupun komunitas.

Kulineran Sembari Menyepi Sejenak

Tiap sudut pancarkan nuansa alami (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Setelah panjang lebar bicara soal konsep dan dekorasi, saatnya membahas makanan dan minuman yang disuguhkan. Jiwajawi menyediakan aneka menu unik serta lengkap, mulai dari makanan pembuka, utama, penutup, hingga beragam beverages.

Harganya dibandrol antara Rp5.000 hingga Rp50.000. Namun tak hanya makanan, Jiwajawi Jogja memiliki daya tarik tersendiri dari menu minuman yang disajikan. Saat berkunjung ke sini, saya sempat memesan Kawista, minuman sirup campur soda dengan sentuhan batang serai. Rasanya tak terlalu manis, menyegarkan, dengan wangi khas.

Jiwajawi Jogja juga dikenal punya sederet makanan penutup inovatif. Jika biasanya es doger dan es teler hadir dalam bentuk minuman, di sini kedua menu tersebut disajikan berupa kue dengan cita rasa bombastis. Dua sajian ini sangat laris dan jadi favorit pengunjung. Teman Traveler benar-benar wajib mencoba jika tengah mengunjungi resto ini.

Suguhkan Pengalaman Memuaskan

Suasana tenang di dalam resto (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Dilihat dari alamatnya, Jiwajawi memang berada cukup jauh dari Jogja. Namun percayalah Teman Traveler, untuk merasakan sesuatu yang indah kadang kita memang harus sedikit berjuang. Yakinlah bahwa semua upaya yang kalian lakukan untuk mengunjungi resto ini akan terbayar lunas. Dijamin bakal puas.

Selain hadirkan makanan lezat, resto ini juga tawarkan pemandangan asri, fasilitas lengkap, parkiran luas, dan sudut-sudut indah nan Instagenic. Ditambah lagi pelayanannya sangat solutif dan prima. Para pelayan dengan sabar memberikan penjelasan detail, sehingga saya tak bingung mencari tempat duduk maupun memilih menu.

Berfoto di salah satu sudut Jiwajawi (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Pokoknya, jangan lupa kunjungi Jiwajawi jika Teman Traveler sedang berada di Jogja. Selamat berlibur!

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share