Menjelajah Distrik Jiufen di Taiwan, Kawasan Fotogenik di Taiwan

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Luar Negeri

Taiwan adalah negara yang memiliki status sengketa. Bahkan, keberadaannya pun belum diakui secara resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Meskipun belum mendapat banyak pengakuan, Taiwan adalah negara industri yang maju dan produktif. Negara ini dikenal sebagai pengembang sekaligus produsen berbagai macam produk elektronik. Seperti Asus, Acer, BenQ, hingga HTC. Jangan lupakan juga soal wisata Taiwan. Ada berbagai destinasi yang menarik. Seperti distrik Jiufen di Taiwan ini.

Jiufen Old Street

Wisata Taiwan
Kawasan Old Street yang dihiasi dengan lampion via instagram/ytraumco

Saat tiba di Distrik Jiufen di Taiwan, sebagian besar wisatawan langsung menuju ke Old Street, sebuah gang sempit yang dipenuhi dengan toko-toko suvenir dan restoran. Karenanya kawasan Old Street juga menjadi tempat yang tepat untuk berwisata kuliner. Makanan yang cocok untuk musim panas dan dingin disajikan di kawasan ini. Menunya pun berubah sesuai musim. Selain itu terdapat Rumah Teh Jiufen A Mei yang menggunakan bangunan kayu yang indah dan terawat dengan baik.

Gold Ecological Park

wisata Taiwan
Emas murni dengan berat 220.30 kg dengan kadar 99.9% via instagram/ikailopez

Jarak Desa Jinguashi terletak tak jauh dari Jiufen, hanya memakan waktu singkat jika ditempuh dengan bus. Suasananya lebih tenang dan pemandangannya bahkan lebih spektakuler daripada di Jiufen. Daya tarik utama desa ini adalah Gold Ecological Park, sebuah warisan penambangan emas Jinguashi. Pastikan untuk singgah pada catatan rekor 220.30 kg emas murni 99.9% yang dipajang di museum tempat ini. Teman Traveler juga dapat menjelajahi terowongan pertambangan lama untuk mengetahui kondisi yang harus dihadapi penambang saat melakukan penggalian dan penambangan.

Air Terjun Golden

wisata taiwan
Air Terjun Golden via instagram/throughandreaseyes

Lokasinya berada di utara Jinguashi dan di kawasan pantai, tak jauh dari Gold Ecological Park. Teman Traveler dapat menemukan air terjun luar biasa yang terletak tepat di tepi jalan. Meskipun emas asli tak mungkin mengalir bersama air terjun ini, airnya tetap berwarna keemasan. Warna tersebut berasal dari mineral selama operasi penambangan dan mengendap di sungai. Uniknya lagi, sumbernya berasal dari air tanah. Kalau Teman Traveler adalah fotografer, tempat ini layak untuk masuk itinerary perjalananmu.

Wisata Taiwan dengan Sunset yang Mengagumkan

Wisata Taiwan
Pemandangan sunset di Jiufen via instagram/travel.brooks

Saat hampir tiba waktu makan malam, pastikan Teman Traveler kembali ke kawasan Jiufen. Terlebih lagi saat cuaca sedang dalam kondisi cerah. Kota yang berada di pegunungan tersebut menghadap ke barat laut. Artinya sunset di sini akan terlihat indah dengan latar belakang pantai. Matahari terbenam bisa sangat luar biasa dan dramatis, terutama ketika ada hamburan awan di langit.

Meskipun dikenal sebagai penghasil produk elektronik, tak wisata Taiwan tidak ada yang memukau. Empat lokasi yang telah disebutkan pada poin di atas adalah beberapa contohnya.