Cara Unik Jepang Promosikan Pariwisatanya, Mulai Dari Tokoh Anime sampai Drone Anjing

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Info Terbaru
Cara Unik Jepang Promosikan Pariwisatanya Cara Unik Jepang Promosikan Pariwisatanya

Negeri Sakura selalu bisa membuat pelancong takjub. Seperti cara unik Jepang promosikan pariwisatanya lewat video. Mereka melibatkan karakter yang tidak biasa, mulai dari tokoh anime sampai drone anjing. Namun, keanehan tersebut bisa membuat wisatawan semakin penasaran dengan negara indah ini. Mau tahu seperti apa caranya? Yuk, simak ulasannya.

Drone Berbentuk Anjing

Drone Anjing Jalan-jalan via Youtube
Drone Anjing Jalan-jalan via Youtube

Cara unik Jepang promosikan pariwisatanya dilakukan oleh Kota Oji di Prefektur Nara. Dalam video yang diunggah di sebuah platform, Teman Traveler dapat melihat drone berbentuk anjing berjalan-jalan berkeliling kota. Melewati makam Yukimaru, kuil-kuil, jembatan, stasiun, dan lainnya.

Karakter ini konon terinpisrasi dari Yukimaru, anjing peliharaan seorang pangeran, yang berperan penting dalam sejarah. Makam Yukimaru sendiri berlokasi di Kota Oji dan diklaim sebagai salah satu atraksi menariknya.

Hatsune Miku

Hatsune Miku Promo Kuliner Jepang via tasteofjapan-videos.jp
Hatsune Miku Promo Kuliner Jepang via tasteofjapan-videos.jp

Hatsune Miku merupakan tokoh virtual yang didapuk oleh Kementrian Pertanian, Kehutanan, dan Kelautan Jepang. Sebagai pemandu wisata demi mempromosikan kuliner Jepang. Di dalam video, Miku berjalan-jalan ke seluruh penjuru Jepang. Mencicip beragam kuliner lokal, mulai dari sashimi ikan fugu, tuna, sampai sukiyaki.

Miku adalah tokoh virtual yang selalu perform dengan bernyanyi. Begitu pula di video ini, dia pun menyanyikan penganan yang dia makan. Bahkan campaign ini sampai punya situs resminya. Teman Traveler jadi pingin icip kuliner Jepang langsung di tempat asalnya?

Monyet Jalan-jalan

Monyet Jalan-jalan via Instagram @kikuciyo
Monyet Jalan-jalan via Instagram @kikuciyo

Kota Oita juga punya cara unik promosikan pariwisatanya, dengan melibatkan seekor monyet. Karakter ini mengenakan pakaian manusia, kemudian traveling menyusuri kota. Mulai dari naik kereta, kemudian mampir ke beberapa destinasi wisata. Di antaranya pemandian air panas, museum seni, dan menjajal kuliner lokal.

Lalu dia sampai ke Takasakiyama Wild Monkey Park dan bertemu dengan monyet perempuan. Karakter ini pun diceritakan jatuh cinta sampai membawakan bunga untuk si monyet perempuan. Penonton diajak mengikuti alur cerita yang sebenarnya biasa, namun karakternya berbeda. Diharapkan hal itu bisa membuat penasaran calon wisatawan.

Manusia Berkepala Anjing

Manusia Berkepala Anjing via Youtube
Manusia Berkepala Anjing via Youtube

Kalau yang satu ini adalah cara unik Jepang promosikan pariwisatanya, yang terbilang aneh. Prefektur Akitar yang memang terkenal dengan anjing Akita. Melibatkan karakter fiktif yaitu perempuan berkepala anjing. Sekelompok makhluk tersebut berperan sebagai idol, mengenalkan wisata di kawasan ini. Anehnya, audionya hanya berisi gonggongan anjing.

Ada-ada saja ya cara Jepang ini. Bagaimana menurut Teman Traveler? Apakah semakin tertarik untuk liburan di Jepang?