5 Jenis Rambutan di Indonesia, Victoria Beckham Suka Banget!

Saat berkunjung ke Dubai untuk menghadiri World Fashion 2019, Victoria Beckham disuguhi rambutan yang disediakan sebagai pencuci mulut. Istri David Beckham ini dibuat takjub karena rasanya yang manis legit. Soal buah eksotis ini, Indonesia adalah juaranya. Yuk kita kulik beberapa jenis rambutan di Indonesia yang paling disuka!

Rambutan Rapiah 

jenis rambutan di indonesia
Rambutan Rapiah via instagram/tropicalsagegarden

Jenis pertama yang ada di Indonesia adalah Rambutan Rapiah. Buah yang berasal dari Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan jenis rambutan lainnya. Meskipun begitu, rasanya super manis, sehingga banyak disukai oleh masyarakat. Daging buahnya tebal, bertekstur kenyal serta daging buahnya yang ngelotok dari biji. Ciri fisik buah ini adalah berambut pendek, jarang dan kasar. Warna kulitnya hijau, kuning dan sedikit kemerahan. 

Rambutan Binjai 

jenis rambutan di indonesia
Rambutan Binjai via instagram/bibit_buah_tabulampot_jateng

Untuk yang satu ini, jenisnya sangat populer di Indonesia. Namanya adalah Rambutan Binjai yang berasal dari Binjai, Sumatera Utara. Rambutan ini memiliki ciri berwarna merah dengan bagian ujung yang kehijauan. Pada bagian dalamnya, rambutan ini berdaging tebal dan ngelotok dari biji. Untuk rasanya sendiri sangat manis, Teman Traveler. 

Rambutan Antalagi 

Rambutan Antalagi via instagram/lovelychantique

Di kawasan Sungai Andai, Kalimantan Selatan ada rambutan yang belum banyak diketahui. Namanya adalah Rambutan Antalagi yang mempunyai rasa manis dan aroma kuat. Buah Rambutan Antalagi ini memiliki bentuk yang agak berbeda. Dengan bentuk bulat memanjang, sedikit pipih dan buahnya memiliki rambut yang pendek berwarna hijau serta sedikit kuning. 

Rambutan Garuda

Rambutan Garuda via instagram/aang.pinandari

Masih di Sungai Andai, Kalimantan Selatan, ada juga rambutan bernama Garuda. Keunggulannya adalah memiliki rasa manis, daging buahnya tebal dan ukurannya besar. Kalau ingin membelinya, rambutan ini mempunyai ciri warna merah dan ujungnya agak kekuningan. 

Rambutan Kapulasan 

Rambutan Kapulasan via instagram/fjlie 

Beralih sedikit ke Kalimantan Tengah, ada Rambutan Kapulasan yang bentuknya cukup unik. Dengan rambut buah yang sangat pendek, kaku dan cukup lebat. Warnanya merah kecoklatan dengan kulit tebal, namun teksturnya kenyal dan kering. Kalau untuk dagingnya tidak mengandung banyak air dan memiliki rasa asam manis. 

Itulah jenis rambutan yang ada di Indonesia. Ternyata ada beragam jenis yang dapat kalian temukan dengan ciri khas masing-masing. Kalau kalian sudah pernah cicipi rambutan yang mana nih? 

Tags
DKI Jakarta Indonesia jenis rambutan di indonesia Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah kuliner Sumatera Utara
Share