Ini Dia Jenis Kurma yang Mungkin Kamu Belum Tahu, Doyan yang Mana Nih?

Ramadan selalu berhasil menyebarkan nuansa hangat. Ada banyak sajian khusus Ramadan yang selalu ditunggu-tunggu. Misalnya opor ayam di Jawa dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, ada takjil yang juga muncul hanya saat menjelang lebaran, seperti kurma. Ternyata ada banyak macam jenis kurma, lho. Kamu pernah makan yang mana saja?

1. Kurma Ajwah

Kurma Ajwa
Kurma Ajwa via Facebook/Dwi Puspita Sari

Kurma Ajwah juga dikenal sebagai ‘kurma nabi’. Hal ini dikarenakan macam jenis kurma yang satu ini favorit Nabi Muhammad SAW. Menurut cerita para sahabat, nabi memakan tujuh buah kurma ajwah setiap pagi. Ajwa termasuk premium yang harganya lebih mahal dari jenis lainnya. Warnanya pun berbeda, yaitu lebih hitam dengan rasa manis yang awet di mulut.

2. Kurma Thoory

Kurma Thoory
Kurma Thoory via Instagram/@onigiriz

Macam jenis kurma lainnya adalah Thoory. Dikenal Kurma Thuri yang identik dengan warnanya yang kecoklatan dan kemerahan. Kulitnya sangat kering, kadang hingga sulit dimakan. Namun, rasa dagingnya tetap manis, kok. Kurma jenis ini banyak ditemukan di Indonesia karena awet dan bisa tahan lama.

3. Kurma Deglet Noor

Kurma Deglet Noor
Kurma Deglet Noor via Instagram/@terrasoul

Kurma Deglet Noor adalah jenis yang paling terkenal di Libia dan Amerika. Namanya diambil dari bahasa Arab yang berarti acahaya. Ini dikarenakan warna kulit jenis kurma yang satu ini berwarna keemasan seperti bercahaya. Bagi yang tak terlalu suka dengan rasa manis, kurma jenis ini bisa menjadi alternatif. Dagingnya pun tidak keras.

4. Kurma Zaghloul

Kurma Zaghloul
Kurma Zaghloul via Facebook/Suara Pasuruan

Jenis kurma lain yang juga bikin penasaran untuk dicoba adalah Zaghloul. Jenis ini merupakan yang paling mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu yang memakannya. Warnanya kemerahan dan rasanya sangat manis. Uniknya, rasa manis dari jenis kurma yang satu ini tetap melekat di lidah dalam waktu yang cukup lama.

5. Kurma Sukari

Kurma sukari
Kurma sukari via Instagram/@mutiakitchen

Kurma Sukari juga termasuk jenis kurma yang banyak ditemukan di Indonesia. Dagingnya super lembut dengan rasa manis yang khas. Warna kulitnya coklat keemasan. Harganya pun lebih mahal dibanding dengan jenis kurma kebanyakan yang ada di pasaran.

6. Kurma Mozafati

Kurma Mozafati
Kurma Mozafati via Instagram/@sarahjhz

Seperti namanya, jenis kurma Mozafati banyak tumbuh di Mozafati, Persia. Kurma jenis ini bisa bertahan lama, bahkan hingga dua tahun jika dibekukan. Rasanya manis dengan daging buah yang lembut. Warna kulit kurma Mozafati cenderung lebih gelap dan ukurannya tidak terlalu besar.

Nah, ini hanya beberapa jenis kurma dan masih banyak yang lainnya. Bagaimana, kamu pernah mencoba yang mana nih?

Tags
Indonesia kuliner macam jenis kurma
Share