Ketahui Jenis Jamu di Indonesia, Rahasia Kebugaran Presiden Jokowi

Pada Selasa (23/7/2019), lewat video di akun Instagram resminya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita mengenai ramuan jamu yang biasa dikonsumsinya sejak 18 tahun lalu. Jamu itulah yang membuatnya bisa bugar dalam berbagai aktivitas. Belum diketahui jenis jamu tersebut, namun merupakan campuran dari jahe, temulawak, dan kunyit.

Ada banyak jenis jamu di Indonesia banyak. Minuman herbal khas Indonesia ini telah ada sejak zaman nenek moyang dahulu. Nah, Travelingyuk akan memberikan beberapa jenis jamu dan manfaatnya.

Kunyit Asam

Kunyit Asam, via Instagram/ibugiyem
Kunyit Asam, via Instagram/ibugiyem

Kunyit asam atau kunir asam merupakan salah satu jenis jamu yang banyak dicari. Bahan utama pembuatannya adalah kunyit dan asam jawa yang diberi tambahan gula merah, temulawak, dan beberapa rempah lainnya. Manfaat utama pembuatan minuman tradisional ini adalah mengatasi sakit perut dan digadang-gadang dapat mencerahkan kulit. Kunyit asam ini enak dikonsumsi secara langsung ataupun diberi es.

Beras Kencur

Beras kencur, via Instagram/bakoolbooster.id
Beras kencur, via Instagram/bakoolbooster.id

Tidak kalah kondang dari yang sebelumnya ada beras kencur. Bahan-bahan pembuatnya adalah beras, sari kencur, sari jahe, dan asam. Rasanya begitu menyegarkan dan cocok diminum untuk siapa saja, anak-anak sampai dengan orang tua. Nah, manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi beras kencur secara teratur adalah meningkatkan nafsu makan, menambah stamina, dan menghilangkan pegal linu.

Sinom

Jamu sinom, via Instagram/rahmad_mk
Jamu sinom, via Instagram/rahmad_mk

Jika dilihat sekilas, sinom akan terlihat menyerupai kunyit asam. Namun bahan utama pembuatannya adalah sinom (daun asam yang masih muda) ditambah dengan kunyit, temulawak, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah, dan gula pasir. Manfaat sinom ini adalah mengatasi peradangan pada lambung, penambah nafsu makan, dan meminimalisir keputihan pada perempuan.

Pahitan

Jamu pahitan, via Instagram/drinksunny
Jamu pahitan, via Instagram/drinksunny

Selanjutnya ada jamu jenis pahitan yang berbahan baku utama daun sambiloto. Ada tambahan lainnya, mulai dari brotowali, kunyit, dan lain-lain. Seperti namanya, rasanya memang sangat pahit. Namun khasiatnya tak main-main lho. Mulai dari mengatasi pegal-pegal, menambah nafsu makan, sampai dengan mencegah diabetes.

Manfaatnya sangat banyak ya Teman Traveler, maka dari itulah yuk mulai sekarang membiasakan diri dengan jamu. Bisa mendapatkan khasiatnya sembari melestarikan minuman asli Indonesia. Mana nih jamu favoritmu?

Tags
Indonesia jenis jamu Jokowi kuliner presiden jokowi
Share