Macam Handuk di Hotel yang Harus Kamu Ketahui, Jangan Sampai Salah Pakai

Saat ini ada banyak alasan untuk menginap di hotel. Dari yang sedang traveling, ada dinas luar dari kantor, atau bahkan menang kuis menginap gratis di hotel berbintang. Di hotel mewah biasanya disediakan berbagai jenis handuk. Nah, daripada salah pakai, lebih baik mencari tahu fungsi dari masing-masing handuk yang disediakan. Simak ulasan jenis handuk hotel berikut ini!

1. Wash Cloth

Wash Cloth dengan amenities hotel berbintang
Wash Cloth dengan amenities hotel berbintang via The Ritz-Carlton Shops

Wash Cloth merupakan handuk paling kecil, biasanya berbentuk persegi. Handuk ini biasanya disiapkan bersama dengan sederetan amenities yang disiapkan hotel. Handuk ini gunanya untuk membersihkan wajah, bisa juga untuk seluruh badan. Caranya adalah dengan meneteskan sabun pada handuk yang sudah dibasahi lebih dulu, baru kemudian diusapkan ke wajah untuk mencuci muka.

2. Hand Towel

Hand towel di hotel
Hand towel di hotel via Hilton to Home

Ada juga Hand Towel. Seperti namanya, handuk ini digunakan untuk mengeringkan tangan setelah mencucinya. Gunakan handuk ini juga untuk mengeringkan tangan setelah mencuci muka dan kapanpun tangan basah. Jangan mencampurnya dengan handuk untuk wajah, ya. Biasanya handuk ini berbentuk persegi panjang, namun tidak terlalu lebar.

3. Bath Mat

Bath mat di hotel
Bath mat di hotel via Pinterest

Selain hand towel, ada juga bath mat. Bentuknya juga persegi panjang, namun ukurannya sedikit lebih lebar dari hand towel. Handuk ini bukan untuk tangan atau badan, tapi untuk diletakkan di lantai kamar mandi agar kamu tidak terselip karena lantai yang basah. Kamu biasanya menemukan handuk ini di atas toilet, atau sudah berada di lantai. Beberapa hotel membuat bath mat dengan warna yang berbeda, namun banyak juga yang menyediakan semua handuk dengan satu warna saja.

4. Bath Towel

Bath Towel di hotel untuk rambut
Bath Towel di hotel untuk rambut via Round Beach Towel & Beach Towel

Kemudian ada bath towel yang ukurannya lebih lebar dari bath mat. Handuk ini berguna untuk mengeringkan rambut setelah selesai keramas. Handuk ini juga bisa untuk mengeringkan badan bagian atas. Jadi, tak perlu bingung kehabisan handuk jika ingin membungkus rambut dengan handuk, ya.

5. Bath Sheet

Bath sheet di hotel untuk badan via Instagram/@whatsthehelen

Bath sheet adalah yang paling lebar. Handuk ini berguna untuk mengeringkan seluruh badanmu setelah mandi. Handuk ini juga bisa untuk membungkus seluruh badanmu atau mengikatnya di pinggang. Jangan gunakan handuk super lebar ini untuk rambutmu, karena akan lama kering dan kamu tidak bisa menggunakannya lagi.

6. Bath Robes

Bath robes di hotel
Bath robes di hotel via Instagram/@whatsthehelen

Disediakan juga bath robes atau jubah mandi. Beberapa hotel membuat jubah ini dengan bahan handuk sehingga bisa cepat mengeringkan badan setelah dipakai. Bisa digunakan jika selesai mandi atau setelah berenang. Jubah jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan kerah dan ikat pinggang. Spa di hotel-hotel juga menggunakan handuk untuk jubahnya.

Nah, sekarang jadi tak takut salah menggunakan handuk di hotel, bukan? Untuk meminta ganti handuk yang sudah digunakan dengan yang baru, kamu cukup meletakkan handuk kotormu di lantai. Petugas kebersihan hotel akan menggantinya untukmu. Bagaimana, siapa nih yang pernah salah pakai handuk?

Tags
Akomodasi Indonesia jenis handuk hotel tips dan inspirasi
Share