Ini Lho Perbedaan Hotel Bintang Satu Sampai Lima

Buat kamu yang suka traveling, pasti pernah booking hotel via online ataupun browsing memilih hotel mana yang akan jadi tempat istirahatmu di kota tujuan wisatamu. Nah, selain harga promo yang kamu cari, di online travel agent juga disebutkan berapa bintang yang dimiliki suatu hotel. Bintang yang dimiliki sebuah hotel juga mendapat pengawasan yang ketat serta harus ada sertifikasinya. Hal ini untuk menjaga kualitas pelayanan dan fasilitas selalu prima dan tidak mengecewakan pengunjung. Apa sih bedanya bintang 1 sampai 5? Simak informasi berikut agar kamu tak salah pilih akomodasimu!

Hotel Bintang 1, Jumlah Kamar Sedikit dan Fasilitas Sederhana

Hotel bintang satu dengan budget yang ekonomis [image source]
Biasanya, hotel bintang satu kerap kali menjadi pilihan untuk para backpacker atau muda-mudi yang traveling bareng teman-temennya. Hotel bintang 1 dikelola oleh pemiliknya langsung, bukan dari sebuah perusahaan yang memang terjun dalam bidang akomodasi. Batasannya, hotel bintang 1 diharuskan memiliki minimal 15 kamar dengan kamar mandi yang berada di dalam kamar. Memang perbedaan antara hotel bintang 1 dengan hotel melati bintang 3 sangat tipis, sama-sama minimal harus memiliki 15 kamar. Yang membedakan adalah, hotel bintang satu diharuskan memiliki restoran sendiri.

Hotel bintang satu yang mungil, nyaman untuk beristirahat [image source]

Hotel Bintang 2 Punya Suite Room Lho

Hotel bintang dua dengan desain interior yang compact [image source]
Baru terpaut satu bintang, tapi perbedaan yang ada ternyata lumayan. Selain memiliki batas minimal 20 kamar, untuk mendapatkan bintang dua, hotel-hotel ini diharuskan memiliki setidaknya satu kamar suite. Alasannya, agar tamu dapat memilih kamar seperti apa yang nyaman untuk beristirahat. Fasilitas seperti AC, TV, dan perangkat telefon juga harus tersedia di dalam kamar. Lobby untuk menerima tamu juga diharuskan tersedia di hotel bintang 2.

Kamar yang disediakan pada ibis budget
Kamar yang disediakan pada ibis budget [image source]

Hotel Bintang 3 Opsi Terbaik Bersama Keluarga

Fasilitas kolam renang menjadi daya tarik untuk pengunjung [image source]
Setiap bintang memiliki segemen pasar yang berbeda pula. Hotel bintang 3 biasanya menjadi pilihan ketika berlibur bersama keluarga. Karena, standar hotel tiga bintang setidaknya terletak di samping jalan raya, memiliki minimal 30 kamar dan 2 kamar suites. Kebanyakan, hotel bintang 3 memiliki beberapa fasilitas yang disediakan untuk pengunjungnya. Seperti kolam renang sederhana juga tempat olah raga. Juga diharuskan untuk menyediakan setidaknya sarapan untuk para pengunjung.

ibis style Petingenget [image source]
ibis style Petingenget [image source]

Hotel Bintang 4, Dilengkapi Kolam Renang dan Fasilitas Pendukung

Komaneka at Monkey Forest [image source]
Komaneka at Monkey Forest [image source]
Jika rate hotel sebelumnya mengutamakan fasilitas-fasilitas dasar, yang dibicarakan pada hotel bintang empat tentunya sudah berbeda. Hotel bintang empat diharuskan memiliki restoran dan bar sendiri, sehingga tamu juga bisa bersantai di hotel. Begitu pula dengan fasilitas seperti kolam renang yang bagus serta gym yang memang disediakan untuk pengunjung. Letaknya, kebanyakan hotel berbintang empat mengambil lokasi yang strategis. Untuk standart kamar, minimal hotel bintang empat memiliki 50 kamar standar serta 3 kamar suite.

Mercure Bali Nusa Dua [image source]
Mercure Bali Nusa Dua [image source]

Hotel Bintang 5, Pelayanan dan Fasilitas Mewah

Kemewahan di hotel bintang lima [image source]
Hotel bintang lima merupakan hotel paling mewah di antara golongannya. Segala fasilitas juga diharuskan tersedia di kelas hotel yang satu ini. Tamu, adalah hal yang paling utama untuk hotel dengan bintang 5. Maka dari itu ketika ada tamu yang datang sambutannya akan luar biasa bak raja. Pertama kali memasuki hotel bintang lima biasanya kamu akan disambut dengan welcome drink serta fasilitas mini bar di kamar. Hotel mewah ini memiliki minimal kamar standar sejumlah 100 kamar dan 4 kamar suite. Bahkan, tempat tidur ataupun perabotan yang digunakan di kamar juga harus memiliki kualitas nomor wahid. Untuk service tidak perlu dipertanyakan lagi, hotel bintang lima memiliki layanan restoran yang bisa diantar ke kamar selama 24 jam dan fasilitas lain yang begitu lengkap.

Pelayanan terbaik dan super istimewa di hotel bintang lima [image source]
Dari beberapa fasilitas dan perbedaan yang ada dari hotel-hotel di atas, hotel dengan bintang berapa yang akan kamu pilih sebagai persinggahanmu?

Tags
hotel Indonesia
Share