Wisata Jembatan Merah di Indonesia, Tempat Rekreasi Sampai Saksi Sejarah

Ragam destinasi wisata banyak sekali jenisnya. Ada wisata alam, buatan, sampai dengan peninggalan bersejarah. Peninggalan bersejarah ini bisa bangunan, barang-barang ataupun beragam jenis lainnya. Jembatan, juga masuk ke dalam salah satu ragam destinasi wisata yang bisa dibidik keindahannya. Selain jadi penghubung jalan, jembatan juga banyak dijadikan destinasi wisata. Yuk intip jembatan merah di Indonesia yang populer jadi kawasan wisata.

Jembatan Merah Surabaya

Jembatan Merah Surabaya, Via Instagram/arinanurfianti
Jembatan Merah Surabaya, Via Instagram/arinanurfianti

Jembatan Merah Surabaya merupakan salah satu destinasi yang sangat populer di Indonesia. Ini merupakan salah satu monumen sejarah di Surabaya yang memang dibiarkan seperti adanya, sebagai jembatan. Lokasinya berada di Jl. Kembang Jepun No. 192, Kelurahan Pabean Cantian, Kecamatan Krembangan, Surabaya.

Secara fisik memang tidak ada yeng istimewa dari jembatan merah di Indonesia satu ini, tapi lokasi ini adalah bangunan bukti sejarah Indonesia yang masih sering dikunjungi untuk mengenang berbagai jasa pahlawan yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan.

Jembatan Merah di Bogor

Jembatan Merah Bogor, Via Instagram/lusitania_hsr
Jembatan Merah Bogor, Via Instagram/lusitania_hsr

Jembatan Merah di Bogor, Jawa Barat juga menjadi salah satu iko bersejarah lainnya yang bisa dikujungi. Konon, jembatan ini telah dibangun pada tahun 1881 bersamaan dengan diresmikannya stasiun Bogor. Nah, seperti halnya Jembatan Merah Surabaya, yang berada di Bogor ini juga menjadi saksi bisu perjuangan tentara BKR melawan penjajah Belanda.

Dari awal berdirinya sudah memiliki warna merah bata. Sekarang ini menjadi salah satu ikon yang sangat bersejarah di Kota Hujan. Bogor tak hanya memiliki satu jembatan merah tapi ada dua, yang satunya lagi berada di Kebun Raya Bogor.

Jembatan Merah Malino

Jembatan Merah Malino, Via Instagram/beautiful_celebes
Jembatan Merah Malino, Via Instagram/beautiful_celebes

Jembatan merah di Indonesia satu ini juga jadi saksi sejarah. Berada di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Goa yaitu Jembatan Merah Malino. Lokasinya begitu cantik di kelilingi pepohonan hijau. Perpaduan warna merah dari jembatan dipadu dengan hijau dari pepohonan, sangat asri dan cantik. Tak jarang wisatawan berfoto di sini, lokasinya memang bikin terpesona.

Lalu ada pula Jembatan Merah Holtekamp

Jembatan Holtekamp, Via Instagram/keishawanggai
Jembatan Holtekamp, Via Instagram/keishawanggai

Jembatan Merah Holtekamp yang berada di Jayapura, Papua. Ini merupakan jembatan yang bisa dibilang sangat baru. Dan jembatan ini menjadi salah satu solusi dari permasalahan kepadatan penduduk di Jayapura. Jembatan merah ini digadang-gadang bakal menjadi landmark atau ikon baru dari Papua. Karena memang sampai sekarang ini belum jadi sepenuhnya rampung, diprediksi bulan Desember 2018 akan selesai. Meskipun belum rampung sudah ada wisatawan yang mengabadikan momen di Jembatan Merah Holtekam.

Warnanya yang sangat mencolok membuat jajaran jembatan merah yang sudah disebutkan di atas jadi serbuan para wisatawan. Nah, mana yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi?

Tags
Indonesia jembatan merah surabaya Wisata
Share