4 Jembatan Unik dan Bersejarah di Indonesia, Bikin Makin Cinta Tanah Air

Dengan kontur permukaan yang terdiri dari perbukitan, sungai, dan selat, maka tak heran jika Teman Traveler dapat menemukan banyak jembatan di Indonesia. Fungsinya untuk menyambungkan berbagai daerah yang terpisah oleh sungai besar. Tak hanya itu, ternyata ada banyak kisah yang menjadikan jembatan-jembatan unik tersebut menarik untuk dikunjungi. Berikut ini jembatan unik dan bersejarah di Indonesia.

1. Jembatan Kelok Sembilan

Jembatan Kelok 9 via shutterstock.com

Keunikan Jembatan kelok 9 disebabkan karena lokasinya berada di antara perbukitan. Jembatan ini menjadi salah satu ikon wisata Sumatera Barat. Nama tersebut diambil karena desainnya yang berkelok-kelok, bahkan jika lihat dari atas mirip angka 9. Meski diresmikan pada 2013, namun usia jembatan yang memiliki panjang mencapai 2,5 km itu disebut-sebut telah berusia 107 tahun. Kabarnya jembatan unik ini dibangun pada masa kolonial Belanda tahun 1910.

2. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera via shutterstock.com

Jembatan unik lainnya ada di Palembang. Dikenal dengan corak merahnya, ternyata Jembatan Ampera pernah beberapa kali ganti warna. Pertama kali didirikan pada tahun 1962, jembatan ini berwarna abu-abu. Tahun 1992 jembatan ikonik ini dicat ulang dengan warna kuning. Barulah pada tahun 2002 hingga kini Jembatan Ampera memiliki warna merah yang mencolok.

3. Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang via instagram/rismarestiani92

Ini merupakan satu-satuya jembatan tertua non beton. Jembatan menakjubkan ini terbentuk dari jalinan dua akar pohon beringin yang tumbuh berseberangan di atas aliran sungai batang Bayang, pesisir selatan, Sumatera Barat. Jembatan di Nagari Puluik ini mulai dibentuk pada tahun 1890 dan baru dapat digunakan pada tahun 1916. Artinya, proses merajut akar menjadi jembatan unik ini membutuhkan waktu sekitar 26 tahun.

4. Jembatan Merah

Jembatan Merah via travel.tribunnews.com

Jembatan Merah merupakan salah satu tempat yang ikonik di Surabaya. Tak hanya karena warnanya mencolok dan terletak di kawasan perdagangan, jembatan ini memiliki sejarah yang luar biasa. Tempat ini juga menjadi lokasi pecahnya pertempuran anatara pejuang Indonesia dengan pasukan Inggris. Di tempat ini pula pahlawan Indonesia dapat melumpuhkan pemimpin pasukan Inggris Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby.

Jembatan memang berfungsi sebagai penghubung beberapa daerah di Indonesia. Namun saat ini, tak sedikit jembatan unik yang juga menjadi ikon dan tempat wisata. Bagaimana, mana yang sudah pernah kamu kunjungi?

Tags
Indonesia Jembatan Wisata
Share