4 Jembatan Gantung Nusantara yang Jadi Tempat Hits

Dengan bentuk lansekap Indonesia yang memiliki banyak gunung, bukit, dan lembah, tak heran jika terdapat banyak jembatan yang tersebar di nusantara. Bentuknya juga beragam, mulai dari jembatan permanen hingga gantung. Jembatan tersebut biasa berfungsi untuk menyeberangi ngarai ataupun danau. Seperti apa ya bentuk jembatan gantung ini? Simak di poin berikut ini ya.

Jembatan Gantung Situ Gunung

Bentangan Jembatan Gantung Situ Gunung via instagram
Bentangan Jembatan Gantung Situ Gunung via instagram/@keishaanindya98

Jembatan ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Penghubung dua bukit ini memiliki panjang mencapai 240 meter dan menggantung setinggi 146 meter di atas tanah. Karena begitu tinggi, saat berjalan di jembatan ini kamu berada di atas pepohonan rindang yang berbentuk seperti kanopi.

Jembatan Gantung Lahat

Jembatan Lahat terbentang di atas Sungai Lematang via instagram
Jembatan Lahat terbentang di atas Sungai Lematang via instagram/@blastoop

Dengan keberadaan Sungai Lematang yang membelah Kabupaten Lahat, membuat daerah ini memiliki banyak jembatan yang berfungsi sebagai penghubung, jembatan ini salah satunya. Membentang sepanjang 310 meter di atas sungau Lematang, membuat jembatan ini menjadi yang terpanjang di Sumatera Selatan.

Jembatan Gantung Selopamioro

Jembatan Gantung Selopamioro via instagram
Jembatan Gantung Selopamioro via instagram/@kecukk

Datang ke Imogiri, tak melulu bermain air di pantai atau berteduh di sejuknya hutan pinus. Jembatan Selopamioro juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berada di atas Sungai Oyo, kawasan sekitar jembatan juga masih cukup asri. Tak jauh dari jembatan kuning bermaterial kayu dan besi tersebut, kamu juga dapat menemukan terasiring persawahan. Tapi saat paling tepat datang ke tempat ini adalah saat sunset tiba.

Jembatan Gantung Waduk Selorejo

Pemandangan sunrise dari sekitar Jembatan Gantung Waduk Selorejo via instagram
Pemandangan sunrise dari sekitar Jembatan Gantung Waduk Selorejo via instagram/@taufiknag

Waduk Selorejo adalah salah satu wisata andalan yang terletak di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Pemandangannya memang memikat, latar belakang pegunungan yang terbentang di belakang waduk adalah alasannya. Tempat ini pun juga memiliki jembatan gantung untuk menghubungkan dua area. Agar pengunjung tak perlu lagi mengitari danau.

Selain dinilai dari segi fungsinya, jembatan gantung juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para traveler. Tak heran jika beberapa dari jembatan tersebut sering menghiasi linimasa media sosial. Dari empat tempat di atas, mana yang sudah pernah kamu kunjungi?

 

Tags
Indonesia jembatan gantung Wisata
Share