Bukit Kapur Rengel Tuban, Keeksotisan Alam di Perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah

Sebagai kota penghasil batu kapur,Tuban Jawa Timur memiliki banyak perbukitan kapur yang tersebar di beberapa tempat. Salah satu lokasi yang ngehits di media sosial dengan beragam keindahan yang disuguhkan adalah Bukit Rengel. Lokasinya benar-benar bagus saat diabadikan ke dalam foto.

Bukit Rengel merupakan destinasi wisata yang terdapat di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lokasinya eksotis dan menyuguhkan panorama yang berbeda dari yang lainnya. Perpaduan keindahan antara putihnya perbukitan kapur dan hijaunya pepohonan di sekitarnya.

Bukit Kapur Hits sejak 2016

Kecantikan destinasi wisata alam Tuban, Via Instagram kholifatul.rosida
Kecantikan destinasi wisata alam Tuban, Via Instagram kholifatul.rosida

Bukit Rengel ternyata sudah hits dan banyak diburu sejak tahun 2016 yang lalu. Bidikan kamera yang berisi spot Bukit Rengel ini sudah banyak mondar-mandir di berbagai media sosial, terutama Instagram. Bahkan, ada yang menyerupai otak manusia berwarna putih di dalam foto, Instagenic dan unik sekali Bukit Rengel ini.

Spot Berburu Sunset

Gunung Kapur di sekitaran lokasi, Via Instagram tuban.hits
Gunung Kapur di sekitaran lokasi, Via Instagram tuban.hits

Hal utama yang paling asyik dilakukan di lokasi ini adalah berburu sunset. Keindahan langit jingga di sore hari berpadu istimewa dengan lekukan-lekukan perbukitan kapur bekas penambangan batu. Panorama yang sangat mempesona, kamu akan mendapatkan foto yang sangat ciamik. Datang kapan saja sebenarnya tidak masalah, panoramanya tetap istimewa dengan ataupun tanpa sunset.

Mampir ke Gua Nyerong

Gua Ngerong yang dihuni ratusan kelelawar dan ikan, Via Instagram ilovetuban
Gua Ngerong yang dihuni ratusan kelelawar dan ikan, Via Instagram ilovetuban

Setelah berfoto-foto di sekitaran Bukit Rengel, kamu selanjutnya bisa melipir ke Gua Nyerong yang lokasinya tidak terlalu jauh. Gua ini dihuni oleh ribuan kelelawar. Tapi satu hal yang pasti, panorama alam di sekitaran Gua Nyerong juga pantas untuk diabadikan ke dalam foto yang cantik.

Tak hanya wisata alam yang mempesona, Gua Nyerong juga memiliki mitos yang berhasil menyedot para pengunjung. Konon di dalam Gua Nyerong ini terdapat ikan buta dan juga lele yang hanya tinggal kepala, tulang dan juga ekor namun masih hidup. Katanya, hanya pada waktu tertentu saja kedua hewan tersebut menampakkan diri. Dan warga sekitar percaya jika ikan tersebut merupakan ratunya. Sehingga tak ada seorangpun yang berani menangkap ikan tersebut.

Tiket Masuk ke Bukit Rengel

Keeksotisan alam yang cantik, Via Instagram dicenirma
Keeksotisan alam yang cantik, Via Instagram dicenirma

Tak ada biaya masuk yang ditarik saat kamu ingin berkunjung ke Bukit Rengel. Hanya saja, perlu membayar biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Selanjutnya jika ingin berjelajah di Gua Nyerong akan dikenai retribusi sebesar Rp5.000 dan itu sudah termasuk parkir. Harga-harga tiket tersebut berlaku pada saat artikel ini dibuat.

Lokasi di sekitaran wisata, Via Instagram vithre__
Lokasi di sekitaran wisata, Via Instagram vithre__

Tuban terkenal sebagai Kota Wali lantaran banyak sekali destinasi wisata religi di dalamnya. Dan Bukit Rengel ini bisa jadi salah satu alternatif yang bisa kamu jelajahi jika ingin mencari destinasi wisata yang berbeda.

Tags
alam indonesia bukit rengel bukit rengel tuban Jawa Timur Tuban\
Share