Jembatan Akar Padang, Keunikan Alam ala Negeri Dongeng

Advertisement

Mungkin hampir semua pelancong mengenali kuliner tersohor dari kota ini, rendang daging. Namun, apakah Teman Traveler tahu bahwa ada surga tersembunyi yang berada di kawasan ini? Berada di sebelah selatan Kota Padang, terdapat Jembatan Akar yang menjadi tujuan wisata alam menakjubkan. Seperti apakah tempat ini? Yuk disimak ulasan berikut.

Perjalanan Jauh yang Tak Sia Sia

Perjalanan Jauh Terbayarkan dengan Keindahan Jembatan Akar via Shutterstock

Jembatan Akar berjarak sekitar 85 kilometer dari Kota Padang, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih memakan waktu 2 hingga 3 jam. Memang perjalanan yang tidak singkat, tetapi semua itu akan terbayarkan saat tiba di Sungai Batang Bayang, tempat Jembatan Akar berada. Apalagi Teman Traveler cukup merogoh kocek hanya 5 Ribu Rupiah saja untuk menjelajahi tempat yang menakjubkan ini.

Usia Akar Ratusan Tahun

Usia Akar Ratusan Tahun via Shutterstock

Jembatan Akar terbentuk dari akar batang beringin dan batang kubang, yang dipercaya sudah berusia lebih dari 100 tahun. Jembatan Akar menjadi destinasi wisata yang cukup populer baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Berkat banyaknya pengunjung, pengelola destinasi wisata ini memasang tali penyangga dari baja demi lebih terjaganya keselamatan wisatawan.

Jembatan Berselimut Mitos

Jembatan Berselimut Mitos via Shutterstock

Menurut laman mongabay.co.id, konon jembatan ini dibuat oleh seorang ulama yang ingin menyatukan dua kampung yang dipisahkan oleh Sungai Batang Bayang. Beliau menanam pohon di kedua sisi sungai. Membutuhkan waktu hingga puluhan tahun sampai jembatan ini bisa digunakan, mengingat proses tumbuh akar tidak sebentar.

Dari atas Jembatan Akar, Teman Traveler dapat melihat ikan – ikan yang tumbuh di dalam sungai. Namun tidak diperkenankan untuk menangkapnya, ikan – ikan tersebut hanya boleh dipanen pada saat – saat tertentu. Teman Traveler pun bisa merasakan kesegaran air Sungai Batang Bayang di bawah jembatan ini. Ada yang meyakini bahwa anak muda yang berenang di Sungai Batang Bayang akan segera mendapatkan jodoh.

Sensasi Hutan Jumanji

Batu Batu Besar di Sungai Batang Bayang via Instagram @erick_meyer

Kejernihan air Sungai Batang Bayang dengan banyaknya batu sungai besar di tengah – tengah sungai, menambah kemagisan dalam menjelajah destinasi wisata ini. Ketika Teman Traveler menyeberangi jembatan akar, akan merasakan sensasi seperti sedang berada di hutan negeri dongeng. Ditambah banyaknya pohon – pohon lebat yang tumbuh di kedua sisi sungai.

Benar – benar fenomenal ya jembatan akar ini. Apakah Teman Traveler ingin menjelajah ‘hutan jumanji’ di sini? Jadi kapan nih berlibur ke Padang?

Advertisement
Tags
Alam Indonesia Jembatan Akar Padang Sumatera Barat Tempat Wisata
Share