Jas Kopi Jakarta, Kafe Keren ala Film Kingsman

Teman Traveler pernah nonton ‘Kingsman’? Film aksi yang diadaptasi dari komik ini mengisahkan petualangan agen rahasia Inggris. Markas mereka disamarkan sebagai sebuah toko jas di salah satu sudut London. Nah, konsep serupa kini bisa kalian temukan di Jas Kopi Jakarta.

img_20190824_130728__2__g7Y.jpg
Jas Kopi (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Namun alih-alih markas super agent, toko dan penjahit di Jas Kopi berfungsi ganda sebagai tempat ngopi di Jakarta. Hmm, konsep yang cukup menarik, ya? Yuk Teman Traveler, simak ulasan selengkapnya soal kafe yang ada di Jalan Matraman ini.

Baru Setahun Berjalan 

img_20190824_130704__2__WGz.jpg
Kafe menyatu dengan penjahit jas Bizar Tailor (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Baru berdiri Juli 2018 lalu, terbentuknya Jas Kopi sebenarnya tidak direncanakan sama sekali. Pemiliknya hanya sekadar iseng membeli mesin untuk membuat kopi sendiri di rumah. Nah, dari sini barulah ia punya ide membuka coffee shop sendiri.

jas kopi
Area Bar (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Jas Kopi memanfaatkan ruang sisa di Bizar Tailor, toko jas dan penjahit yang diwarisi pemilik dari sang kakek. Tanpa butuh waktu lama, sudut kosong tersebut disulap menjadi kedai kopi. Atmosfer yang ditawarkan cukup simple tapi nyaman, membuat pengunjung bagai berada di rumah sendiri.

Dekat Halte Transjakarta

img_20190824_130604__3__jk3.jpg
Tampak depan kafe (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Teman Traveler yang tertarik nongkrong di Jas Kopi bisa langsung mampir ke Jalan Matraman Raya No 107c, Jakarta Timur. Lokasinya juga sangat strategis karena berada persis di pinggir jalan. Sekadar saran, kalian sebaiknya naik kendaraan umum karena area parkir di sini tidak seberapa luas.

jas kopi
Tiga manekin berjas (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Kafe ini berdiri di tengah-tengah Halte TransJakarta Tegalan dan Selamat Riyadi. Teman Traveler bisa turun di halte manapun. Selanjutnya tinggal jalan kaki kurang lebih lima menit, kalian akan temukan Bizar Tailor dengan tiga manekin menggunakan jas.

Gunakan Kopi Lokal

jas kopi
Kopi Susu Tanpa Rencana (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Ada dua signature menu yang jadi favorit di Jas Kopi, yakni Kopi Susu Tanpa Rencana dan Kahlua Coffee. Nama menu pertama terdengar unik karena terinspirasi dari kisah sang pemilik, mendirikan kafe ini tanpa rencana. Racikannya terdiri dari espresso, fresh milk, dan gula aren organik. Menurut saya paduan kopi dan susunya terasa pas sehingga tidak ada rasa yang dominan. 

Sementara itu, Kahlua Coffee diracik dari espresso, fresh milk, serta tambahan sirup kahlua. Dari segi rasa, jauh lebih manis dari menu sebelumnya. Oh ya, semua kopi di sini diracik menggunakan biji kopi lokal, khususnya dari daerah Jawa Barat. Tak heran jika aromanya terasa khas.

Buat Teman Traveler yang bukan pecinta kopi, bisa pilih minuman lain seperti choco caramel, lemon, lychee tea, mint mojito, safari green, taro latte, maupun thai tea. Sementara untuk minuman non-kopi, choco caramel jadi salah satu andalan.

Sebagai bagian dari komitmen mereka mengurangi konsumsi sampah plastik dan menjaga lingkungan, semua minuman di sini disajikan menggunakan sedotan besi. Jika punya, Teman Traveler juga boleh membawa sedotan sendiri, kok.

Sediakan Makanan Ringan

img_20190824_131709__2__BkZ.jpg
Dimsum jadi makanan ringan di sini (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Ngopi paling enak jika ditemani makanan ringan. Di Jas Kopi ada beberapa pilihan menu yang bisa dipesan, mulai dari dim sum, molen, hingga pastry. Saya sembat mencoba dim sum, menurut saya rasanya tidak terlalu istimewa. Sebenarnya lebih penasaran dengan molen ukuran jumbo yang jadi andalan mereka. Sayangnya kala itu stoknya sedang kosong.

Sejauh ini Jas Kopi belum sediakan makanan berat. Namun ke depannya tak menutup kemungkinan mereka bakal sediakan dapur khusus untuk membuat menu-menu yang lebih beragam.

jas kopi
Daftar menu (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Santai sore di Jas Kopi dijamin takkan bikin dompet tipis. Menunya dibanderol dengan harga bersahabat, mulai Rp10 ribuan hingga Rp25 ribuan. Oh ya, untuk jam operasional mereka buka mulai pukul 10.00 sampai 22.00.

Bagaimana Teman Traveler, penasaran ingin mampir ke Jas Kopi? Jika kalian sedang menjelajah kuliner Jakarta, jangan lupa sempatkan waktu untuk datang ke sini. Suasana dan racikan kopinya dijamin bakal memuaskan kalian.

Tags
Indonesia Jakarta kontributor kuliner kuliner jakarta Travelingyuk
Share