Rekomendasi Tempat Ngopi di Jakarta, Ada yang Jual Kopi Lada Hitam!

Tradisi minum kopi kini sudah jadi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini berdampak besar pada berkembang pesatnya pertumbuhan kedai kopi. Tak heran jika kini ada banyak tempat ngopi di Jakarta yang cukup direkomendasikan.

Teman Traveler sendiri sejauh ini sudah mengunjungi berapa kafe Jakarta? Dari sekian banyak, saya sempat mampir ke beberapa. Nah, kali ini saya akan coba merekomendasikan empat di antaranya. Yuk, simak satu-persatu.

1/15 Coffee

Barista di 1/15 Coffee (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Saat ini 1/15 (dibaca One Fifteenth) Coffee bisa ditemui di lima titik di Jakarta; Gandaria, Senopati, Menteng, Kemang dan Museum Macan. Beroperasi sejak 2012, kedai kopi satu bisa dibilang sebagai salah satu cikal bakal hadirnya coffee shop kekinian di Jakarta.

Awalnya 1/15 hanya punya cabang di Gandaria dan sering dijadikan tempat nongkrong para eksekutif muda juga ekspatriat. Namun kini, pasar mereka semakin luas dan mulai menyasar milenial dari kalangan pekerja, mahasiswa dan anak sekolah. 

Mungkin Teman Traveler bertanya-tanya mengapa mereka mengusung nama 1/15. Jangan bingung ya, sebutan itu diambil dari metode menyeduh kopi, dimana rasio perbandingan kopi terhadap air yang dianggap paling adalah satu banding lima belas. 

Latte-nya wajib dicoba (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Semua kedai 1/15 mengusung konsep seragam, cozy dan homey. Mereka berkomitmen hadirkan suasana nyaman, sehingga pengunjung bisa santai ngopi sambil berdiskusi hangat. Interiornya bisa dibilang minimalis dan instagramable, tak jarang menggoda pelanggan untuk mengabadikan momen. Nggak heran jika kedai keren selalu ramai pengunjung. 

Aneka ragam espresso, cappuccino, piccolo, latte bisa Teman Traveler pesan di sini. Menu makan siang dan malam pun tersedia. Ada salad, aneka pasta, hingga braised beef dengan harga mencapai Rp180.000. Menu-menu di sini memang lumayan mahal, tapi sepadan kok dengan rasanya yang super duper istimewa. 

Fedwell

Fedwell mulai beroperasi sejak 2017 (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Sebenarnya Fedwell dikenal sebagai kedai makanan sehat. Bisnis milik artis Laura Basuki dan chef Renatta Moeloek ini tawarkan konsep warteg healthy food, di mana pengunjung bisa pilih sendiri unsur karbohidrat, serat, dan protein yang akan mereka santap.

Ice Soy Latte-nya menyegarkan (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Selain makanan sehat, di sini Teman Traveler juga bisa pesan kopi lho. Tak perlu sungkan, banyak kok pengunjung Fedwell yang datang ke sini hanya untuk ngopi dan bersantai ria.

Teman Traveler wajib coba coconut coffee di sini. Paduan espresso dan air kelapanya benar-benar segar dan unik. Ada juga soy latte yang dimodifikasi dengan campuran kunyit, matcha, sampai charcoal

Fedwell sebelumnya hanya punya satu kedai di Jalan Senopati No. 82. Namun belum lama ini mereka putuskan buka cabang pertama di lobby Sudirman City Park. 

Onthree Coffee

Area depan lift sering jadi tempat foto (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Onthree Coffee adalah kedai kopi yang lokasinya bisa dibilang lumayan tersembunyi. Teman Traveler bisa saja kebingungan mencari alamatnya, karena harus diakses menggunakan lift khusus di Senopati Suites lantai tiga. Begitu keluar lift, kalian akan langsung disambut interior coffee shop yang sangat instagenic. 

Sofa dengan warna-warna cerah di area outdoor bakal bikin Teman Traveler gatal bernarsis ria. Area ini sebenarnya dihadirkan khusus untuk pengunjung merokok. Menariknya, udara di sini nggak terasa panas sama sekali. Kalian justru bakal merasa betah dan adem

Area indoor yang minimalis (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Masuk area indoor, Teman Traveler akan merasakan perubahan yang kontras. Interiornya sengaja dibikin minimalis, dengan dominasi corak putih. Kaca berukuran besar memberikan ilusi luas di ruangan ini. Terdapat satu meja panjang yang biasanya digunakan pengunjung untuk bekerja atau sekedar berselancar di Internet. 

Teman Traveler bisa pesan kopi manual brew atau varian unik seperti kurogoma coffee campur wijen hitam di sini. Selain itu ada lagi yang lebih nyeleneh, spicy pepercorn latte. Kopi satu ini hadir dengan campuran lada hitam. Unik ya?

Ardent Coffee

Konsep minimalis dengan tanaman hijau (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Kedai kopi di Puri Indah ini sekilas nampak biasa saja dari luar. Tapi begitu masuk, mata Teman Traveler bakal dimanjakan interior kedai kopi luas nan cantik dengan konsep minimalis. Beberapa tanaman hijau tampak menghiasi bagian dindingnya.

Coffee shop yang juga hadir di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini menghadirkan manual brew dengan jenis basic, curated dan gold standard. Buat Teman Traveler yang ingin alternatif lain, bisa pesan minuman espresso based, tea, milk tea, atau smoothies.

Latte hangat di Ardent (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Untuk makanan berat, Ardent Coffee menyajikan beragam masakan bertema Jepang, mulai dari menchi katsu, shichimi parmesan fries, kani mango salad, tonkatsu sandwich, dan masih banyak lagi. Bagaimana, membayangkannya saja sudah menggoda, kan?

Teman Traveler penasaran dengan empat rekomendasi tempat ngopi di Jakarta ini? Tunggu apa lagi, segera mampir dan ceritakan pengalaman kalian selama berkunjung. Selamat ngopi!

Tags
Coffee Shop Indonesia Jakarta kontributor kuliner jakarta Travelingyuk
Share