Tahukah Kamu Kenapa Jeruk Sering Dikemas Jaring Merah? Ini Alasannya

Jeruk merupakan salah satu buah yang menyegarkan. Terutama jeruk berwarna orange, belum dimakan saja sudah bikin orang berselera. Namun, tahukah kamu Teman Traveler, kenapa jeruk oranye dikemas menggunakan jaring merah, bukan hijau, kuning, ataupun lainnya? Penasaran juga kan? Mari kita ulas lebih mendalam.

Alasan Pemanfaatkan Jaring Merah

Jeruk dengan kemasan jaring merah, via Shutterstock
Jeruk dengan kemasan jaring merah, via Shutterstock

Ternyata bukan tanpa alasan orang-orang membungkus jeruk mandarin yang berwarna oranye menggunakan jaring merah lho, ada taktik marketing di sini. Alasannya begitu sederhana namun tak disadari banyak orang. Ternyata warna jaring ini akan menciptakan ilusi membuat jeruk nampak lebih ranum, dan bikin banyak orang ingin segera membelinya.

Dan ternyata trik ini berhasil juga untuk jenis jeruk lainnya. Misalnya saja jeruk keprok ataupun jeruk bali. Trik yang tidak terduga ya.

Menggunakan Jaring Kuning untuk Lemon

Lemon kemasan jaring kuning, via Shutterstock
Lemon kemasan jaring kuning, via Shutterstock

Tidak hanya jeruk mandarin, orang-orang juga melakukan trik kurang lebih sama dengan lemon yang biasanya dijual dalam tas atau wadah berwarna kunig ataupun hijau. Jika lemon berada di kantong warna kuning akan membuatnya nampak lebih kuning dan segar. Ini merupakan trik yang cukup jitu untuk membuat jeruk ataupun lemon jadi laris manis.

Tips Memilih Jeruk yang Benar

Ilustrasi memilih jeruk, via Shutterstock
Ilustrasi memilih jeruk, via Shutterstock

Supaya kamu tidak tertipu dengan ilusi yang diciptakan kemasan jeruk, kamu bisa memilih yang berada di luar kantong. Kemudian carilah jeruk yang memiliki warna merata dan berkulit tipis. Selain itu perkirakan juga bobot jeruk di tangan, kamu bisa merasakan cairan di dalam jeruk. Dan satu hal lagi, pilihlah jeruk yang meiliki warna cerah.

Trik Marketing Lainnya yang Mungkin Belum Diketahui

Trik marketing, via Shutterstock
Trik marketing, via Shutterstock

Tidak hanya itu saja, ternyata banyak juga trik lainnya yang dilakukan para penjual. Misalnya saja untuk membuat sayuran atau buah-buaha terlihat segar, para penjual menyemprotkan air. Dan ternyata air bisa menambah berat pada buah-buahan dan sayuran yang kamu beli, Maka dari itulah Teman Traveler, supaya tidak semakin mahal, ada baiknya untuk sedikit ‘mengeringkannya’ terlebih dahulu sebelum ditimbang.

Tidak hanya trik marketing saja yang perlu diketahui, fakta-fakta tentang pengait roti ataupun hal lainnya juga perlu. Bagaimana, cukup menarik dikulik bukan?

Tags
fakta unik fakta unik makanan jaring merah
Share