Jalur Trans Papua Hampir Jadi, Banyak Objek Wisata Memikat Menanti Dikunjungi

Advertisement

Angin segar kali ini giliran menerpa daratan Papua. Pasalnya, dalam waktu ke depan rute jalan darat terbaru yang diberi nama jalur Trans Papua sudah bisa digunakan untuk umum. Nantinya akan diikuti banyak sekali manfaaat terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Termasuk objek wisata yang selama ini tersembunyi, bisa dikunjungi dengan mudah. Salah satunya adalah Danau Habema yang luar biasa indahnya.

Kita semua tahu jika kesenjangan pembangunan menjadi masalah sejak dulu. Sebagai wilayah paling timur Indonesia, Papua menyimpan banyak sekali daya tarik terutama dalam hal pariwisata serta budaya. Tidak heran jika Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar dalam pengembangan fasilitasnya.

Presiden Jokowi Meninjau Pembanguna Fasilitas Jalan di Papua  [image source]
Terbukti dengan adanya proyek prestisius yang akan dinikmati oleh beberapa wilayah seperti Papua dan Papua Barat seperti yang dilansir dari Liputan 6 dan akun Facebook Kementerian Sekretariat Negara RI. Saat ditinjau oleh presiden bersama rombongannya beberapa waktu yang lalu, proses pembangunan masih terus berjalan, bahkan sudah bisa dilalui.

Jalur Trans Papua [image source]
Menyesuaikan dengan medan, Jokowi memilih mengendarai motor trail diikuti oleh banyak orang dari TNI AD hingga Kementerian PUPR. Ikut juga bersama beliau, Ibu Iriana yang tak kalah bahagia melihat keindahan selama perjalanan. Dalam beberapa kesempatan pasangan nomor satu di Indonesia itu nampak berpose di depan kamera. Ibu Iriana bahkan memayungi suaminya, romantis, kan?

Jalur Trans Papua [image source]
Jalur Trans Pupua yang panjangnya jutaan kilo meter tersebut membelah gunung dan menerjang lembah-lembah eksotis. Sejauh mata memandang memang ada kekayaan alam yang menakjubkan. Meski berkelok-kelok bahkan juga terjal, tidak jadi masalah.

Jalur Trans Papua [image source]
Apa yang dilakukan oleh Presiden Jokowi bisa juga kamu coba. Rasakan sensasi menaiki motor trail melewati jalur yang sulit, namun di sekitarnya ada pegunungan hijau. Kamu bisa memilih jalan yang melalui Segmen 5, menghubungkan Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu sepanjang 248,3 km. Sebagai bonus, kamu bisa melihat indahnya Danau Habema dari ketinggian, juga gardu pandang yang sempat dijadikan spot foto Jokowi berikut ini.

Jalur Trans Papua [image source]
Offroad dengan mobil juga pasti seru, mengingat akses jalannya sangat menantang. Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati karena melewati hutan dan pegunungan. Jika kamu berasal dari luar Papua, bisa ke sini dengan transportasi udara menuju Bandara Wamena. Kamu dapat memilih akomodasi di sekitar bandara sebagai tempat istirahat seperti Baliem Pilamo Hotel.

Keindahan Danau Habema [image source]
Ada banyak harapan mengikuti proyek yang rencananya akan rampung antara 2018 hingga 2019 tersebut, terutama bagi penduduk Papua. Akses jalan akan memudahkan banyak kegiatan ekonomi. Juga akan menjadi gerbang menuju tempat wisata Papua seperti Danau Habema. Semoga pembangunannya lancar. Mengenai offroad tadi, yakin tidak ingin mencoba?

Advertisement
Tags
Indonesia Jalur Trans Papua
Share