Kuliner di Jalur Cilegon, Serang, dan Karawang, Mudik Anti Lapar

Tradisi mudik di Indonesia memang menjadi fenomena tersendiri. Bagaimana tidak, keriuhannya bahkan sudah terlihat 3 bulan sebelum masa lebaran datang. Orang-orang berlomba-lomba untuk berburu tiket. Tidak kalah penting dari tiket ataupun moda transportasi yang dipilih adalah peta kuliner jalur mudik. Buat kamu yang mudik melalui jalur Cilegon, Serang, dan Karawang, ini peta kuliner yang bisa jadi rekomendasi.

Ayam Bekakak Haji Maksum, Cirebon

Ayam Bekakak, via Instagram/numpangsaveresep.id
Ayam Bekakak, via Instagram/numpangsaveresep.id

Kuliner yang pertama yang bisa Teman Traveler coba adalah Ayam Bekakak Haji Maksum di Cirebon. Ini merupakan salah satu tempat yang cukup kondang dan telah ada sejak tahun 1995, mewarisi resep keluarga. Ayam bekakak ini akan disajikan utuh, namun teksturnya tetap empuk dan enak. Alamatnya berada di Jl. Raya Kranggot, Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Cilegon, Banten.

Nasi Gonjleng, Cirebon

Ayam Gonjleng, via Instagram/seto_beri
Gonjleng, via Instagram/seto_beri

Nasi Gonjleng juga menjadi pilihan lainnya di Cirebon yang bisa dicicipi. Tempat yang cukup rekomended berada di Jl. RA Kartini No. 2, Jombang Wetan, Jombang, Kota Cilegon. Ini merupakan nasi yang memiliki bumbu mirip nasi kebuli.

Biasanya, kuliner Cirebon ini disajikan dengan emping dan juga acar. Lauk utamanya adalah daging sapi, kambing, ataupun juga kerbau. Jam bukanya mulai pukul 07:00 hingg 19:00 WIB, jangan sampai lupa.

Sate Bandeng RM Sampurna, Serang

Sate bandeng, via Instagram/explore_serang
Sate bandeng, via Instagram/explore_serang

Sedang melintasi Serang? Kamu bisa mencoba nikmat dan empuknya sate bandeng. Ini merupakan kuliner sesepuh yang telah disajikan Kesultanan Banten pada abad ke-16. Salah satu Lokasi yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Sate Banteng Rumah Makan Sampurna yang bisa ditemukan di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Cipare, Kecamatan Serang.

Pepes Jambal Walahar H Dirja, Karawang

Pepes Jambal, via Instagram/cenjkt
Pepes Jambal, via Instagram/cenjkt

Sedang mampir di Karawang? Kamu bisa berkunjung ke Pepes Jambal H. Dirja yang enaknya menggiurkan. Di tempat ini menyuguhkan pepes jambal yang menggoyang lidah. Ikan jambal yang diolah dengan kelapa parut dicampur dengan rempah lalu dikukus merupakan kombinasi yang mantap. Alamatnya berada di Jl. Bendungan Walahar, Walahar Kutapohaco, Ciampel, Kabupaten Karawang.

Itulah rekomendasi kuliner yang bisa Teman Traveler coba saat sedang berada di jalur mudik Cilegon, Serang, dan Karawang. Selalu ingat istirahat supaya mudik tetap selamat.

Tags
dan Karawang jalur Cilegon peta kuliner mudik Serang
Share